Gili Labak Sumenep Madura – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Gili Labak Sumenep Madura – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Kegiatan Liburan, Fasilitas, Lokasi dan Biaya Perjalanan – Gili Labak adalah pulau kecil yang menawan di tenggara Pulau Madura. Pulau dengan pasir putih di pesisir pantai dan air laut yang jernih, ideal sebagai destinasi liburan untuk berbagai aktivitas seru.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 500.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Gili Labak adalah pulau kecil terindah yang terletak di Kabupaten Sumenep, Madura. Pulau dengan pantai pasir putih ini memiliki keindahan tersembunyi yang masih belum diketahui banyak orang.

Nama lamanya adalah Pulau Tikus, diketahui bahwa tempat ini dulunya adalah sarang tikus. Perubahan nama yang terjadi seiring berjalannya waktu dikarenakan pengucapan agar lebih enak didengar. Jika Anda berada di Madura dan sekitarnya, sesekali kunjungi pulau ini. Anda akan menemukan bagaimana keindahan terlukis di pulau di tengah lautan.

Meskipun pulau pantai yang indah ini terkenal di kalangan backpacker, namun keindahan Gili Labak masih belum diketahui oleh wisatawan, penduduk lokal maupun asing. Padahal, pasir putih bersih dengan air laut biru di pulau ini sangat menarik untuk dikunjungi. Fenomena garis putih yang mengelilingi pulau juga menjadi salah satu daya tarik pulau ini.

Atraksi Gili Labak Sumenep

Tempat Wisata Gili Labak SumenepKredit gambar: Google Maps Yohanes Riyan

Pulau kecil di ujung Selat Madura ini memiliki banyak sekali keindahan yang belum banyak diketahui wisatawan, meskipun pesona pantai di tempat ini sangat enak untuk dipandang walaupun hanya melihat fotonya saja.

1. Matahari terbenam dan fajar yang menggoda

Pemandangan ini sering kita jumpai di tempat lain, baik itu rona fajar yang kemerahan di timur maupun langit senja yang jingga di barat. Setidaknya Anda juga harus mencoba melihat dua momen di pulau ini.

Ketika Anda berkunjung ke sini dan cukup beruntung untuk melewati salah satu dari dua situs tersebut, Anda akan menyadari bahwa keindahan pulau ini tidak boleh dilewatkan. Anda bisa menyaksikan momen tersebut sambil duduk santai di pasir pantai atau bercengkrama dengan teman dan keluarga di cabana tepi pantai.

2. Pesona Bawah Air yang Luar Biasa

Pulau dengan luas sekitar 5 hektar ini memiliki daya tarik yang tidak kalah dengan pulau terkenal yang mengelilinginya, yaitu pemandangan bawah lautnya. Sebagaimana diketahui bahwa penggunaan alat selam atau alat tangkap yang merusak ekosistem laut sangat dilarang.

Larangan ini tentu dipatuhi oleh warga dan wisatawan yang berkunjung ke sini. Dengan peraturan ini, perairan pulau Gili Labak dianggap bersih dan jernih. Bahkan dari kejauhan, keberadaan terumbu karang yang tumbuh indah di bawah air terlihat sangat jernih dan indah.

3. Pemandangan pulau yang indah

Objek wisata yang dimiliki oleh Gili Labak SumenepKredit gambar: Cherry Google Maps

Anda akan mengetahui keindahan tempat ini ketika Anda mengunjunginya secara langsung. Pemandangan pulau ini begitu indah dan menggoda untuk dikunjungi. Anda harus tahu bahwa pasir di sini sangat putih dan bersih. Peraturan untuk tidak membuang sampah sembarangan ditaati secara tertib oleh pengunjung dan penduduk pulau ini.

Ada sebuah jembatan kecil yang biasanya menjadi spot foto para pengunjung. Dari dek Anda bisa melihat pemandangan laut dan pasir putih yang indah. Meski sedikit diketahui, tempat ini sudah memenuhi standar destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

4. Banyak spot foto keren

Tak hanya indah dipandang, pulau yang pernah menduduki posisi ke-2 sebagai tempat wisata terbaik Jawa Timur Tourism Award 2019 ini juga sangat asik untuk difoto. Ada banyak spot foto yang indah dan mempesona untuk diabadikan. Anda dan teman atau keluarga akan bersenang-senang berfoto dengan latar belakang pemandangan pantai.

Alamat dan rute menuju tempat wisata Gili Labak

Alamat Gili LabakKredit gambar: Google Maps Yohanes Riyan

Pulau yang terletak di tengah laut dan di ujung Selat Madura ini memiliki keindahan yang bisa dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Indonesia. Pulau seluas 5 hektar ini bisa Anda temukan di Kabupaten Talango, Sumenep, Jawa Timur. Atau lebih tepatnya, tempat ini berada di sebuah desa bernama Kombang.

Karena letaknya di tengah laut, satu-satunya alat transportasi yang bisa diandalkan adalah dengan perahu. Melalui jalur laut ini, Anda akan menyeberang dari pelabuhan Kalianget menuju Gili Labak dengan waktu tempuh maksimal 2 jam.

Perjalanan menuju Pelabuhan Kalianget hanya membutuhkan waktu 12 menit jika memulai perjalanan dari Bandara Trunojoyo. Setelah melewati Jalan Kiyai H. Mansyur di Jalan Lombok, dilanjutkan ke Jalan Raya Puskesmas. Anda akan diarahkan ke Jalan Padurekso setelah itu Anda akan sampai di Jalan Gersik Putih. Lebih dari satu cara sampai Anda tiba di pelabuhan.

Begitu sampai di pelabuhan Kalianget, Anda harus menyebrangi laut dengan menggunakan perahu. Juga, memakan waktu dua jam, Anda akan tiba di pulau Gili Labak yang indah.

Biaya Perjalanan ke Pulau Gili Labak, Madura

Biaya Perjalanan ke Pulau Gili Labak, MaduraKredit gambar: Google Maps Yodha Argya P

Pulau ini terkenal dengan pantai dan pemandangannya yang indah. Untuk sampai ke sini, Anda harus menyeberangi laut, untuk berkunjung sendiri murah dan hemat, namun pengeluaran Anda akan sedikit terkuras untuk menyewa perahu.

Pertama-tama, jika Anda memulai perjalanan dari Bandara Trunojoyo, Anda akan membutuhkan kendaraan untuk sampai ke Pelabuhan Kalianget. Banyak pilihan kendaraan yang Anda inginkan. Dengan ojek online, Anda akan menghabiskan minimal Rp 20.000.

Setelah sampai di pelabuhan, Anda harus mencari perahu yang akan menjadi kendaraan Anda untuk berangkat dan pulang. Biaya sewa perahu minimal Rp 500.000. Karena Pulau Gili Labak belum memiliki referensi resmi untuk tarif perahu, Anda selalu dapat menegosiasikan biaya sewa. Bagi Anda yang berlibur bersama rombongan bisa membayar bersama-sama.

Dengan perahu yang bisa mengangkut maksimal 10 orang, Anda akan menyebrangi laut menuju pulau tujuan dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam. Setelah perjalanan panjang, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang indah yang bisa Anda lihat saat tiba di tempat tujuan.

Untuk masuk ke pulau ini gratis, Anda hanya perlu merogoh kocek saat ingin menyewa peralatan renang dan sejenisnya di sini. Perlengkapan tersebut antara lain alat snorkeling, kendaraan ATV dan banana boat yang masing-masing memiliki harga sewa di atas Rp 100.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Gili Labak

Aktivitas menarik di Gili LabakKredit gambar: Google Maps Stevenz Uyab

1. Koleksi foto

Merupakan kewajiban yang tak terucapkan bagi wisatawan untuk mengabadikan momen liburan mereka, tidak terkecuali Anda. Banyak sekali tempat-tempat menarik untuk berfoto di tempat ini, Anda hanya perlu berkeliling pulau dengan membawa handphone atau kamera digital.

Dari pohon kelapa yang menjulang tinggi, tempat pengamatan, jembatan hingga pemandangan pantai pasir putih, ini hanyalah beberapa dari banyak spot foto Gili Labak.

2. Nikmati keindahan bawah laut

Surga kecil yang tersembunyi di tengah laut, begitu pulau kecil ini disebut. Keindahan yang terlukis di pantai dan daratan serta keindahan bawah laut pulau ini tak terlukiskan dengan kata-kata.

Ada terumbu karang yang indah dengan berbagai biota laut berwarna-warni menghiasi perairan ini. Di pulau ini juga tersedia fasilitas persewaan alat snorkling, meski terbatas, Anda bisa menikmati keindahan bawah laut pulau ini.

3. Berjemur

Cuaca saat panas di sini cukup panas, namun bisa dihalau oleh pepohonan yang tumbuh di pulau ini. Anda bisa berjemur di pasir pantai atau bersantai di tempat tidur yang disediakan pengelola. Ada juga gazebo atau cabana yang bisa menjadi tempat duduk dan mengobrol bersama teman dan keluarga.

4. Main bola

Anda dapat bermain sepak bola atau bola voli dengan penduduk setempat atau kelompok Anda. Tanah berpasir di sini cukup luas untuk Anda bermain dan tidak mengganggu pengunjung lain. Pasir putih yang bersih dan lembut di sini sepertinya menarik perhatian.

5. Berjalan di sekitar pulau

Bagi Anda yang lelah berenang atau ingin menghirup udara segar, disarankan untuk berjalan-jalan di sekitar pulau ini. Luas pulau yang sekitar 5 ha memungkinkan pengunjung dengan mudah melihat seluruh sisi pulau.

Saat Anda berjalan, Anda akan menikmati angin laut yang sejuk dan pemandangan laut dan langit yang indah di atas Pulau Gili Labak. Namun bagi Anda yang sedikit lelah atau malas berjalan, ada pilihan untuk bersepeda gunung. Kendaraan kecil ini akan membantu Anda berkeliling pulau dengan cepat dan mudah.

6. Berkemah di dekat pantai

Jika ingin menginap di sini, Anda bisa memilih hostel, rumah penduduk setempat atau menyewa tenda sendiri untuk bermalam di pantai. Dengan pemandangan laut yang indah dan kerlap-kerlip bintang, Anda bisa beristirahat dengan nyaman di pulau ini.

Penginapan murah di sekitar pulau Gili Labak

Penginapan murah di sekitar pulau Gili LabakKredit gambar: Google Maps Bayu Pratama

1. Penginapan Baitul Kamul

Hostel dengan fasilitas kamar yang cukup praktis, kipas angin dan kamar mandi. Mulai dari Rp 70.000 kamu sudah bisa istirahat di sini. Hostel ini dekat dengan pelabuhan Kalianget, tepatnya di Jalan Gersik Putih No. 9.

2. Hotel Dubai Sumenep

Hotel dengan kamar ber-AC dengan akses wifi gratis. Ada juga taman dan kafe yang akan menjadi hiburan selama Anda menginap di sini. Mulai dari Rp 150.000 Anda sudah bisa menikmati cita rasa menginap di hotel Sumenep di Dubai ini. Tempat ini terletak di sekitar Bandara Trunojoyo, lebih detail di Jalan Payudan Barat No. sepuluh.

3. Kaberaz Luxury oleh AMITYA

Terletak 29 kilometer dari Gili Labak. Tempat ini menyediakan tempat istirahat yang nyaman dan sejuk. Mulai dari harga Rp 175.000, kamu sudah bisa menikmati cita rasa menginap di Kaberaz Luxury By AMITHYA ini.

Terletak di Jalan Siwalan, Pengarangan, hostel ini memiliki fasilitas yang lengkap. Dengan kamar ber-AC, akses wifi cepat, restoran di dekat hostel dan parkir gratis.

Fasilitas wisata yang tersedia di Gili Labak Sumenep

Fasilitas di Gili Labak SumenepKredit gambar: Google Maps Yohanes Riyan

Pulau Gili Labak, keindahan yang terpancar dari sebuah pulau kecil yang tersembunyi di tengah laut, letaknya yang agak jauh dari daratan membuat perjalanan ke sini agak lama. Fasilitas utama seperti perlengkapan berenang, fasilitas jalan kaki dan tempat bersantai sudah tersedia di sini. Sementara itu, fasilitas seperti toilet umum dan restoran masih perlu dikembangkan.

Gili Labak juga dikenal sebagai pulau surga dengan banyak keindahan yang ditawarkan. Perlu penambahan fasilitas dan perbaikan di pulau ini untuk menunjang kenyamanan wisatawan. Perkembangan ini bukan tidak mungkin untuk tanggul laut yang eksotis ini, karena destinasi wisata di Sumenep perlahan mulai dikenal masyarakat luas.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button