Grand Final Mas dan Mbak Duwis 2022 Kota Pekalongan - WisataHits
Jawa Tengah

Grand Final Mas dan Mbak Duwis 2022 Kota Pekalongan

Liputan4.com 18/09/2022
Kota Pekalongan –
Gemerlap lampu memeriahkan acara Grand Final Mas dan Mbak Duta Wisata (Duwis) 2022 yang diselenggarakan Pemkot Pekalongan sebagai bagian dari Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Olahraga (Dinparbudpora) setempat yang digelar Sabtu malam di Gedung Olah Raga (GOR) Jetayu setempat (17/5/2011) ) 09.2022). Acara pemilihan pemuda, yang dirancang untuk mempromosikan pariwisata di daerah tersebut, telah menarik perhatian banyak anak muda dan orang tua untuk menyaksikan. Mereka tidak hanya menonton, tetapi juga menjadi atlet Grand Final Mas dan Mbak Duta Wisata sambil duduk santai di tribun Jetayu Sports Center.

Walikota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid yang hadir dalam acara tersebut mengungkapkan dalam sambutannya bahwa pemilihan Duta Wisata sendiri merupakan salah satu acara tahunan yang bergengsi dan ditunggu-tunggu oleh generasi muda khususnya pemilihan dan pemberian Duta Wisata, dihadiri oleh banyak anak muda yang penuh perhatian dan berkemauan di bidang pariwisata. Sedangkan kompetisi ini bertujuan untuk membangkitkan minat para pemuda kota Pekalongan khususnya untuk menjaga daerahnya, merawat potensi wisata yang ada di daerahnya. Selain itu, kompetisi ini dapat mengasah intelektualitas dan menjadi media promosi pariwisata.

“Pekalongan yang berada di Jalur Daendels dapat berkembang menjadi daya tarik sebagai kota wisata dari waktu ke waktu, mengingat Kota Pekalongan di pesisir utara merupakan kota yang penuh dengan produk budaya, antara lain batik, wisata religi, kuliner, dan Potensi wisata pantai. pariwisata,” kata Aaf, panggilan akrabnya.

Menurutnya, pariwisata Kota Pekalongan harus ditingkatkan dengan mengutamakan Sapta Pesona yaitu, Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah dan Kenangan sehingga dapat bersaing dengan potensi wisata daerah lainnya. Ia melanjutkan, duta pariwisata bukan sekedar gengsi yang sekedar nama, diharapkan melalui kegiatan ini dapat muncul generasi muda yang terampil, berprestasi dan potensial untuk menjadi ikon kota Pekalongan sehingga mengenal pariwisata.

“Pariwisata tidak hanya menjadi objek yang menarik wisatawan lokal atau jarak jauh untuk berkunjung, tetapi juga untuk memberdayakan masyarakat sekitar tempat wisata agar sadar dan berpartisipasi aktif dalam pariwisata. Jika ini berjalan berbarengan, objek wisata tidak hanya akan ramai pengunjung, tetapi juga dapat mendukung perekonomian dan meningkatkan taraf hidup masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinparbudpora Kota Pekalongan Sutarno menjelaskan, aksi Pilkada Mas dan Mbak Duwis dirancang untuk menggali potensi anak muda Kota Pekalongan yang potensinya akan luar biasa jika digali lebih jauh. Mereka dapat menjadi salah satu aset daerah yang dapat mendorong pembangunan di Kota Pekalongan.

“Setiap tahun kita mengadakan pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata kecuali pada tahun 2020 saat PPKM darurat tidak dilakukan karena pandemi Covid masih tinggi,” tambah Sutarno.

Sutarno mengatakan, rating pada ajang ini sangat bervariasi, mulai dari talent show, bersosialisasi dengan teman, kemampuan akademik, kemahiran berbahasa Jawa dan Inggris, inner beauty dan lain sebagainya. Pada acara Grandfinal Mas dan Bu Duwis dipilih 10 pasang finalis yang kemudian disaring kembali menjadi 6 besar (6 terbaik) dan 3 besar (3 terbaik). Tidak hanya itu, mereka juga terpilih sebagai Juara Mas dan Ibu Duta Kepribadian, Juara Mas dan Ibu Duta Berbakat, Mas dan Ibu Duta Terfavorit.

“Finalis Mas dan Mbak Duwis akan didukung dalam event dan program pembangunan di Kota Pekalongan. Sedangkan acara serupa di tingkat Provinsi Jawa Tengah belum juga dihapuskan pada tahun 2022, jadi tahun ini baru diadakan di tingkat Kabupaten/Kota, semoga perwakilan Mas dan Ibu Duta Pariwisata Kota Pekalongan di tahun 2023. akan mencakup acara serupa di tingkat provinsi Jawa. tengah,” katanya

Berita berjudul: Grandfinal Mas dan Mbak Duwis Tahun 2022 Kota Pekalongan pertama kali dimuat di: Berita Terbaru, Berita Indonesia Terbaru – Liputan4.com. oleh Reporter: Karnadi

Source: infakta.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button