Gentala Arasy, menara jam ikonik kota Jambi - WisataHits
wisatahits

Gentala Arasy, menara jam ikonik kota Jambi

Tahta Gental adalah menara jam setinggi 80 meter yang merupakan landmark kota Jambi, terletak dekat dengan jembatan penyeberangan. Menara megah ini memiliki museum budaya dan bioskop mini untuk menonton film dokumenter.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kasang, Kecamatan. Jambi Timur, Kota Jambi, Jambi; Kasus: Cek lokasi

Saat anda berlibur di Kota Jambi, anda wajib mengunjungi tempat wisata yang bernama Gentala Arasy. Tempat ini merupakan museum budaya yang sangat populer sebagai simbol Islam di wilayah Jambi. Museum ini diresmikan pada 28 Maret 2015.

Menara Gentala Arasy dibangun di kawasan budaya Jakarta, yang menghadap ke kota dan menjorok keluar dari tepi Sungai Batanghari. Museum ini menyimpan ratusan koleksi artefak sejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan Islam ke kota Jambi.

Menara ini dianggap sebagai salah satu ikon baru Kota Jambi. Sengaja dibangun dengan tujuan untuk lebih mendongkrak pariwisata di kota ini. Dengan pariwisata yang lebih optimal diharapkan nantinya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah sekitarnya dan lebih mengenal nilai-nilai sejarah Jambi.

Atraksi Tahta Gentala

Daya tarik Gental ThroneKredit gambar: Google Maps Er Leksa

Sebagai salah satu tempat wisata, tentunya Tahta Gentala juga memiliki daya tarik tersendiri, sehingga mampu menarik wisatawan. Atraksi tersebut antara lain:

1. Jembatan pejalan kaki

Yang membuat jam ini merana menjadi salah satu tempat wisata yang unik adalah karena adanya jembatan penyeberangan yang berada tepat di belakang museum ini. Jembatan ini dikenal sebagai Tahta Titian.

Titian Arasy memang sengaja dibuat oleh pemerintah setempat untuk memanjakan para pejalan kaki agar bisa menikmati suasana di sekitar museum dan sungai. Jembatan ini berukuran kecil dengan panjang 5.000 m dan lebar hanya 4,5 m.

Namun, karena tidak ada kendaraan yang boleh melintasi jembatan ini, tentunya berjalan di atas jembatan akan sangat nyaman dan aman.

Jembatan ini menghubungkan museum dengan area di seberang sungai sehingga memiliki bentuk yang mirip dengan huruf S yang dimaknai sebagai simbol rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ada juga dua dermaga di jembatan yang memiliki makna sebagai keseimbangan kehidupan bagi keberadaan perempuan dan laki-laki. Tahta Gentala juga sangat kental dengan nuansa Islam, baik dari segi arsitektur maupun sejarahnya.

Museum ini banyak bercerita tentang sejarah perkembangan Islam di kota Jambi. Ada juga Al-Qur’an besar di museum.

2. Desain menara yang menarik

Gentala Arasy adalah museum budaya yang terletak di tepi sungai Batanghari Jambi. Menurut warga sekitar, nama Gentala Arasy berasal dari 3 suku kata yang berbeda, di antaranya genta yang berarti suara, tala yang berarti harmoni dan arsy yang berarti memancar ke langit.

Jadi secara keseluruhan kita dapat mengartikan bahwa Tahta Gentala adalah suara yang selaras dan memancar ke langit. Bunyi yang dimaksud disini adalah bunyi genta gentala yang berbunyi sebagai penanda jam shalat fardhu umat Islam.

Menara jam ini memiliki ketinggian hingga 80 meter berwarna kuning dan hijau. Di bagian atas ada jam besar yang bisa dilihat dari jauh. Menara ini tidak jauh berbeda dengan landmark suatu daerah.

Tempat wisata ini juga memberikan edukasi bagi anda yang berkunjung ke sejarah kota Jambi. Sisi sejarah ditampilkan melalui museum dan bioskop mini yang terletak di dasar menara dan menampilkan berbagai film sejarah.

3. Mini-Museum

Daya tarik lain dari Tahta GentalaKredit gambar: Google Maps Todry

Museum yang terletak di Gentala Throne ini memiliki koleksi yang cukup menarik untuk dilihat. Koleksinya meliputi buku-buku Islam kuno dan teks-teks kuno.

Ada juga barang-barang sejarah Islam seperti jubah, ikat pinggang, rosario, turban, koin kuno, gelas, mangkuk, rompi, dll yang merupakan hadiah dari ulama besar.

Sementara itu, di pelataran menara, Anda juga bisa menemukan relief dua dimensi yang menggambarkan perjalanan Islam. Di bagian atas menara terdapat jam besar yang mengadopsi menara jam yang terdapat di kota Makkah.

Di sekitar menara juga terdapat warung-warung yang menjadi hub wisata, sehingga bisa menyajikan berbagai kuliner khas yang nikmat bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Kota Jambi.

Alamat dan rute menuju lokasi Gentala Arsy

Pidato Tahta GentalaKredit gambar: Google Maps Tegar Aji Waskito

Objek wisata Gentala Arasy terletak di kecamatan Pelawangan, kota Jambi. Tepatnya berada di seberang rumah dinas Gubernur Jambi dan tepat di samping WTC Mall.

Penduduk setempat menyebut tempat itu ‘ancolnya Jambi’. Mencapai tempat tersebut terbilang sangat mudah, hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di pusat kota dan tidak jauh dari Bandara Sultan Thaha Jambi, sehingga aksesnya pun sangat mudah.

Beberapa moda transportasi dapat digunakan, seperti bus, angkutan umum, ojek bandara atau ojek.

Salah satu hal yang sangat menggembirakan bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini adalah Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Karena memang untuk bisa mengunjungi tempat simbolis ini tidak dipungut biaya sama sekali. Mungkin nanti kamu hanya butuh uang untuk membeli jajanan dari sana.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Gentala Arsy

Kegiatan Tahta GentalaKredit gambar: Google Maps Umar

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di destinasi wisata ini. Kegiatan ini meliputi:

1. Santai

Anda bisa datang dan bersantai di Gentala Throne. Berjalan-jalan santai di sepanjang jembatan. Di sekitarnya Anda akan menemukan tempat duduk bagi wisatawan yang ingin beristirahat. Banyak tempat tersedia bagi Anda untuk bersantai dan beristirahat sesuai keinginan Anda.

Di tempat ini akan banyak dijumpai anak muda yang berkunjung, kebanyakan dari mereka akan datang hanya untuk melihat pemandangan dan nongkrong sambil menyeruput es tebu dan jagung bakar.

Namun tidak hanya anak muda, Anda juga bisa menemukan banyak keluarga yang datang ke sini. Saat Anda berkumpul dengan anak-anak, Anda bisa membuat mereka senang dengan permainan di dalamnya.

Misalnya persewaan skuter dan sejenisnya yang sangat digemari oleh anak kecil. Karena itulah tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi baik bagi anda yang masih muda ataupun yang sudah berkeluarga.

2. Fotografi

Bagi Anda yang menyukai fotografi, sangat cocok juga untuk datang ke tempat ini. Anda bisa datang saat senja. Karena memang saat itu kamu akan menemukan panorama yang begitu indah di tempat ini.

Perpaduan antara hamparan langit jingga-merah cerah, ditambah dengan aliran sungai Batanghari yang tidak pernah sepi oleh aktivitas perahu kecil akan membuat pemandangan semakin indah dan syahdu.

Atau Anda juga bisa datang pada malam hari saat banyak cahaya lampu yang bersinar, sehingga memberikan efek yang menarik pada hasil fotografi Anda. Ada banyak tempat yang bisa Anda gunakan di tempat ini. Jadi jangan ragu untuk datang dan mengabadikan momen di Gentala Throne.

Menara ini juga memiliki lift yang memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan kota Jambi dari ketinggian sekitar 80 m. Pemandangan paling indah yang bisa Anda lihat adalah Sungai Batanghari yang ketika gelap akan semakin indah.

3. Nikmati memasak

Aktivitas Lain Tahta GentalaKredit gambar: Google Maps Syaiful Hidayah

Di Gentala Arasy selain bisa menyeberang, jalan-jalan, jogging atau bahkan melihat perahu, ada aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di sana.

Kegiatan terdiri dari menikmati masakan khas Jambi. Di ujung jembatan, Anda akan menemukan pusat wisata kota Jambi, di mana terdapat berbagai warung makan dan toko.

Anda bisa mencoba gulai kepala kakap, tekwan, ikan bawang goreng dan beberapa makanan khas lainnya yang pasti akan menggiurkan lidah Anda. Datang ke tempat ini, rasa lapar Anda akan benar-benar terobati dengan berbagai makanan yang enak dan murah.

Fasilitas yang tersedia di Gentala Arasy Jambi

Fasilitas Tahta GentalaKredit gambar: Google Maps Dimas Adams

Sebagai salah satu tempat wisata populer di kota Jambi, fasilitas yang dimiliki Gentala Arasy tentunya cukup lengkap dan memadai. Anda dapat menemukan banyak warung makan yang tersedia, tempat bersantai, mushola dan toilet.

Namun sayang, di tempat ini tidak ada tempat sampah umum, sehingga sangat rawan bagi wisatawan yang datang untuk membuang sampah. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mengunjungi menara jam tidak boleh membuang sampah sembarangan.

Selain bisa merusak pemandangan, juga bisa menjadi pemicu bagi wisatawan lain untuk mengikuti perilaku buruk yang telah membuang sampah sembarangan.

Demikian ulasan lengkap Gentala Arasy mengenai atraksi, aktivitas yang bisa dilakukan, lokasi dan rute, harga tiket dan fasilitas yang bisa didapatkan di sana. Bagi anda yang berkunjung ke kota Jambi, wajib bagi anda untuk mengunjungi salah satu ikon wisata kota tersebut. Dengan tidak menerapkan tiket, Anda tentu tidak akan rugi ketika memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button