Gibran mengendalikan inflasi sendiri dan mendistribusikan anggaran Rp 1,6 miliar untuk paket sembako murah - WisataHits
Jawa Tengah

Gibran mengendalikan inflasi sendiri dan mendistribusikan anggaran Rp 1,6 miliar untuk paket sembako murah

SOLO, KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah telah mengucurkan anggaran sebesar Rp 1,6 miliar dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH) untuk paket sembako murah di lima kecamatan.

Paket sembako murah tersebut terdiri dari beras 5 kilogram, minyak goreng 1 liter, gula pasir 1 kilogram, dan teh sebungkus. Paket staples ini dijual dengan harga Rp 25.000.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan kegiatan pasar murah melalui penjualan paket sembako dilakukan dengan tujuan untuk mengendalikan inflasi di Kota Solo.

Baca Juga: Masjid Agung Sheikh Zayed Jadi Destinasi Wisata Religi Baru di Solo, Itu Harapan Gibran

“Pasar murah sembako ini dirancang untuk mencegah kenaikan inflasi,” kata Gibran di sela-sela peninjauan pelaksanaan pasar murah di Kantor Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah, Senin (7/11/ 2022).

Gibran mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir dan memastikan semua orang mendapat paket sembako murah dari pasar. Saat membeli paket sembako murah ini, masyarakat hanya perlu membawa kupon dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Aktivitas pasar murah ini sangat bergema di masyarakat Solo. Warga sekitar berkerumun untuk membagikan makanan. Namun atas perintah aparat keamanan, kegiatan pasar murah akhirnya berjalan lancar.

“Semua orang mendapat kupon ketika mereka mendapatkan kupon. Waktunya diatur sedemikian rupa sehingga tidak ada stagnasi di awal,” kata putra sulung Presiden Jokowi itu.

Kegiatan di pasar murah dimulai hari ini, Senin (11/7/2022) dan berakhir pada Jumat (11/11/2022). Pasar murah ini buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB. Setiap kecamatan akan mendapat kuota 3.070 paket sembako komersial.

Arif Handoko, Kepala Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam Setda Solo, mengatakan penjualan paket sembako pasar murah dilakukan dengan kupon. Sebanyak 15.367 kupon dibagikan kepada masyarakat.

Sasaran pasar paket sembako murah ini adalah Warga yang telah mendapatkan kupon dan memiliki KTP Solo.

“Penyediaan paket gizi pokok Perumda PAU Pedaringan Solo melalui transaksi elektronik, nilai per paketnya Rp 99.200. Harga tersebut sudah termasuk kemasan empat produk dalam satu paket, ongkos kirim dan pajak yang berlaku,” jelas Arif.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button