Gibran mengklaim efek pesta pernikahan Kaesang Erina sangat luar biasa - WisataHits
Yogyakarta

Gibran mengklaim efek pesta pernikahan Kaesang Erina sangat luar biasa

Merdeka.com – Merdeka.com – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku pesta panen pernikahan adiknya Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Minggu lalu memberikan dampak luar biasa bagi Kota Solo. Hal ini terlihat dari okupansi hotel, jumlah pengunjung, transportasi dan lain-lain.

“Kalau saya lihat memang efeknya luar biasa. Jumlah pengunjung, okupansi hotel, UMKM, armada angkutan, becak, andong, gojek grab, wisma, kos dan sembako ramai semua,” kata Gibran, Senin (12/12).

Gibran juga mengatakan salah satu catering tidak mampu memenuhi kebutuhan pangan untuk acara tersebut. “Kemarin banyak yang catering, kami juga banyak pesan gerobak,” ujarnya.

Kakak Sulung Kaesang mengatakan, kegiatan download festival mertua dan panen kemarin di Pura Mangkunegaran tidak hanya berdampak besar bagi perekonomian. Namun, sekaligus sebagai salah satu upaya melestarikan budaya tradisional Jawa.

“Yang namanya pesta pernikahan bukan sekedar hajatan, tapi juga melestarikan budaya Jawa. Ini baik untuk ekonomi bahwa kita semua ambil bagian,” katanya.

Tradisi unik

Misalnya, saat prosesi siraman Erina yang berlangsung di Yogyakarta Jumat lalu, banyak prosesi adat yang belum banyak diketahui orang.

“Kemarin langkah Erina melangkahi Mas atau Mbak. Banyak yang tidak tahu memperhatikannya. Lalu kemarin di Lojigandrung ada tradisi orang kampung. Jika Anda mengikuti urutan penuh, bea cukai tidak benar-benar berakhir selama 2 hari,” katanya.

Gibran menambahkan dia berencana melakukan tur pernikahan adat di Solo setelahnya.

“Jadi bukan soal mending mertua, soal kebiasaan. Bukan soal pernikahan, soal kelahiran, mitoni dan lain-lain, semua serba ada di Solo,” pungkasnya. [yan]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button