Gua Pawon Layak Jadi Ikon Wisata, Kadisparbud KBB Ungkap Alasannya - WisataHits
Jawa Barat

Gua Pawon Layak Jadi Ikon Wisata, Kadisparbud KBB Ungkap Alasannya

Gua Pawon sebagai salah satu destinasi wisata prasejarah memiliki potensi besar untuk menjadi ikon wisata bagi Kabupaten Bandung Barat (KBB).

INI ADALAH KORAN, Ngamprah – Goa Pawon sebagai salah satu destinasi wisata prasejarah memiliki potensi besar untuk menjadi ikon wisata bagi Kabupaten Bandung Barat (KBB). Terletak di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, KBB, Goa Pawon memiliki lokasi yang strategis karena dekat dengan jalan nasional yang menghubungkan Bandung-Cianjur. Kepala Biro Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB Heri Partomo mengatakan, alasan lain mengapa Gua Pawon layak menjadi ikon wisata KBB adalah karena status tanahnya jelas milik Pemda KBB, sehingga pembangunannya lebih mudah.

“Tanah ini hibah dari masyarakat seluas 275 meter persegi,” katanya kepada wartawan.

Selain itu, lanjutnya, faktor pendukung lainnya yakni Gua Pawon masuk dalam kawasan Geopark Rajamandala, yang meliputi kecamatan Padalarang, Cipatat, Saguling dan Cipongkor.

“Dengan berbagai nilai plus tersebut, wajar jika Gua Pawon dijadikan ikon wisata KBB,” ujarnya. Ia merasa Goa Pawon sebagai ikon wisata juga perlu ditambah atau dilengkapi sarana dan prasarana.

Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya berencana melakukan pengembangan dalam bentuk sebagai berikut:

Pembangunan gedung museum, gedung seni, dll.

“Anggarannya akan kami serahkan ke Pemprov Jabar dengan nilai sekitar Rp 30 miliar. Mudah-mudahan tahun 2023 bisa terealisasi,” ujarnya.

Ia mengatakan, kesepakatan yang dilaksanakan pada 2022 itu berupa pembangunan posko tiket.

“Harga tiket masuknya hanya Rp 5.000 per orang,” ujarnya.

Namun, dia juga tidak menampik adanya aktivitas penambangan di sekitar Goa Pawon yang kerap dikeluhkan wisatawan karena debu yang dihasilkan saat penggalian batu kapur.

“Harapan kami adalah untuk melindungi tempat bersejarah ini untuk saling menjaga. Dimana kegiatan penambangan tidak meluas, apalagi semakin mendekati Gua Pawon,” ujarnya.*** (Agus satia Negara).

Source: www.inilahkoran.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button