Ganjar menanam 1.000 bibit pohon dan melestarikan keajaiban wisata Bukit Singonegoro - WisataHits
Jawa Tengah

Ganjar menanam 1.000 bibit pohon dan melestarikan keajaiban wisata Bukit Singonegoro

Memuat…

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara simbolis menanam bibit pohon kantil untuk melestarikan pesona wisata Bukit Serut Singonegoro di Blora, Jawa Tengah. FOTO/doc.Spesial

BLORA – Gubernur Jawa Tengah Hadiah Pranowo Penanaman bibit pohon di lahan kering untuk menjaga pesona wisata alam Bukit Serut Singonegoro di Blora, Jawa Tengah. Ganjar bersama mahasiswa, kelompok masyarakat dan kelompok tani menanam 1.000 bibit pohon kenang, kantil, pule, silet, garu, alpukat, dan cemara.

“Selama hujannya banyak, mari kita menanam sebanyak mungkin. Maka ini bisa menjadi destinasi wisata yang bagus,” kata Ganjar, Rabu (26 Oktober 2022) di lokasi.

Baca Juga: Srikandi Ganjar Jawa Timur Bantu Korban Tornado di Pasuruan

Ganjar mengatakan lahan kering masih bisa ditanami berbagai bibit pohon lain, seperti pohon buah-buahan.
“Di daerah yang masih relatif kering seperti ini, momentum musim hujan benar-benar dimanfaatkan untuk menanam sebanyak-banyaknya. Misalnya, tadi ada anjuran dari Bupati (Blora) untuk menanam buah dan pohon, masyarakat tidak mau ditebang,” jelasnya.

Ganjar juga meminta pengelola wisata Bukit Serut untuk membuat kawasan itu lebih indah. Mantan anggota DPR RI itu juga mengajak perguruan tinggi untuk terlibat dalam pengembangan pariwisata di Bukit Serut.

“Kalau ini bisa diatur, saya sudah menata lanskapnya dengan baik sehingga indah. Kalau harus mengundang perguruan tinggi agar nanti bisa dikembangkan, orang-orang datang ke sini dengan sangat baik,” jelasnya.

Ganjar menanam 1.000 bibit pohon dan melestarikan keajaiban wisata Bukit Singonegoro
Ganjar berpesan kepada pengelola wisata dan pemudik untuk menjaga kebersihan Bukit Serut yang telah ditanami bibit pohon. Ganjar berharap kebersihan di kawasan ini tetap terjaga. “Hal kedua yang saya katakan adalah sampah itu dikelola dengan baik agar tidak kotor. Jadi buat aturan dari bawah, dari sini disiapkan manajemennya supaya nanti bisa bagus,” kata Ganjar.

Bukit Serut yang ditanami pohon merupakan lahan milik Perhutani bekerjasama dengan masyarakat. Saat ini, masyarakat setempat menggunakan lahan ini sebagai tempat wisata. “Inilah kebaikan Perhutani yang bisa dikelola oleh masyarakat dan dimanfaatkan untuk pariwisata,” kata Ganjar.

Baca Juga: Target Akhir Ganjar Pranowo: Kondisi Jalan di Jateng Mulus 95%

Tak hanya itu, Ganjar juga gencar menanam pohon sumber daya di lahan yang tidak produktif. Salah satunya menanam benih jagung pada 28 September di lahan seluas 10 hektar milik Kodam IV/Diponegoro di Desa Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kodam IV/Diponegoro dan jajarannya karena sangat serius dengan ketahanan pangan. Jagung sekarang ditanam di lahan Kodam,” kata Ganjar Pranovo.

(ng)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button