Garut Selatan memiliki pariwisata yang sangat baik dan potensinya perlu dikembangkan dengan cara ini - WisataHits
Jawa Barat

Garut Selatan memiliki pariwisata yang sangat baik dan potensinya perlu dikembangkan dengan cara ini

Bagian selatan Garut memiliki potensi wisata yang besar. Ada beberapa destinasi wisata yang bisa diunggulkan, mulai dari Pantai Sayangheulang, Santolo, Rancabuaya, Cijeruk hingga Sancang.

INI ADALAH KORAN, bagian selatan Bandung-Garut memiliki potensi wisata yang besar. Ada beberapa destinasi wisata yang bisa diunggulkan, mulai dari Pantai Sayangheulang, Santolo, Rancabuaya, Cijeruk hingga Sancang.

Potensi ini harus digali dengan meningkatkan infrastruktur dan aksesibilitas. Selain itu, sektor pariwisata memiliki multiplier effect bagi sektor lain, meningkatkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Agus Ismail mengatakan, pengembangan destinasi wisata di Jawa Barat Daya, khususnya di Garut Selatan, membutuhkan perhatian serius dari pemerintah provinsi dan pusat.

“Kami berharap apa yang menjadi komitmen kita bersama, baik Pemerintah Kabupaten Garut maupun Provinsi Jawa Barat, termasuk Pemerintah Pusat, terkait pelaksanaan Perpres Nomor 87 Tahun 2021 (terkait percepatan pembangunan kawasan Rebana dan Kawasan Barat Daya) Jawa) akan segera ditindak lanjuti,” kata Agus saat mengawal persiapan Cycling de Jabar 2022 di Pantai Rancabuaya, Kabupaten Garut.

“Kami berharap salah satu upaya yang terkait dengan pembangunan Jawa Barat Daya adalah jalan Jawa Tengah ke Barat Daya, karena ini tentu akan mendorong pergerakan orang dan meningkatkan aksesibilitas, terutama potensi yang ada di wilayah selatan jauh baru saja menjadi potensi yang belum tergali,” imbuhnya.

Agus mengatakan, Pemkab Garut terus meningkatkan aksesibilitas yang menjadi poin penting dalam pengembangan pariwisata.

“Kalau bagus, bisa mendorong masyarakat dan mendukung infrastruktur, atraksi dan peralatan pendukung. Ini yang kita dorong untuk meningkatkan potensi di Garut Selatan,” ujarnya.

Dalam mengembangkan destinasi wisata, Pemkab Garut juga bekerja sama dengan berbagai komunitas, seperti Kelompok Gerakan Pariwisata dan Kelompok Sadar Wisata, menurut Agus.

“Ini salah satu elemen dalam pengembangan pariwisata karena nantinya akan memberikan edukasi kepada masyarakat. Kontribusi masyarakat juga penting untuk membangun keamanan dan kenyamanan,” ujarnya.

Agus berharap lonjakan sektor pariwisata dapat mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat karena sektor pariwisata dapat mendorong sektor lain seperti UMKM dan pertanian untuk berkembang lebih jauh.

Selain potensi wisata pantai, Agus mengatakan ada destinasi wisata lain seperti air terjun, danau dan wisata alam lainnya di sepanjang garis pantai Kabupaten Garut sepanjang 75 kilometer.

“Panjangnya 75 kilometer, dari Kabupaten Cianjur (Cidaun) hingga Kabupaten Tasik (Cibalong), tujuh kecamatan yang berbatasan dengan pantai memiliki potensi yang sangat besar, kami juga akan mengembangkan desa wisata,” katanya.

“Kita banyak akses ke selatan, bagaimana mempromosikan pariwisata ke Jabar, kebutuhan infrastruktur, aksesibilitas, kerawanan bencana, perlu memperhatikan kondisi lingkungan. Hal ini menjadi tantangan bagi pengembangan pariwisata Garut Selatan. ” dia menambahkan.***

Penerbit: Jaka Permana

Source: www.inilahkoran.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button