Gili Trawangan - WisataHits
wisatahits

Gili Trawangan

Gili Trawangan

Gili Trawangan sebagai tempat wisata di Lombok menjanjikan segala kesenangan yang bisa Anda dapatkan dalam perjalanan liburan Anda.

Jadi jika Anda berkesempatan mengunjungi Pulau Seribu Masjid, pastikan untuk berkunjung Gili Trawangan yang sudah terkenal sebagai tempat wisata favorit di Pulau Lombok.

Gili Trawangan

Jika Anda ingin merasakan liburan di sebuah tanggul yang tertata rapi, bersih, segar dengan kawasan pantai yang luar biasa, maka a tujuan yang wajib untuk anda kunjungi adalah Gili Trawangan di pulau Lombok.

Tempat wisata ini sudah lama menjadi langganan para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, sebagai tempat melepas segala penat setelah menjalani rutinitas kehidupan sehari-hari.

Bagi yang berasal dari Lombok, jangan khawatir untuk mencari tempat menginap di sekitar Gili Trawangan. Sudah banyak hotel Gili Trawangan atau Gili Trawangan resor siap menyambut Anda.

Gili Trawangan merupakan bagian dari gugusan tiga gili di Pulau Lombok yang saling berdekatan.

Selain Gili Trawangan, ada dua tanggul laut lain di sebelahnya yang juga sering menjadi tujuan liburan wisatawan lokal, serta beberapa wisatawan mancanegara. Dua gili tersebut adalah Gili Air dan Gili Meno.

matahari terbit-tanggul-trawangan

Namun bila membandingkan Gili Trawangan dengan kedua saudaranya, yang paling terkenal adalah Gili Trawangan. Hal itu disimpulkan pengunjung tiga gili yang nomornya direbut Gili Trawangan.

Gili Trawangan bisa dikunjungi setiap hari oleh tak kurang dari ribuan wisatawan. Apalagi karena banyaknya penginapan, tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi pengunjung yang bermalam di sana. Apakah siang atau malam.

Khusus wisatawan mancanegara biasanya akan datang ke Gili Trawangan sebelum atau sesudah berkunjung tempat wisata di bali.

Kawasan wisata Gili Trawangan ditata dengan sangat rapi dan bersih oleh pihak pengelola. Selain keindahan alamnya, tanggul ini juga semakin nyaman untuk ditinggali dengan diberlakukannya aturan Gili Trawangan yang bebas dari kendaraan bermotor.

objek-wisata-favorit-di-lombok-gili-trawangan

Di tanggul ini anda tidak akan menemukan satupun sepeda motor atau mobil, alat transportasi yang tersedia hanya sepeda dan cidomo yang merupakan alat transportasi tradisional penduduk Lombok.

Dengan aturan tersebut maka kawasan Gili Trawangan nantinya akan menjadi tempat yang sejuk, bersih, sejuk dan tentunya bebas polusi.

Bersandar di pesisir pantai, Anda akan menemukan suasana pantai Gili Trawangan yang sangat bersahabat. Selain kebersihannya yang selalu terjaga, pasir pantai yang putih serta air laut yang tenang dan bergelombang akan menjadi tempat yang sangat nyaman untuk melakukan aktivitas apapun.

seawall-trawangan-swing-ride

Ada banyak kegiatan wisata yang dapat Anda lakukan dalam satu liburan tempat wisata di Lombok ini. Selain menghabiskan waktu di sekitar pantai, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya di beberapa spot menarik.

Mengenai aktivitas wisata di Gili Trawangan, selengkapnya dapat Anda lihat pada bagian selanjutnya di bawah ini.

Banyak yang bertanya di mana Gili Trawangan?

Bagi masyarakat Lombok dan sekitarnya sudah bisa mengerti dan mengetahui letak Gili Trawangan dan Gili lainnya. Namun bagi masyarakat yang jauh dari Lombok pasti belum paham dan mengetahui lokasi Gili Trawangan.

Gili Trawangan terletak di Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Untuk menuju tempat wisata favorit di Lombok ini, Anda harus melintasi lautan yang memisahkannya dengan pulau Lombok.

Cara paling mudah menuju Gili Trawangan adalah dengan menyeberang menggunakan speedboat melalui Teluk Nara atau Pelabuhan Bangsal yang terletak di Malaka, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Biaya penyeberangan dengan speed boat saja Rp85.000/orang. Atau jika ingin berhemat, gunakan saja perahu kayu dengan biaya yang jauh lebih murah yaitu hanya Rp.15.000/orang.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Gili Trawangan

Setahu kami, Gili Trawangan masih dibuka untuk wisata setiap hari. Hanya saja, wahana atau fasilitas wisata di sana mungkin memiliki jam buka yang berbeda.

Sama dengan tiket masuk ke Gili Trawangan. Untuk masuk, Anda tidak perlu membayar biaya apapun.

Namun, sebelum pintu masuk utama Gili Trawangan, Anda bisa menemukan kotak sumbangan pengunjung yang bisa Anda isi dengan uang berapa pun yang Anda mau. Atau jika Anda tidak ingin menyumbang, tidak ada yang memaksa Anda.

Lagi-lagi, hanya saja beberapa wahana dan fasilitas yang ada di kawasan Gili pasti menerapkan sistem ticketing agar dapat menggunakannya. Jadi bersiap-siap saja anggaran cukup untuk liburan di Gili Trawangan.

Sebagai tempat wisata yang paling populer, Gili Trawangan Lombok berhasil mengundang jutaan wisatawan setiap tahunnya. Hal ini tentunya menjadi berkah tersendiri bagi para pebisnis di Lombok yang bergerak di bidang industri pariwisata.

Fasilitas dan Aktivitas di Gili Trawangan

Berlibur sebenarnya merupakan kegiatan menyenangkan yang identik dengan kegiatan outdoor. Jadi jika Anda berada di Gili Trawangan, singsingkan lengan baju Anda dan lakukan aktivitas apapun yang membuat Anda merasa nyaman.

Ada beberapa wahana dan fasilitas wisata di Gili Trawangan. Tapi ingat, lakukan aktivitas yang baik dan jangan melanggar aturan.

1. Jelajahi laut dengan kayak

Laut Gili Trawangan dengan air yang jernih dan beraneka ragam biota laut yang menghiasinya menjadi salah satu alasan wisatawan mengunjungi tempat wisata ini. Anda bisa menjelajah laut dengan berbagai sarana yang tersedia, salah satunya adalah dengan menggunakan kayak.

kayak-bendungan-trawangan

Kayak sendiri merupakan perahu mini yang semua bagiannya dibuat transparan. Hal ini agar Anda bisa leluasa melihat keindahan karang dan ikan, serta biota laut lainnya langsung di bawah tempat duduk Anda di atas kayak.

Karena hanya bisa menampung maksimal dua orang, Anda bisa menjelajah Laut Gili Trawangan dengan kayak sendirian atau ditemani oleh salah satu teman Anda.

Dengan membayar biaya sewa kurang lebih Rp.300.000anda bisa bersantai menikmati keindahan laut gili trawangan sampai puas.

2. Bersepeda di sekitar Gili

Gili Trawangan yang asri dan bersih akan memikat siapa saja yang penasaran untuk menjelajahi setiap sudutnya. Untuk kegiatan tersebut, Anda bisa melakukannya dengan menyewa sepeda dari beberapa tempat persewaan sepeda yang tersebar di sekitar kawasan Gili.

bike-on-dike-trawangan

Jalan-jalan santai sambil mengayuh sepeda, sambil sesekali memotret objek-objek yang menurut Anda menarik dengan kamera, tentu menjadi aktivitas yang cukup menyenangkan.

Tapi ingat, sebagian besar jalan di Gili Trawangan biasanya tertutup pasar terbalik. Agar perjalanan Anda di sekitar Gili tidak terhalang, lebih baik Anda mengambil jalan di tepi pantai.

Dan itu berarti Anda juga harus pintar memilih sepeda mana yang Anda sewa. Pilihlah sepeda yang menggunakan ban yang cukup besar agar lebih leluasa saat melewati jalur pantai yang berpasir dan licin.

Untuk menikmati aktivitas di sekitar Gili dengan sepeda, Anda hanya perlu membayar biaya sewa sepeda hingga Rp.100.000 per hari.

3. Tonton Presean

Acara tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan di Gili Trawangan. Acara ini menampilkan dua pria Sasak, biasa disebut pepadu, yang akan saling serang menggunakan cambuk rotan (cambuk/ende).

presean-gili-trawangan

Namun acara ini tidak berlangsung setiap hari, pertunjukan biasanya hanya berlangsung pada waktu-waktu tertentu saja. Misalnya setelah panen raya masyarakat Sasak, atau saat musim kemarau panjang.

Percaya atau tidak, acara hajatan bagi masyarakat Sasak ini juga merupakan acara sakral sebagai sarana meminta hujan.

Di Gili Trawangan, acara pra-sean biasanya akan berlangsung di sekitar kawasan Pasar Seni Gili Trawangan.

4. Snorkeling dan menyelam

Kedua kegiatan ini paling disukai wisatawan mancanegara. Saat hari agak cerah biasanya mereka akan ramai tugas tuba dan menyelam yang ada di Gili Trawangan.

snorkeling-diving-bendungan-trawangan

Jika Anda ingin mencoba tuba Di mana menyelam, kemudian memilih lokasi di kawasan sekitar tiga Gili yaitu Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Alasannya, tidak semuanya tempat Yang di Gili Trawangan cocok untuk kedua aktivitas tersebut.

Saya bahkan tidak pernah mencoba tuba dan menyelam? Tidak masalah, di Gili Trawangan sudah disiapkan instruktur atau pelatih tuba dan menyelam dengan lisensi resmi. Jadi Anda bisa belajar sebelum mencobanya.

5. Nikmati keindahan Matahari terbit dan Matahari terbenam

Gili Trawangan adalah tempat yang tepat untuk menikmati momen matahari terbit dan terbenam. Sebenarnya tempat wisata Lombok ini ada beberapa titik matahari terbit dan terbenam yang telah disediakan oleh pengelola.

matahari terbenam-terbit-bendungan-trawangan

Untuk matahari terbenam-an, Anda dapat memilih tempat yang berseberangan dengan hotel Ombak. Ada beberapa wahana ayunan yang sudah disiapkan agar wisatawan bisa melihat sunset lebih jelas sambil bersantai di ayunan.

Kemudian untuk Matahari terbit-sebuah, tempat yang terbaik ada di Klub Pantai Titik Di mana Matahari terbit batang yang berada di sebelah barat tanggul. Letaknya yang langsung menghadap ke laut juga akan membuat Anda lebih leluasa menyaksikan matahari terbit.

Baca juga : Pulau Pahawang Lampung

Seiring dengan keindahan kawasan yang dimilikinya serta perbaikan dan penambahan fasilitas terus dilakukan oleh pihak pengelola.

Gili Trawangan sepertinya akan terus mengukuhkan diri sebagai satu-satunya tempat wisata di Lombok yang tidak hanya terkenal di nusantara tetapi juga di dunia. Jadi kapan nih sobat ke gili trawangan?

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button