Gempa susulan Puncak Bogor imbau wisatawan waspada – Pojoksatu.id - WisataHits
Jawa Barat

Gempa susulan Puncak Bogor imbau wisatawan waspada – Pojoksatu.id

POJOKSATU.id, BOGOR – Wisatawan dari Puncak Bogor, Kabupaten Bogor diimbau untuk berhati-hati dan waspada. Pasalnya, gempa susulan masih terkonsentrasi di Cianjur dan getarannya terasa hingga Bogor.

Antisipasi wisatawan Puncak Bogor karena saat Cianjur dilanda gempa bermagnitudo 5,6 pada 21 November 2022, Kabupaten Bogor juga terdampak, ratusan rumah rusak.

Salah satu daerah yang terdampak adalah Kecamatan Cisarua yang menjadi rumah bagi banyak wisatawan dari Puncak Bogor. Di kawasan yang berbatasan langsung dengan Cianjur, tercatat 16 bangunan rusak saat gempa melanda.

BACA JUGA: Relawan Jurnal Indonesia Gelar Workshop Penggalangan Dana Gempa Cianjur

Untuk itu, Pemkab Cisarua mengingatkan pengelola pariwisata, hotel dan vila untuk tetap waspada dan memperhatikan struktur bangunan serta menyediakan jalur evakuasi.

“Ini sebagai peringatan. Dan surat imbauan ini sudah kami distribusikan ke pengelola wisata, hotel dan vila,” kata Ivan Pramudia, Camat Cisarua.

Ivan mengatakan imbauan ini agar wisatawan dan pengelola Puncak Bogor selalu waspada mengingat masih ada gempa susulan dan getarannya bisa dirasakan hingga ke Bogor, khususnya di kawasan Puncak, Kecamatan Cisarua.

BACA JUGA: Update Korban Gempa Cianjur Minggu 27 November: 321 Meninggal, 11 Orang Tidak Ditemukan

Ivan menambahkan, setiap pengelola atau juru kunci villa juga diminta untuk check in dengan ketua RT/RW setiap ada tamu yang menginap.

“Identitas dan berapa orang yang ada di vila harus dilaporkan ke ketua RT/RW. Ini untuk memudahkan identifikasi jika sesuatu yang buruk terjadi. Hotel pasti diterima, ”ujarnya.

Himbauan ini juga berlaku bagi wisatawan yang berwisata di kawasan Puncak. Jika sewaktu-waktu terjadi gempa bumi, Anda diminta untuk tetap tenang, menghindari pohon tinggi, papan reklame, tiang listrik dan menjauhi tebing.

BACA JUGA: Identitas Pelaku Pencabut Tag Gereja di Shelter Gempa Cianjur Diungkap Kapolda Jabar, Sudah Bisa Ditebak

“Kewaspadaan sangat penting untuk meminimalisir korban jiwa,” ujarnya.

Sementara itu, BMKG melaporkan sejak 21 November 2022, setidaknya telah terjadi tiga kali gempa susulan bermagnitudo 5,6 yang melanda Kabupaten Cianjur.

Gempa susulan pada 22 November 2022 pukul 13.43 WIB termasuk WIB dengan magnitudo 2,9. Pukul 14:51 WIB bermagnitudo 2,8 dan pukul 14:52 WIB berkekuatan 2,6 SR.

Gempa juga akan bermagnitudo 3,9 pada 23 November 2022 pukul 11:41 WIB. Pukul 12:08 WIB bermagnitudo 2,8, pukul 18:49 WIB berkekuatan 3,5. Dan pada tanggal 26 November 2022 pukul 02:22 WIB Magnitudo 2,8.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, jumlah rumah terdampak gempa Cianjur ditemukan tersebar di 28 desa di wilayah Kabupaten Bogor. Sebanyak 163 rumah warga terdampak gempa, termasuk di kawasan Cisarua dan Megamending, yang banyak didatangi wisatawan dari Puncak Bogor. (ipe)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button