GIPI Jateng: Okupansi Hotel di Tempat Wisata Sudah 80% Sebelum Nataru - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

GIPI Jateng: Okupansi Hotel di Tempat Wisata Sudah 80% Sebelum Nataru – Solopos.com

SOLOPOS.COM – ilustrasi hotel. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG – Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Jawa Tengah (Jateng) menyebut jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), tingkat hunian hotel di Jateng yang dekat dengan tempat wisata mencapai 80 persen.

Ketua GIPI Jateng Benk Mintosih mengaku sudah banyak wisatawan yang melakukan reservasi hotel di sejumlah daerah di Jateng untuk nanti menyambut Nataru. Hotel yang paling banyak dipesan terletak di pusat kota dan dekat dengan tempat wisata terkemuka.

Promosi Kartu Tokopedia menjadi Kartu Kredit Terbaik Versi Asian Banker Awards 2022

“Sudah tersedia [kenaikan okupansi hotel], khususnya di Semarang dan Solo. Padahal, di pusat kota itu sudah mencapai 60 persen [okupansi]’ kata Benk kepada Solopos.com, Kamis (15/12/2022).

Hotel dengan tingkat okupansi 80 persen ini berlokasi di dekat objek wisata unggulan seperti Dataran Tinggi Dieng, Kota Lama Semarang, dan Soloraya, menurut Benk.

“Tawangmangu, Bandungan, Guci, Solo, Dieng sudah penuh. Dia [kamar hotel] sudah sulit ditemukan. Penuh dalam artian sudah 80 persen,” lanjutnya.

Baca Juga: Menyambut libur Natal dan Tahun Baru, berikut daftar 8 tol gratis

Benk menilai momen Nataru menjadi angin segar bagi pengelola hotel kali ini karena berbeda dengan dua tahun terakhir atau di masa pandemi Covid-19. Karena itu, dia juga mengimbau para pemain di industri perhotelan untuk memanfaatkan momen ini.

“Kecerdasan dan kreativitas pengelola hotel harus diaktifkan agar tamu tidak keluar dan betah. Dari segi persiapan, semuanya sudah dilakukan, mulai dari mengisi bahan makanan, agar tidak ada kenaikan harga untuk acara tahun baru, harus disiapkan,” jelasnya.

Sementara itu, General Manager (GM) Park View Hotel Kota Lama Semarang, Pratikno menyampaikan berbagai hal. Meski hotel ini berada di lokasi strategis di dekat objek wisata Kota Tua Semarang, tingkat hunian hotel belum mencapai 80 persen. Tingkat hunian hotel di dekat kota tua hanya 20 persen.

Baca juga: Tawaran Hotel di Solo Bulan Ini, Diskon Tak Masuk Akal!

“Ya, sangat strategis dekat dengan Kota Tua yang merupakan objek wisata paling populer di Jawa Tengah. Tapi reservasi ini hanya 20 persen, biasanya mereka memesannya pada hari-H. Itu akan terlihat semakin dekat dengan hari-H,” kata Pratikno yang telah menyiapkan 90 kamar untuk nanti menyambut wisatawan selama liburan Nataru.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button