GUNUNG CIWARU Tiket dan berbagai wahana - WisataHits
wisatahits

GUNUNG CIWARU Tiket dan berbagai wahana

GUNUNG CIWARU Tiket dan berbagai wahana

Harga tiket masuk Gunung Ciwaru : Rp 15.000. Jam buka: 08:00 – 16:00. Nomor telepon: -. Alamat: Jl. Desa Payung, Pajajar, Rajagaluh, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia, 45472.

Gunung Ciwaru merupakan bukit hutan pinus di Kabupaten Majalengka. Lokasinya masih di dalam Kawasan Konservasi Taman Nasional Gunung Ciremai. Menawarkan atraksi yang hampir mirip dengan Tebing Keraton di Bandung. Wisatawan dapat menikmati panorama pegunungan, hutan, perbukitan, dan dataran dari ketinggian. Suasananya sejuk dan sejuk, cocok untuk bersantai di akhir pekan.

Harga tiket masuk Gunung Ciwaru

Pengunjung Gunung Ciwaru harus membayar tiket masuk. Harga tiketnya hanya 15.000 rupiah per orang. Ada juga tarif yang berbeda untuk pengunjung yang ingin berkemah di sini. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan jasa foto di setiap lokasi.

Biaya masuk
Biaya masuk Rp 15.000/orang

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Terbaik di Majalengka

Jam buka

Kawasan wisata Gunung Ciwaru dibuka untuk umum setiap hari. Buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Tak perlu khawatir kepanasan jika berkunjung di siang hari karena suasananya yang selalu teduh. Jika ingin mendapatkan pemandangan terbaik, hindari berkunjung saat musim hujan.

Jam operasional
Setiap hari 08.00 – 16.00 WIB

Obyek wisata Gunung Ciwaru

Menikmati pemandangan hutanMenikmati pemandangan perbukitan di sekitar Gunung Ciwaru dari pos pengamatan – Foto: Gmap/Aef Syaiful Anwar

Akhir pekan tidak harus dihabiskan dengan kegiatan rekreasi yang mahal atau di luar rumah. Dengan kegiatan sederhana seperti piknik dan lintas alam cukup dengan sendirinya untuk menyegarkan pikiran. Di Majalengka ada objek wisata yang cocok untuk dikunjungi kapan saja akhir pekan. Obyek wisata ini bernama Gunung Ciwaru dan terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Gunung Ciwaru adalah sebuah bukit di kawasan desa Payung, kecamatan Rajagaluh, kabupaten Majalengka. Puncak tertingginya mencapai sekitar 540 meter di atas permukaan laut. Gunung ini memiliki pesona alam yang bisa dinikmati dari ketinggian. Tentu saja tanpa perlu lintas alam berat atau melelahkan.

Daya tarik gunung ini kerap bersandingan dengan Tebing Keraton di Bandung karena memiliki kesamaan. Ada hamparan hutan pinus yang indah di puncak dan lerengnya. Pemandangan panorama Gunung Ciremai dari atas menjadi hal yang paling diperhatikan di sini.

pendakian singkat

Tangga menuju puncak Gunung CiwaruJalur Pendek Menuju Gunung Ciwaru – Foto: Gmap/Muhammad Najmi Nugraha

Lokasi Gunung Ciwaru bisa diakses melalui desa Payung, kecamatan Rajagaluh. Wisatawan harus melewati daerah pemukiman untuk mencapai loket. Kemudian ikuti saja petunjuk untuk sampai ke sana.

Setelah membeli tiket, ada jalur menanjak sekitar 300 meter. Jalur ini berupa tangga yang lebar dan nyaman. Kondisi jalan juga mulus dan dapat digunakan oleh anak-anak dan orang tua.

Tidak butuh waktu lama untuk mencapai puncak bukit melalui jalan setapak lintas alam ini.
Di sepanjang anak tangga ini, pengunjung bisa melihat panorama pegunungan dan perbukitan di kejauhan. Jejak ini membawa pengunjung ke kawasan hutan pinus yang sejuk. Suasananya teduh karena rindangnya pepohonan di sepanjang jalan setapak.

Di beberapa titik terdapat warung sederhana dan warung berdiri. Ada juga gazebo kecil untuk istirahat dan duduk-duduk. Gazebo-gazebo ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah menyejukkan mata. Cocok untuk dijadikan tempat piknik sambil mencari teman di tengah angin sepoi-sepoi.

Panorama Ciremai

Pemandangan Gunung CiremaiCarilah foto yang menampilkan pemandangan Gunung Ciremai yang sempurna untuk difoto – Foto: Gmap/pasir ramadhan

Sesampainya di atas, segarnya suasana hutan pinus belum hilang. Di antara deretan pohon, pemandangan hijau muncul. Kawasan puncak bukit ini juga memiliki beberapa sudut ruang terbuka. Di setiap sudut terdapat balkon kayu untuk menikmati panorama sekitar.

Jika melihat ke utara, terhampar Dataran Rendah Majalengka. Anda bisa melihat hamparan sawah terasering Nangklak yang membentuk lekukan melengkung. Di kejauhan berdiri bukit pertambangan bercat putih. Lalu di sebelahnya ada pegunungan hijau Kromong.

Beralih ke arah selatan, tersaji panorama alam yang menjadi keunggulan utama Gunung Ciwaru. Kemegahan Gunung Ciremai terlihat jelas dari puncak bukit ini. Di bawah ini adalah dataran tinggi Sadarehe yang indah.

Keindahan panorama alam dari puncak Ciwaru terlihat jelas di hari yang cerah. Saat cuaca mendung, hutan pinus di lereng bukit diselimuti kabut. Memancarkan pesona menawan dan misterius yang menyegarkan mata.

Taman Swafoto

Elegan di tempat fotoSpot foto dengan background lereng Gunung Ciwaru dan dataran rendah Majalengka – Foto: Gmap/Ratna Arumnasari

Tak hanya pesona alam yang disuguhkan, ada juga area spot foto. Ada lebih dari 5 spot foto yang dibuat dengan berbagai bentuk dan bentuk. Sudut fotografi ini hadir dalam bentuk balkon dan titik pandang dengan instalasi kreatif. Instalasi ini tentunya mendukung para penggiat fotografi dan pecinta selfie.

Selain itu, di spot Langit Langit, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang hamparan hutan yang dibingkai oleh instalasi mirip jendela. Tempat lain menghadap ke Pegunungan Kromong dengan bentuk melingkar yang unik. Ada juga tempat yang berbentuk seperti sarang burung dengan latar Gunung Ciremai.

Setiap lokasi foto bisa dicoba tanpa harus membayar biaya tambahan. Pengunjung bebas mengambil foto menggunakan kamera ponsel atau kamera profesional. Bagi yang menginginkan hasil foto terbaik, tersedia juga jasa foto dari pihak pengelola. Pengunjung bisa mendapatkan foto gaya profesional dengan biaya terjangkau.

Selamat berkemah

gubuk untuk beristirahatGunung Ciwaru bisa menjadi alternatif tempat piknik dan berkemah yang menyenangkan – Foto: Gmap/Syarif MD

Kawasan Gunung Ciwaru tak hanya seru sebagai tempat selfie. Tempat wisata ini juga dibuka sebagai arena kemping yang ceria bagi para wisatawan.

Kegiatan camping di sini tidak perlu repot membawa perlengkapan tenda sendiri. Tersedia persewaan tenda dan matras yang lengkap untuk menunjang kenyamanan Anda. Fasilitas pendukung seperti toilet bersih dan mushola tersedia. Jadi, tempat ini cukup memungkinkan sebagai pilihan untuk mengenalkan anak pada kegiatan berkemah.

Medan untuk berkemah di sini tidak terlalu luas. Ada beberapa tanjakan yang bisa memuat hingga tiga tenda. Pemandangan Gunung Ciremai tersaji langsung di depan tenda. Hutan pinus di sekitar tidak terlalu lebat sehingga jauh dari kesan menyeramkan.

Fasilitas Gunung Ciwaru

Fasilitas pendukung di Gunung Ciwaru sangat lengkap dan memadai. Ada tempat parkir, jalan setapak dan tangga, toilet, warung, mushola dan sejumlah gazebo. Sarana rekreasi yang tersedia adalah berbagai spot foto dan persewaan peralatan camping.

Lokasi Gunung Ciwaru

Lokasi Gunung Ciwaru bisa diakses dari Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Akses jalan agak sempit, sebaiknya datang dengan sepeda motor atau sepeda. Tidak ada angkutan umum yang melintasi tempat wisata ini.

Dari Majalengka Kota, ke arah timur menuju Desa Payung. Lanjutkan perjalanan melalui blok Cimerang hingga pertigaan sebelum Warung Nangklak. Belok kanan dan ikuti jalan menuju tempat parkir.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button