Gedung Museum Reog akan dilelang dengan anggaran puluhan miliar - WisataHits
Jawa Tengah

Gedung Museum Reog akan dilelang dengan anggaran puluhan miliar

Gedung Museum Reog akan dilelang dengan anggaran puluhan miliar

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Ponorogo (Pemkab) sudah mulai merealisasikan rencananya untuk membangun Tugu Reog. Pembangunan tugu yang terletak di Gunung Gamping Kecamatan Samtung itu telah dilelang. Ya, proyek anggaran puluhan miliar rupiah itu sudah masuk dalam laman Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemkab Ponorogo.

“Pengerjaan pembangunan Tugu Peringatan dan Museum Reog Ponorogo sudah kami umumkan sejak 25 Oktober lalu melalui website LPSE,” kata Kepala Bagian Pengadaan Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Ponorogo Budi Darmawan, Rabu (2/11). /2022).

Pagu anggaran yang disiapkan Pemkab Ponorogo untuk pembangunan museum setinggi 126 meter itu sebesar Rp 84 miliar. Namun, perkiraan harganya saja adalah 76 miliar rupee. Jika dilihat dari jadwal, periode lelang dimulai pada 25 Oktober, dengan penentuan pemenang 5 Desember nanti. “5 Desember itu jadwal pengumuman lelang. Mudah-mudahan nanti ada pemenangnya,” kata Budi.

Pemenang lelang pembangunan Tugu Reog diperkirakan akan menandatangani kontrak pada pertengahan hingga akhir Desember 2022. Ia berharap pemenang atau kontraktor bisa segera menyelesaikan syarat kontrak. Anggaran pembangunan Tugu Reog ditetapkan untuk beberapa tahun hingga tahun 2024.

“Pada bulan Desember dimungkinkan untuk memobilisasi alat dan personel. Pembangunan fisik akan dimulai pada 2023 hingga akhir bulan 2024,” ujarnya.

Sebagai informasi: Beberapa waktu lalu Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko melakukan sosialisasi proyek tugu peringatan dan pembangunan museum bagi warga kecamatan Sampung. Bupati yang berada di gedung pertemuan Samtung itu mempertemukan tokoh masyarakat, Kiai, Polsek, Koramil dan semua yang terkait untuk berkonsultasi. Ada yang menarik dari pembangunan Monumen Reog dan Museum Peradaban Ponorogo.

“Hari ini kita berkumpul di semua lapisan masyarakat, mulai dari tokoh masyarakat, kiai, aparat kepolisian dan TNI serta pemangku kepentingan lainnya, untuk berdiskusi (konsultasi) bersama. Kita adakan permainan bersama untuk menaikkan kelas Ponorogo,” kata Bupati Sugiri Sancoko.

Monumen Reog dan Museum Peradaban merupakan inovasi yang memikat dan membawa Ponorogo ke puncak. Karena desain artistiknya menjadi viral, bangunan itu akan ditempatkan tinggi di Gunung Gamping di Kabupaten Samtung. Pemilihan lokasi di Gunung Gamping Sampung juga sudah dipikirkan matang-matang. Karena tempat tersebut merupakan pintu gerbang wisata di barat laut Ponorogo. Dekat dengan objek wisata Telaga Sarangan Magetan dan Tawangmangu di Karanganyar dan juga dekat dengan Waduk Gajahmungkur di Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah.

“Kami sedang menyelesaikannya sehingga menjadi segitiga emas wisata. Untuk datang ke Ponorogo dibutuhkan pesona dan alasan yang kuat. Jadi kami sedang membangun objek wisata di Samtung. Itu prinsipnya,” ujarnya. (akhir/kun)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button