Gua Bidadari, gua unik dengan kolam alami tersembunyi di Buton Tengah - WisataHits
wisatahits

Gua Bidadari, gua unik dengan kolam alami tersembunyi di Buton Tengah

Gua Bidadari, gua unik dengan kolam alami tersembunyi di Buton Tengah

Wisata Goa Bidadari di Buton Tengah merupakan permata tersembunyi yang akan memikat siapa saja dengan keindahan kolam goa yang jernih.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kolowa, Kec. Gu, Kab. Buton Tengah, Sulawesi Tenggara; Kasus: Verifikasi lokasi

Buton masih menjadi wilayah di Indonesia dengan kekayaan alam yang melimpah, termasuk tempat wisatanya. Gua Malaikat adalah salah satunya. Bahkan, tempat ini dijuluki surga dunia yang tersembunyi.

Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara mengunjungi goa tersebut. Karena keindahannya, goa ini dijuluki “si bidadari”. Siapa pun yang datang ke sana pasti tidak ingin terburu-buru pulang. Pasalnya hampir seluruh area tempat ini sangat memukau dan memanjakan mata.

Karena itulah, gua ini juga menjadi tempat yang ideal untuk bersantai. Nah, sebelum mengunjungi goa terkenal ini, ada beberapa hal penting yang harus diketahui wisatawan. Ini bisa menjadi referensi terbaik untuk mempersiapkan diri sebelum datang ke lokasi.

Objek wisata gua Bidadari

Atraksi Gua MalaikatKredit gambar: Google Maps

Buton Tengah merupakan daerah di Sulawesi Tenggara dengan berbagai wisata alam yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan, kawasan tersebut disebut kawasan 1000 gua karena terdapat banyak sekali gua di sana.

Juga Gua Bidadari yang terkenal di seluruh Indonesia dan dunia. Ada beberapa daya tarik yang dimiliki gua ini sehingga bisa sangat terkenal. Daya tarik inilah yang membedakan goa ini dengan goa lainnya. Kelebihan-kelebihan inilah yang akhirnya membuat goa ini sangat populer di kalangan wisatawan. Apakah mereka?

✦ Bersihkan kolam

Gua cantik ini memiliki kolam yang jernih. Kolam itu berada di area gua. Airnya yang sangat jernih inilah yang menjadi daya tarik utama goa ini.

Di akhir pekan, banyak pengunjung yang pergi ke sana untuk melihat kolam renang. Sebagian besar dari mereka juga menyempatkan diri untuk mandi atau berendam di dalamnya. Apakah Anda juga tertarik untuk melakukan ini?

✦ Batu Kalsit

Setiap goa pasti memiliki dinding bebatuan alami, termasuk Goa Bidadari Buton. Namun, bebatuan di sekitar gua cukup berbeda dengan jenis bebatuan di gua lainnya.

Kalsit adalah sejenis batuan yang membentuk dinding gua. Hal tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang pergi ke sana. Pasalnya, batuan kalsit bisa memberikan panorama yang indah. Jadi saat berada di dalam goa, Anda serasa berada di dalam bangunan yang kokoh dan menenangkan.

Keindahan bebatuan inilah yang membuat goa ini begitu terkenal. Apalagi jika dipadukan dengan kolam yang jernih dan sinar matahari dari bukaan goa, tentunya keindahannya tidak bisa dipungkiri oleh siapapun yang melihatnya.

✦ Cerita rakyat legendaris

Goa Bidadari yang eksotis ini juga memiliki cerita rakyat yang diturunkan dari generasi ke generasi. Masyarakat setempat percaya bahwa kawasan goa ini dulunya merupakan kolam pemandian 7 bidadari yang turun ke bumi. Mereka akan mandi di kolam gua setiap sore.

Ada juga kepercayaan jika seseorang mandi di kolam goa, maka orang tersebut akan segera mendapatkan pasangan. Tentunya para wisatawan yang datang ke sana juga mencoba peruntungan, terutama bagi mereka yang masih sendiri.

Tidak hanya itu, ada juga yang mengatakan bahwa orang sakit bisa sembuh jika meminum air dari gua bidadari. Banyak wisatawan dari Buton maupun luar Buton mencoba membuktikan mitos ini.

✦ Lubang gua

Gua tersebut memiliki lubang yang bisa menjadi celah untuk masuknya sinar matahari. Di pagi hari, sinar matahari yang berpadu dengan sejuknya suasana kolam akan memanjakan para pengunjung yang datang ke sini.

Nah, pada siang hari, sinar matahari tidak akan membuat kulit Anda panas. Pasalnya, suasana di dalam goa yang lembab akan lebih nyaman dengan adanya sinar matahari yang masuk dari lubang goa.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Gua MalaikatKredit gambar: Google Maps

Gua Bidadari terletak di Kolowan, tepatnya di Desa Wadiabero, Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Alamatnya mudah ditemukan di Google Maps, sehingga pengunjung dapat menemukannya dengan mudah. Dengan demikian, jalur menuju ke sana juga bisa diakses dengan sarana transportasi apapun.

Namun mendekati lokasi, medannya cukup terjal karena merupakan tempat wisata baru, sehingga masih perlu beberapa perbaikan jalan. Oleh karena itu, pengunjung harus berhati-hati saat melintasi jalan menuju kawasan gua.

Ini adalah ide yang baik untuk menggunakan layanan Pemandu wisata untuk menemukan cara mudah untuk menyeberang jalan yang curam. Jika perlu, pengunjung dapat membawa peralatan keselamatan pribadi. Ingatlah untuk memakai sandal yang nyaman dan tidak licin.

Memang daerah disana cukup lembab, sehingga jalan menuju goa juga terkadang licin. Apalagi saat musim hujan, wisatawan harus ekstra hati-hati saat melintasi jalan tersebut.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas menarik di Gua BidadariKredit gambar: Google Maps

Goa Bidadari memang tak boleh dilewatkan saat berlibur di Buton Tengah. Tempat ini akan memberi Anda getaran baru selama liburan Anda. Siapapun bisa datang ke sini dan menikmati keindahan goa eksotis ini.

Nah, jika ingin datang ke gua tersebut, sebaiknya cari tahu berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan selama ini. Tentunya hal ini akan membuat wisatawan mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan saat berada di sana.

1. Berenang dan berendam

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di dalam Gua Bidadari Buton terdapat kolam bening yang bisa digunakan untuk mandi atau berenang. Dengan demikian, pengunjung dapat menikmati kesegaran air kolam sambil mengagumi pemandangan sekitar.

Jika tidak ingin berenang, pengunjung juga bisa bermain air. Di sekitar kolam juga terdapat beberapa sumber air, sehingga pengunjung dapat meminum airnya dan merasakan kesejukannya. Air di dalam goa dipercaya menyehatkan tubuh.

2. Jelajahi gua

Jika ingin menjelajahi gua, wisatawan juga bisa melakukannya. Selain itu, di sekitar gua terdapat dinding batu kalsit alami. Bebatuan membuat gua itu sangat indah.

Sambil menjelajahi Gua Bidadari, pengunjung dapat melihat keindahan setiap sudut gua. Selain itu, berfoto di setiap bagian gua juga akan menyenangkan. Pada pagi atau sore hari juga terdapat sinar matahari yang berasal dari celah-celah bebatuan. Ini akan membuat panorama lebih indah.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak masuk terlalu jauh ke dalam gua. Ini karena semakin dalam Anda pergi, semakin sedikit oksigen yang ada. Oleh karena itu, cari saja area yang masih bisa dijangkau sinar matahari. Pastikan juga Anda selalu berjalan dengan sekelompok orang agar tidak tersesat.

Fasilitas yang tersedia

Memasang Gua MalaikatKredit Gambar: Google Maps Qui Naski

Goa terindah di Buton ini memiliki fasilitas seperti kolam pemandian alam dan area kering. Sementara, tempat parkir belum tersedia karena akses ke sana belum disediakan jalan khusus. Namun, lokasinya tidak jauh dari jalan raya.

Mengunjungi Gua Bidadari bisa menjadi alternatif baru bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana berenang di kolam dalam gua. Tempatnya belum ramai pengunjung, jadi Anda bisa lebih puas menikmati keindahan goa.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button