Gubernur Jawa Timur meminta Pemkab Ngawi untuk mengoptimalkan potensi Benteng Pendem - WisataHits
Jawa Tengah

Gubernur Jawa Timur meminta Pemkab Ngawi untuk mengoptimalkan potensi Benteng Pendem

REPUBLIKA.CO.ID, NGAWI – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta Pemerintah Kabupaten Ngawi untuk mengoptimalkan potensi Benteng Van Den Bosch atau Benteng Pendem di Desa Pelem Kecamatan Ngawi menjadi objek wisata budaya.

Bangunan yang terdaftar, yang saat ini sedang direnovasi, akan memiliki nilai sejarah dan potensi wisata yang besar ketika selesai dibangun. Salah satunya dengan menambah fasilitas wisata air untuk menambah daya tarik objek tersebut.

“Di belakang Benteng Pendem Sungai Bengawan Madiun menyatu dengan Bengawan Solo yang bahkan sudah menjadi pelabuhan yang jika dikembangkan bisa menambah nuansa wisata edukasi agar Benteng Pendem menjadi kuat,” kata Gubernur Khofifah saat meninjau progres renovasi Benteng Pendem. Pendem di Ngawi, Kamis (4/4/2020 08/2022).

Menurut dia, usulan tersebut akan dibahas langsung dengan tim ahli dari Belanda yang saat ini sedang mempersiapkan wisata air di Sungai Wlingi. “Saat ini tim dari Belanda sedang mendukung Wisata Air Sungai Wlingi di Pasuruan. Kemudian ditambahkan di belakang anak sungai Grhadi sungai Kalimas dan disetujui untuk diperindah juga. Jadi insyaallah saya menyarankan untuk menambahkan wisata air di belakang benteng ini, semoga tim Belanda tidak keberatan, karena ini adalah bagian dari warisan yang memiliki nilai sejarah dalam kaitannya dengan Belanda, “kata Khofifah.

Ia menilai, dengan mendukung wisata air di Van Den Bosch, benteng ini akan semakin indah dan potensial sebagai objek wisata. Selain itu, konektivitas destinasi wisata dengan destinasi wisata lainnya semakin terintegrasi, terutama dengan adanya Museum Trinil.

“Dengan demikian, masyarakat akan menikmati Kabupaten Ngawi dengan keunggulan komparatif dan kompetitif dari sisi lain,” tambahnya.

Sumber: Antara

Source: republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button