Geger Menjangan, Pesona Perbukitan dan Taman Kota di Purworejo - WisataHits
Jawa Tengah

Geger Menjangan, Pesona Perbukitan dan Taman Kota di Purworejo

Geger Menjangan merupakan wisata purworejo yang menyajikan konten wisata berupa taman kota dan kawasan perbukitan. Meski lokasinya berbeda, namun jaraknya tidak terlalu jauh dan masih dalam satu kawasan.

Geger Menjangan dapat digunakan sebagai wisata keluarga di akhir pekan dan sebagai tempat pendakian bagi pemula. Tentu faktor cuaca tetap harus diperhitungkan bukan?

Landmark Taman Kota MenjanganLandmark taman kota Geger Menjangan. Google Maps. Sumber: Fegri Untoro

Lihat juga: Taman Pahlawan

Jadi, ada dua poin utama yang dibahas dalam artikel ini, antara lain:

  • Taman Kota Menjangan,
  • Dan Puncak Geger Bukit Menjangan, Purworejo.

Dan inilah rating yang telah kami siapkan untuk anda sebagai acuan pertama untuk menentukan destinasi tempat wisata di Kabupaten Purworejo.

Adegan kerusuhan Menjangan

Secara administratif, Puncak Bukit Geger Menjangan terletak di Kedung Dowu Kulon, Trirejo, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah.

Secara administratif, Taman Kota Geger Menjangan terletak di Gamlok, Baledono, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah.

tempat bermainTaman bermain. Google Maps. Sumber: Yatz Dekiks

Lihat juga: Taman Wisata Air Terjun Kaliurip

Lokasi wisata Geger Menjangan sangat strategis karena tidak jauh dari pusat kota. Jarak dari Alun-Alun Kabupaten Purworejo ke Geger Menjangan sekitar 5 kilometer.

Jaraknya sekitar 10-15 menit. Nantinya, pengunjung akan melewati objek wisata lainnya yaitu Kolam Renang Artha Tirta Purworejo.

Setelah itu, pengunjung terlebih dahulu sampai di lokasi taman kota Geger Menjangan. Buat kamu yang mau ke Bukit Geger Menjangan dulu, langsung aja.

Harga tiket masuk Geger Menjangan

Tiket masuk ke Wisata Geger Menjangan Purworejo sangat murah. Para pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 1.000 per orang.

jalan ke bukitjalan ke bukit. Google Maps. Sumber: Kharis Ma’rufu

lihat juga: bukit sikepel

Jam buka Menjangan hiruk pikuk

  • Taman Kota Geger Menjangan di Purworejo buka 24 jam sehari.
  • Puncak Geger Bukit Menjangan, Purworejo buka dari pukul 08:00 – 15:00.
  • Kedua tempat wisata tersebut beroperasi setiap hari.

Fasilitas Geger Menjangan

Fasilitas wisata di Puncak Bukit Geger Menjangan Purworejo terkonsentrasi di dekat tempat parkir. Tidak ada fasilitas lain di sepanjang jalur trekking menuju puncak selain rumah Joglo.

Adapun fasilitas wisata di Taman Kota Geger Menjangan adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • area taman,
  • duduk nyaman,
  • Paviliun,
  • Taman bermain,
  • Dan tempat selfie.

kerusuhan Menjangan

1. Puncak Bukit Geger Menjangan

Sudut pandang di atas bukitSudut pandang di atas bukit. Google Maps. Sumber: Galih Prabowo

lihat juga: taman sidandang

Puncak Bukit Geger Menjangan yang juga dikenal sebagai kawasan hutan kota Purworejo ini merupakan objek wisata alam yang cocok sebagai tempat berolahraga bagi pendaki pemula.

Rute trekking menuju puncak memakan waktu sekitar 30 menit melalui dua rute, yaitu:

  • akses jalur selatan,
  • Akses ke jalur utara.

Jalur trekking berupa tangga yang terbuat dari dinding dan tidak curam. Namun, pengunjung harus menyiapkan perbekalan terlebih dahulu.

Penulis sering mengatakan bahwa ketika sebuah objek wisata didominasi oleh pohon bambu, tantangan terbesar adalah kesan banyak sampah dan kurangnya perawatan.

Sama halnya dengan Bukit Geger Menjangan Purworejo. Ada banyak daun pohon bambu yang berserakan di sepanjang jalur trekking.

Dan memang, kondisi saat ini tampak kurang terawat, sangat berbeda dengan tahun pertama peresmian objek wisata tersebut.

Yang paling signifikan adalah keberadaan pos jaga di puncak bukit. Dulu, spot selfie menjadi magnet utama untuk menikmati pemandangan Purworejo dari atas.

rth purworejort purworejo. Google Maps. Sumber: Muhammad Asyraf Irfani

2. Taman Kota Menjangan Geger

Taman Geger Menjangan merupakan salah satu Ruang Terbuka Hijau di Purworejo dan menghadirkan konsep wisata alam keluarga yang nyaman.

Area taman terkontrol dengan baik dalam hal kebersihan dan pengawasan. Bahkan ada pengawasan video yang bekerja 24 jam sehari.

Taman Kota Geger Menjangan juga dilengkapi dengan wahana permainan anak, air mancur, tempat duduk yang nyaman, dan landmark yang sering dijadikan spot selfie oleh pengunjung.

Source: www.nativeindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button