Grand Agenda 2 Seri HUT Kota Batu: Total Harga 95 Juta Diharapkan - Lentera Hari Ini - WisataHits
Jawa Barat

Grand Agenda 2 Seri HUT Kota Batu: Total Harga 95 Juta Diharapkan – Lentera Hari Ini

BATU (Lenteratoday) – Dalam rangkaian HUT Kota Batu ke-21, Pemkot Batu akan menggelar dua event spektakuler yakni KWB Auto Rally 2022 dan Batu Art Festival 2022.

Perwakilan Jatim Park Group yang merupakan penggagas Batu Art Festival (BAF) menyatakan, dalam penyelenggaraan BAF 2022, total hadiah Rp 95 juta bagi peserta yang menjadi juara.

Selain untuk menarik pengunjung Kota Batu. Bandung Art Festival 2022 sendiri merupakan ajang yang dibuka untuk umum untuk berkompetisi memperindah pohon dengan seni instalasi dan lampu. Terkait pohon yang akan dihias, Jatim Park Group mengatakan akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu.

“Untuk pohonnya nanti kita koordinasikan dengan DLH. Jadi untuk mempersiapkan, pohon apa yang bisa dihias. Nantinya DLH akan memberikan tanda atau logo di titik manapun di pohon yang bisa dihias,” kata Marketing dan PR Manager Jatim Park Group Titik S. Ariyanto saat jumpa pers bersama tim media, Sabtu (19/11). ).

Titik mengatakan semua lapisan masyarakat diperbolehkan mendaftar hingga 26 November 2022. Sementara itu, proses evaluasi akan berlangsung mulai 8 hingga 10 Desember 2022.

“Semua masyarakat bisa mendaftar, jadi dari desa, kecamatan, baik perorangan maupun kelompok silahkan mendaftar. Kami telah menyiapkan dana hingga 95 juta untuk total hadiah. Juara 1, 2, dan 3 akan mendapatkan total hadiah sebesar 45 juta rupiah,” ujarnya.

(Kiri ke kanan) Ketua Olahraga Roda 4 IMI Jatim, Komang Ferry; Marketing dan PR Manager Jatim Park Group, Titik S. Ariyanto; Walikota Batu, Dewanti Rumpoko; Managing Director KWB Auto Rally 2022, Arif Waworuntu; Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Aris Setiawan

Tidak hanya untuk juara 1-3, Titik mengatakan 10 besar finalis juga akan mendapatkan hadiah. Yakni masing-masing senilai Rp 5 juta. “Kemudian ada 10 pemenang yang masing-masing mendapatkan hadiah senilai 5 juta. Jadi total kita sudah menyiapkan 95 juta untuk para juara di Batu Art Festival”,

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyampaikan apresiasinya kepada Jatim Park Group yang telah terlibat dalam revitalisasi HUT Kota Batu ke-21.

“Pertama, saya mengapresiasi Jatim Park Group yang memiliki inisiatif luar biasa untuk memeriahkan HUT Kota Batu,” kata Dewanti kepada awak media yang ditemui dalam kesempatan yang sama.

Konsisten dengan poin naratif. Bude, sapaan akrab Walikota Batu, mengatakan, semua elemen masyarakat dipersilakan mendaftar lomba hias pohon. Bude mengatakan, perayaan BAF 2022 semata-mata untuk menarik sebanyak mungkin wisatawan dari Kota Batu.

“Niat kami adalah mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya dari luar Kota Batu. Pemerintah setempat akan mendukungnya dengan menyediakan dana desa yang akan digunakan untuk menghias pohon. Saya menghimbau kepada masyarakat, organisasi atau bahkan anak sekolah untuk datang dan memeriahkan Batu Art Festival dengan mendaftar sebagai peserta,” jelasnya.

Untuk informasi pemetaan pohon, informasi grafis, panduan teknis dan contoh atau referensi dekorasi pohon, lihat tautan yang disediakan yaitu

Selain agenda Batu Art Festival 2022. Ada dua agenda dalam agenda KWB Auto Rally 2022 yakni Fun Rally atau Family Rally dan kompetisi otomotif. Dewanti mengatakan, keluarga nantinya akan menggali potensi wisata di kampung-kampung Kota Batu dalam aksi tersebut.

“Saya ingin peserta Fun Rally masuk ke desa-desa di Kota Batu yang memiliki potensi besar. Ini memiliki potensi sebagai desa wisata yang baru digiatkan dan membutuhkan pengunjung dari luar,” jelasnya.

Pada reli keluarga ini, Dewanti menargetkan hingga 50% peserta berasal dari luar Kota Batu. Dengan total peserta 200 keluarga. “Tujuan kami dalam Fun Rally ini adalah menarik minimal 50 persen pengunjung dari luar Kota Batu dengan total 200 peserta. Jadi prioritas kami adalah kami secara sadar memperkenalkan tempat wisata baru. Terutama di desa-desa,” katanya.

Selain memperkenalkan potensi desa wisata yang ada di Kota Batu. Bude juga berharap unjuk rasa keluarga dapat memberikan efek domino bagi perekonomian Kota Batu.

“Tempat bermalam akan terisi secara otomatis, hidangan kuliner, snack dan oleh-oleh produk UMKM Batu juga akan dibeli oleh para peserta. Kami akan memperkenalkan tempat-tempat yang tidak biasa dikunjungi saat liburan di Kota Batu. Istilahnya sekarang hidden gems,” katanya.

Terpisah, General Manager KWB Auto Rally Arif Waworuntu menambahkan, semua kendaraan roda empat bisa masuk Family Rally. Dengan biaya pendaftaran Rp 350.000 per kendaraan, dan tidak ada batasan jumlah anggota keluarga yang ingin dibawa.

“Nanti juga ada lomba mobil. Ini akan diadakan di balai kota Among Tani, kami menargetkan sekitar 60 kendaraan untuk berpartisipasi. Biaya pendaftaran sama dengan Fun Rally atau Family Rally. Yakni 350.000 rupiah, sudah dapat barang menarik,” jelasnya.

Reporter: Santi Wahyu|Editor: Arifin BH

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button