Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta menjadi surganya para pecinta sandboarding dan fotografi - WisataHits
Yogyakarta

Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta menjadi surganya para pecinta sandboarding dan fotografi

EINFALL24.COM – Yogyakarta tidak pernah kehabisan tempat wisata menarik, selalu ada destinasi baru untuk dikunjungi di kota istimewa ini, termasuk Gumuk Pasir.

Sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya apa sebenarnya Gumuk Pasir itu? Tempat ini merupakan gumuk pasir hasil proses sedimentasi yang sudah berlangsung cukup lama.

Pertama, material pasir yang lepas dari Gunung Merapi terbawa ke laut melalui Sungai Opak, kemudian sedimen tersebut akhirnya mengering di laut dan diterbangkan angin sehingga naik hingga 20 meter di atas permukaan laut di dekat pantai. .

Ternyata fenomena alam ini hanya terjadi di 4 tempat di dunia dan salah satunya adalah Indonesia dan PBB bahkan menobatkan bagian gumuk pasir sebagai salah satu World Heritage atau Situs Warisan Dunia.

Destinasi wisata yang langka dan unik ini tidak dapat ditemukan di tempat lain, seperti permainan sandboarding dan juga panorama eksotis yang mempesona, itulah sebabnya tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Daya tarik bukit pasir

1. Bermain sandboarding

Di sini wajib bermain sandboarding, karena snowboarding biasanya dimainkan di atas salju, apalagi di sini Anda bisa mencoba sensasi baru dari permainan ini karena dimainkan di atas pasir dengan cara menembak cepat papan khusus dari atas lereng curam gunung pasir.

Untuk keamanan dan perlindungan tidak perlu dipertanyakan lagi karena butiran pasir di tempat ini sangat lembut sehingga jika jatuh aman.

Selain itu, setiap pengunjung disediakan helm, bantalan siku dan perlengkapan keselamatan lainnya dari toko persewaan sehingga keamanan tetap terjaga dengan baik.

2. Berfoto di spot selfie

Panorama tempat ini hampir menyerupai gurun Sahara di Afrika, pegunungan pasir yang tertiup angin membentuk pola sabit atau barchan yang indah.

Agar pemandangan yang eksotis bisa dijadikan background foto, pengelola telah menyediakan beberapa spot foto yang Instagramable.

Salah satunya adalah spot ayunan di kawasan sekitar puncak gumuk pasir, pemandangannya yang unik dan unik membuat tempat ini menjadi spot populer bagi para wisatawan, tak jarang para artis ibu kota menjadikan tempat ini sebagai spot foto prewedding mereka.

3. Kunjungi museum

Dalam waktu sekitar 10 menit, wisatawan juga dapat mengunjungi Museum Gumuk Pasir. Di museum ini terdapat berbagai koleksi yang mengungkap sejarah dan fakta unik gurun ini, sisa-sisa bebatuan, tumbuhan dan koleksi lainnya yang dapat menjadi bahan edukasi yang baik. dibuka pada 01.01 September 2000 melalui kerjasama antara UGM dan BKSPN Yogyakarta.

Sore hari, wisatawan bisa menikmati romantisnya sunset di Pantai Yogyakarta, saat cahaya matahari sore menerpa butiran pasir dan membuatnya terlihat seperti kristal yang berkilauan.

5. Mengemudi petualangan jeep

Keseruan mengendarai jeep di hamparan pasir tidak hanya dirasakan di Bromo. Bukit pasir Yogyakarta juga menawarkan pengalaman dan keseruan yang sama.

Dari atas jeep, Anda diajak untuk menjelajahi lingkungan sekitar yang indah dan mempesona, adrenalin terasa naik turun saat mengikuti lintasan yang dilewati, pengalaman berpetualang di kawasan pantai ini bisa menjadi hal baru yang sangat berkesan.

6. Bersantai dan nikmati kulinernya

Berkeliling dengan puas sambil mengisi tenaga sambil menikmati makanan khas Yogyakarta selain Gudeg di standnya

tersedia, tidak terlalu mahal untuk harga yang ditawarkan dan masih sangat terjangkau.

Lokasi dan rute ke bukit pasir

Kawasan wisata ini terletak di Jl. Pantai Parangkusumo Rt. 1 Grogol 10, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai Parangtritis dan pantai-pantai lain di Bantul.

Jam buka bukit pasir

Jadwal buka dan tutup tempat ini cukup panjang. Anda bisa datang setiap hari antara pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Biaya masuk ke bukit pasir

Daerah Parangtritis Rp 10.000,00

Sewa Sandboard : Rp 70.000 – Rp 100.000.00

Parkir motor Rp 3.000,00

Parkir Rp 10.000.00

Parkir Bus/Wisatawan IDR 20,000.00

Biaya yang tercantum dalam tabel dapat berubah sewaktu-waktu. Namun demikian, Anda dapat menggunakan daftar ini sebagai referensi sebelum berkunjung.***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button