GRAND MAERAKACA Tiket dan wahana - WisataHits
wisatahits

GRAND MAERAKACA Tiket dan wahana

Harga Tiket Masuk Grand Maerokoco: Rp 20.000 Jam Buka: 07:00 – 18:00No. Telepon: 024-7617433/+62 813 2900 0157 Alamat: Jl.Puri Anjasmoro, Tawangsari, Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50114

Orang-orang di Jawa Tengah mungkin sudah tahu nama-nama tersebut “Kastil Maerococo”. Taman wisata ini merupakan Taman Mini versi Jawa Tengah yang menampilkan replika dan miniatur bangunan khas dari berbagai penjuru Jawa Tengah. Saat ini Puri Maerakaca telah berganti nama menjadi Maerachaka Agung. Dengan wahana yang lebih variatif, taman hiburan ini menjadi salah satu destinasi wisata di Semarang yang cocok untuk rekreasi keluarga.

Tiket masuk

Untuk menikmati berbagai fasilitas dan miniatur bangunan Grand Maerakaca, pengunjung harus membayar Rp20.000.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 20.000

Baca: Tiket Masuk PRPP Semarang dan Aneka Anjungan Unik

Informasi yang membutuhkan perhatian pengunjung:

  1. Anak usia 3 tahun berlaku harga tiket masuk normal.
  2. Unduh aplikasi Care Protect.
  3. Tunjukkan surat atau sertifikat vaksinasi di konter.
  4. Anak-anak di bawah 12 tahun dapat berkunjung asalkan pendamping/orang tua mereka telah divaksinasi.

Jam operasional

Taman wisata ini terbuka untuk umum dari pagi hingga sore hari. Tempat ini bekerja sampai malam ketika ada acara-acara tertentu.

Jam buka
Senin minggu 07.00 – 18.00 WIB

Ragam aktivitas di Grand Maerakaca

Maerachaka AgungGrand Maerakaca atau Puri Maerakaca adalah taman mini versi Jawa Tengah – Foto: Google Maps/Tata Panda

Grand Maerakaca adalah taman mini Jawa Tengah yang terletak di bagian barat laut kota Semarang, Jawa Tengah. Taman yang dikelola oleh Yayasan Pusat Promosi Rekreasi dan Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah ini sebelumnya dikenal dengan nama Puri Maerakaca atau Puri Maerokoco dalam dialek setempat.

Dengan judul “taman mini jawa tengah”, Grand Maerakaca menampilkan lebih dari 30 rumah tradisional dari berbagai lingkungan dan kota di Jawa Tengah. Selain itu, terdapat replika dan miniatur bangunan Tengara masing-masing daerah. Tidak hanya miniatur bangunan, Grand Maerakaca juga menawarkan wahana menarik lainnya yang cocok untuk berbagai usia.

Baca: Tiket Masuk SALOKA PARK Semarang dan 7 Wahana Seru

Mini Tour Jawa Tengah

Paviliun BloraPendopo Blora dengan rumah adat dan patung penjual sate – Foto: Google Maps/Agung Ferrianto

Tidak memakan banyak waktu dan uang jika Anda ingin berkeliling Jawa Tengah. Grand Maerakaca menawarkan pengunjung kesempatan untuk “mengunjungi” setiap kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

Setiap daerah memiliki paviliun sendiri, dengan rumah tradisional dan replika bangunan bersejarah. Pendopo ini juga memiliki patung-patung yang mewakili budaya dan adat istiadat masing-masing daerah.

Tengok saja pendopo Kabupaten Cilacap yang dipenuhi rumah adat dan replika objek wisata Benteng Pendem. Pengunjung juga akan menemukan replika menara Masjid Kudus yang bersejarah di Anjungan Kudus. Sedangkan Anjungan Jepara memiliki mebel dan ukiran khas Jepara yang indah.

Baca: 7 Taman Hiburan Paling Seru di Semarang

Setiap bangunan rumah menunjukkan kekhasan tersendiri. Hal ini terlihat dari ornamen, bentuk atap, ukiran dan furnitur. Pengunjung juga akan belajar tentang nilai budaya dan ciri khas masing-masing daerah.

Misalnya paviliun Rembang yang dilengkapi dengan perahu untuk menggambarkan Rembang sebagai kota nelayan. Atau, Sragen yang terkenal dengan penemuan fosilnya di Sangiran sehingga paviliunnya penuh dengan patung gajah purba.

Replika fungsional

pendopo kabupaten Demak di Grand MaerakacaAnjungan dan berbagai kabupaten di Jawa Tengah dapat dilihat di taman rekreasi ini. Foto: Google Maps/RideR SFU

Selain rumah adat, Grand Maerakaca juga menampilkan berbagai miniatur bangunan bersejarah di Jawa Tengah. Pengunjung dapat menemukan miniatur dari Candi Sewu hingga Candi Borobudur di sini. Ada juga miniatur Tugu Muda yang sedang dibangun Tengara Kota Semarang.

Uniknya, terdapat beberapa bangunan dan miniatur yang juga berfungsi sebagai fasilitas umum. Lihatlah toilet yang menjadi bagian dari rumah adat Anjungan Kudus. Begitu juga dengan replika Masjid Demak yang difungsikan sebagai mushola umum. Dengan begitu, pengunjung tidak hanya melihat eksteriornya saja, tetapi juga interiornya.

Kegiatan pendidikan dan mengumpulkan

Area bermain anak-anakAda wahana ramah anak dan permainan edukatif di Grand Maerakaca – Foto: Google Maps/Andika Fitriana

Grand Maerakaca juga menawarkan berbagai wahana dan aktivitas edukasi. Obyek wisata ini bisa dijadikan sebagai tempat kunjungan atau kegiatan sekolah keluar. Wahana dan kegiatan edukasi ini antara lain adalah Pusat Sains Jawa Tengah, Arena keluar, dan kegiatan berkebun dan memancing. Disini juga memiliki tempat bermain untuk anak-anak.

Baca: Tiket Masuk AYANAZ GEDONGSONGO Semarang dan Selfie Spot

Bagi yang ingin mencari lokasi mengumpulkan untuk pertemuan, Grand Maerakaca juga menawarkan paket khusus. Peserta dapat memilih lokasi dari puluhan platform yang tersedia. Kemasan mengumpulkan tentunya memberikan pengalaman yang intim di lokasi yang unik dan tidak biasa.

Bersantai sambil Selfie

Jalur pendakian mangroveKeberadaan Mangrove Trekking menjadi salah satu daya tarik Grand Maerakaca – Foto: Google Maps/Dewi Lestari

Setiap sudut taman wisata ini menjadi tempat yang menarik untuk berfoto. Saat Anda berjalan-jalan, luangkan waktu untuk mengambil foto di setiap paviliun. Rumah adat dan replika bangunan menjadi pilihan favorit pengunjung untuk mengabadikan momen kunjungannya ke sini. Selain itu, masih ada spot foto lain yang bisa dieksplor di sini seperti wahana Spectamata Photo 3D.

Fasilitas Mangrove Trekking juga tidak boleh dilewatkan. Pengunjung akan menyusuri hutan mangrove dengan jalur yang telah ditentukan. Jalur ini berada di atas danau yang mengelilingi kawasan Grand Maerakaca. Trek ini juga menjadi salah satu tempat favorit untuk mengambil foto karena pemandangannya yang indah.

Baca: Tiket Masuk Kampoeng Kopi Banaran dan Beragam Kegiatannya

Di seberang danau terdapat kafe dan warung makan. Kafe unik yang terletak di sepanjang jembatan di atas danau ini juga cocok untuk bersantai sambil menunggu sunset. Pengunjung juga bisa menahan lapar dengan mencicipi kuliner di warung terapung yang menawarkan panorama danau dan hutan bakau.

Main wahana air

wahana bebek di Grand MaerakacaBebek air atau sepeda air bisa digunakan untuk berkeliling danau di taman wisata ini. Foto: Google Maps/ana masriah

Area Grand Maerakaca menyenangkan untuk dikendarai. Namun, ada juga kendaraan transportasi yang bisa dipilih pengunjung. Melalui wahana air seperti perahu dan sepeda air, pengunjung bisa berkeliling danau yang merupakan miniatur Laut Jawa ini. Sedangkan kereta mini menjadi pilihan tepat untuk berkeliling dengan memanfaatkan setiap platform yang ada.

Fasilitas Grand Maerakaca

Taman hiburan ini merupakan tempat wisata keluarga dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Ada fasilitas umum standar seperti masjid, toilet, tong sampah, area khusus merokok, serta kafe dan warung makan. Obyek wisata ini juga dilengkapi dengan posko informasi dan posko keamanan.

Lokasi Maerakaca Agung

Taman hiburan ini terletak di Jalan Puri Anjasmoro, Tawangsari, Semarang Barat, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 5 km dari Tugu Muda Semarang. Pengunjung dapat mengakses objek wisata ini menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum, salah satunya bus Trans Semarang menuju PRPP.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi halaman resmi PRPP Grand Maerakaca di . Halaman ini menyediakan kontak yang dapat dihubungi serta informasi kejadian terkini di Grand Maerakaca.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button