Gubernur Khofifah optimistis Pantai Sijile, Situbondo akan "dibanjiri" wisatawan - WisataHits
Jawa Timur

Gubernur Khofifah optimistis Pantai Sijile, Situbondo akan “dibanjiri” wisatawan

Gubernur Khofifah optimistis Pantai Sijile, Situbondo akan “dibanjiri” wisatawan

SITUBONDO (ANTARA) – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa optimis wisata Pantai Sijile di kawasan wisata Merak Baluran Situbondo akan banyak dikunjungi wisatawan karena pembangunan infrastruktur jalan pembatas Taman Nasional Baluran, sudah selesai.

“Tren pariwisata saat ini lebih dekat dengan alam. Pantai Sijile dulunya masih tergolong sulit diakses karena minimnya infrastruktur, sehingga begitu diresmikan, Anda harus siap dibanjiri wisatawan. Baik dari dalam maupun luar negeri,” kata Gubernur Khofifah usai mengunjungi kawasan wisata Pantai Sijile Merak Baluran Situbondo.

Dalam kunjungannya, Gubernur Khofifah juga meresmikan pembangunan akses jalan yang menghubungkan Dusun Sidomulyo dengan Dusun Labuhan Merak di Desa Sumberwaru. Jalan yang mampu menahan beban hingga 5 ton ini memiliki panjang 10 kilometer, lebar 3 meter, dan bahu satu meter.

Peresmian jalan ini merupakan tindak lanjut kesepakatan bersama antara Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Bupati Situbondo untuk Pelestarian Ciri Kawasan Taman Nasional Baluran. Yakni melalui Kemitraan Pemberdayaan dan Konservasi Masyarakat di Kawasan Khusus Labuhan Merak (dulu HGU PT Gunung Gumitir) pada 3 September 2020.

 
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Karna Suswandi à. Senin (1/9/2023) ANTARA/Novi Husdinariyanto

“Pantai Sijile sangat indah, terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan dan berbagai biota laut lainnya masih terjaga dengan baik. Ini atraksi yang sangat luar biasa,” kata gubernur.

Ia menjelaskan, tidak ada alasan untuk meragukan keindahan Pantai Sijile karena pantai ini masih alami alias perawan. Selain itu, di Situbondo terdapat tujuh pantai bersebelahan lainnya yang juga masih perawan, sehingga panorama yang ditawarkan sangat alami dan masih alami.

“Arus air laut di pantai ini tenang, hampir tidak ada ombak dan tidak terlalu dalam. Sangat cocok untuk berenang dan wisata air lainnya. Jadi masyarakat dari Jawa Timur yang berkunjung ke Situbondo harus mampir dan menikmati keindahan Pantai Sijile,” kata mantan Menteri Sosial itu.

Terkait dukungan infrastruktur, Khofifah mengatakan, Pemkab Situbondo dan Pemprov Jatim akan terus berupaya meningkatkan aksesibilitas infrastruktur pariwisata di Situbondo.

Menurut Khofifah, Situbondo memiliki banyak pantai sehingga membutuhkan dukungan infrastruktur untuk pengembangan sektor pariwisata.

“Pembangunan infrastruktur dilakukan secara bertahap, dan diharapkan dengan terus berkembangnya sektor pariwisata, maka kesejahteraan masyarakat sekitar juga akan meningkat,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button