Gua Pawon didesain agar nyaman bagi wisatawan - WisataHits
Jawa Barat

Gua Pawon didesain agar nyaman bagi wisatawan

SuaraBandungBarat.id– Situs Gua Pawon di Desa Gunungmasigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat dijadikan objek wisata oleh Disparbud KBB.

Kepala Disparbud KBB Heri Partomo mengatakan lokasi situs berada di kawasan yang strategis dan mudah dijangkau wisatawan.

“Selain itu status tanahnya sudah jelas, milik Pemkab Bandung Barat, sehingga mudah untuk dikembangkan. Lahan ini merupakan hibah masyarakat seluas 275 meter persegi,” ujarnya.

Selain akses strategis, kata dia, Gua Pawon merupakan bagian dari Geopark Rajamandala yang mencakup empat kecamatan di Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga: Catherine Wilson Sebut Kehadiran Suami Idham Mase Adalah Jawaban Doanya

Ini termasuk kabupaten Padalarang, Cipatat, Saguling dan Cipongkor. Dengan berbagai nilai plus tersebut, wajar jika Gua Pawon dijadikan ikon wisata KBB,” ujarnya.

Rencananya, akan dibangun sarana dan prasarana berupa museum, kesenian, dan fasilitas lainnya.

“Anggarannya akan kami serahkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov) dengan nilai sekitar Rp 30 miliar. Ya mudah-mudahan tahun 2023 bisa terealisasi,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga Padalarang, Nurrahmi, 26, mengaku mendukung keberadaan Gua Pawon dikelola dengan baik. Ini demi kenyamanan pengunjung.

“Tempat ini juga cocok untuk wisata belajar anak sekolah. Selain sebagai sarana rekreasi, juga sebagai sarana pembelajaran,” ujarnya.

Baca Juga: Rizky Billar Lempar Wajah Tersenyum Saat Bebas, Bungkam Seribu Bahasa Saat Ditanya ‘Di Mana Urusannya’

Source: bandungbarat.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button