Go Wisata Jatim bangkit untuk mendongkrak ekonomi pariwisata - WisataHits
Jawa Timur

Go Wisata Jatim bangkit untuk mendongkrak ekonomi pariwisata

Wisata olahraga terbuka

Minggu 11 Desember 2022 : 19:00:40


Sekda Jatim Adhy Karyono meresmikan wisata olahraga di Kota Batu (Foto: IN/ist)

INFOnews.id | Batu – Pemprov Jatim bersama-sama menyelenggarakan wahana dengan tema “Go Wisata Jatim Bangkit”. Secara tidak langsung, kegiatan ini sekaligus merangsang dan memajukan ekonomi pariwisata daerah yang bersangkutan dan daerah sekitarnya.

Hal itu disampaikan Sekda Provinsi Jatim Adhy Karyono usai pembukaan kegiatan wisata olahraga di Kota Batu, Minggu (11/12/2022).

Sekdaprov Adhy menyatakan salah satu upaya peningkatan dan pengembangan lebih lanjut sektor pariwisata di Jawa Timur antara lain dengan memperkenalkan dan mengembangkan sport tourism di Kota Batu.

“Sport tourism adalah gerbang promosi yang cerdas untuk meningkatkan devisa dari sektor pariwisata,” kata Adhy.

Melalui kegiatan Go-Wisata ini, Adhy berharap dapat lebih memperkenalkan dan mempromosikan destinasi wisata di Jawa Timur khususnya Kota Batu dalam hal kegiatan sport tourism kepada OPD pemerintah, dinas pariwisata dan masyarakat.

“Kami mencoba mencanangkan start di bidang pariwisata dan dengan kegiatan ini mari kita coba perkenalkan bahwa spot wisata di Jatim bukan sekedar bromo marathon, yang masih banyak dilakukan oleh teman-teman semua untuk menarik wisatawan,” ujarnya.

Adhy mengatakan kegiatan olahraga berbasis pengembangan pariwisata terbukti berdampak pada produk domestik bruto (PDB) daerah dan jumlah wisatawan mancanegara maupun domestik di Jawa Timur yang akan terus meningkat sepanjang tahun 2022.

Adhy melanjutkan, kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik ke Jawa Timur terus meningkat setiap triwulan sepanjang tahun 2022.

Jumlah wisman pada triwulan I 2022 sebanyak 1.139 orang, triwulan II sebanyak 1.735 orang, dan triwulan III sebanyak 3.193 orang.

“Sedangkan pada triwulan I ada 1.148.687 wisatawan domestik, triwulan II 1.556.274, dan triwulan III 1.663.397,” kata Adhy.

Meningkatnya kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara juga turut mendongkrak produk domestik bruto (PDB) daerah. Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Produk Domestik Bruto (PDRB) triwulan I tahun 2022 berdasarkan harga berlaku untuk sektor pariwisata adalah Rp 36.986,76 miliar.

Kemudian triwulan kedua meningkat menjadi Rp38.243,41 miliar dan triwulan ketiga kembali meningkat menjadi Rp39.408,48 miliar.

“Setiap triwulan terjadi peningkatan sebesar 5,6 persen. Tentunya peningkatan ini harus kita pertahankan dan tingkatkan bersama-sama,” ujarnya.

Melihat grafik dan nilai ekonomi yang meningkat di sektor pariwisata, Adhy optimistis sektor ekonomi di Jatim akan berangsur membaik pascapandemi Covid-19.

“Sektor pariwisata di Jawa Timur penyumbangnya sangat besar, akan lebih maju lagi dan tentunya pertumbuhan ekonomi akan lebih baik lagi, kondisi riil di lapangan baik dan masyarakat akan lebih sejahtera,” ujarnya. (info/rls/merah)

infonews.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemberi komentar sebagaimana diatur dalam UU ITE

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button