Generasi muda dan kebangkitan kewirausahaan - WisataHits
Yogyakarta

Generasi muda dan kebangkitan kewirausahaan

Dari: dr. Dyah Pikanthi Diwanti, SE, MM

Perkembangan kewirausahaan semakin hari semakin meningkat terutama di kalangan salah satu penggeraknya yaitu generasi muda dengan semakin mengembangkan jiwa kewirausahaan. Sebagai generasi penggerak yang kreatif, Anda tidak hanya membutuhkan keberanian, tetapi juga performa di atas rata-rata. Fokus dalam mendirikan kegiatan kewirausahaan harus diperdalam pada generasi ini.Darimana

, Kehadiran start-up atau kegiatan bisnis yang dimotori oleh anak muda mendapat perhatian lebih dari masyarakat luas. Bonus demografi berupa banyak generasi produktif diketahui menjadi kekuatan dan aset yang menggerakkan perekonomian negara.

Berdasarkan data BPS tahun 2020, sepertiga dari 140 juta penduduk Indonesia merupakan generasi usia produktif, berkembang dan berkembang pada masanya. Tujuan bersama adalah penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas, terutama wirausahawan muda.

UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) memainkan peran strategis dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Bagi berbagai pelaku ekonomi baik di daerah maupun di perkotaan, UMKM merupakan perusahaan yang dikembangkan baik secara individu maupun dalam bentuk unit ekonomi. UMKM memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk berinovasi, termasuk membuka lapangan kerja baru agar angkatan kerja muda dapat terserap dan bekerja.

Modal berupa dana bukan lagi satu-satunya hal yang menghalangi pejuang bisnis ini untuk merintis. Karena dasar-dasar itu sebenarnya lahir dari semangat kewirausahaan generasi ini. Jiwa wirausaha generasi muda ini akan terus bergerak maju dan mampu bangkit dari keterpurukan maupun kegagalan.

Keberanian mengambil resiko merupakan bagian penting dari kesiapan generasi mendatang. Self-management generasi ini dapat dilihat dari berbagai indikator kemajuan pemuda. Padahal partisipasi aktif berupa bantuan dari generasi sebelumnya masih sangat dibutuhkan sebagai penyeimbang dalam pengelolaan perusahaan.

Jiwa muda dari generasi emas ini adalah jiwa yang kreatif dan dapat melakukan sesuatu dengan berani dan tanggung jawab, meskipun berisiko. Jadi,Bagaimana sebenarnya peran generasi muda dalam menumbuhkan kewirausahaan?

? Langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah kematangan tempa yang melingkupi generasi ini. Kemudahan berinovasi juga diimbangi dengan ketahanan dalam menghadapi berbagai perubahan.

Tentunya sebelum pandemi dan pasca pandemi berdampak pada generasi muda dalam beradaptasi. Adaptasi terhadap perubahan lingkungan dan faktor non-lingkungan lainnya. Demikian pula dalam kaitannya dengan perkembangan kewirausahaan, dimana pada era kreatif saat ini nilai ekonomi suatu produk tidak lagi ditentukan oleh bahan baku atau sistem produksi, tetapi lebih ditekankan pada penggunaan kreativitas dan penciptaan inovasi melalui teknologi yang berkembang pesat.

Seperti yang disampaikan oleh banyak tokoh, termasuk Francis Fukuyama (1992), teknologi merupakan salah satu penggerak perubahan yang mampu memenuhi kebutuhan manusia, khususnya yang berkaitan dengan kewirausahaan.

Perkembangan kewirausahaan di kalangan anak muda dapat dilihat pada kegiatan kewirausahaan yang digerakkan oleh jejaring media sosial seperti UMKM dengan memberdayakan destinasi wisata di sejumlah daerah dimana peran anak muda berperan sebagai duta wisata, pemandu wisata dan profesi penunjang lainnya. .

Langkah selanjutnya adalah menggunakan media sosial sebagai sarana komunikasi yang efektif. Sebagai catatan studi di Amerika, generasi muda sebagai agen perubahan dalam menggunakan perangkat teknologi baru seperti penggunaan media sosial dalam dunia bisnis memberikan dampak yang sangat positif bagi masyarakat luas. Begitu pula dengan produk UMKM disebarluaskan dan dipasarkan melalui media sosial, dimana biaya operasional lebih murah, efisien dan efektif.

Generasi muda memberikan kontribusi yang besar untuk mewujudkan cita-cita memajukan kesejahteraan bersama dengan mengisi ruang belajar yang secara alami dipraktikkan secara kolektif, sehingga generasi ini dikenal sebagai generasi produktif.

Berbagai ide kreatif dan ide untuk inovasi banyak dieksplorasi oleh anak muda di bidang pekerjaannya. Studi banding merupakan sarana kerjasama dan kerjasama khusus yang dipraktikkan secara intensif oleh generasi ini sekaligus mengajak generasi sebelumnya untuk bersama-sama membangun kemandirian ekonomi.

Mengajak masyarakat untuk mengembangkan usaha baik secara individu maupun kelompok melalui kegiatan pelatihan dan membantu menciptakan usaha yang berkembang di masyarakat. Bekerja sama melalui koperasi dan dinas perdagangan untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah juga merupakan upaya yang dimotori oleh generasi muda.

Selain itu, mengajak mitra bisnis untuk membangun jaringan bisnis kerap dilakukan oleh generasi muda melalui kegiatan yang melibatkan pemerintah dan badan publik. Generasi muda menyadari pentingnya penelitian sebagai upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya terkait dengan kompetensi wirausaha muda.

Riset yang dilakukan pengusaha muda saat ini berkaitan dengan produk yang mereka produksi, kebutuhan masyarakat atau pasar. Adanya penelitian ini akan semakin memperkuat penemuan fenomena secara umum, baik masalah bagaimana menyikapinya maupun solusi yang dapat dilakukan.

Memberikan ruang edukasi kepada masyarakat luas tentang peningkatan kesadaran berwirausaha, membangun kemandirian dan lain-lain. Awalnya tentu ada ajakan untuk mencintai produk daerah dan menggunakan produk UMKM lokal di masyarakat.

Perubahan perilaku yang tercermin dari keberagaman aktivitas wirausaha generasi muda ini ternyata dipengaruhi oleh tren digitalisasi yang menginspirasi untuk mengeluarkan potensi wirausahawan muda.

Digitalisasi UMKM merupakan pergeseran dari sistem konvensional ke sistem digital, yang memungkinkan peningkatan jangkauan atau akses UMKM, terutama dalam hal jangkauan pemasaran. Dimana bidang kehidupan masyarakat mengalami perubahan ekonomi, mis. B. Pola transaksi yang semakin modern dengan berbagai aplikasi yang ditawarkan untuk memudahkan stakeholders UMKM dan masyarakat.

Peran wirausaha muda sebagai penggerak bisnis akan mendorong pertumbuhan ekonomi dengan menjaga stabilitas ekonomi domestik atau lokal. Berbagai kegiatan kreatif terus digalakkan oleh para pengusaha muda, seperti; B. Menghadirkan pameran/pameran, mendidik wirausaha muda melalui rangkaian pemasaran webinar berkelanjutan, serta kegiatan produktif lainnya.

Harapan dan cita-cita mendorong generasi muda untuk lebih menggali potensi dalam berbagai ide/gagasan bersama melalui pengembangan kewirausahaan.

Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button