Ganjar berharap Semarang Expo bisa menjadi momentum untuk menggenjot kegiatan UMKM - WisataHits
Jawa Tengah

Ganjar berharap Semarang Expo bisa menjadi momentum untuk menggenjot kegiatan UMKM

jakarta

Gubernur Jawa Tengah (Jawa Tengah) Ganjar Pranowo terus mendorong hadirnya multistakeholder event untuk menggairahkan UMKM. Ganjar mengatakan dengan hadirnya banyak pemangku kepentingan akan membantu permasalahan UMKM.

Hal itu disampaikan Ganjar saat menghadiri Semarang Expo 2022 (KAMEX) di Lapangan Jenderal Sudirman Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (20/10). Acara tersebut menampilkan puluhan stand UMKM mulai dari kuliner, industri kreatif, kerajinan tangan (ekraf), fashion, sneakers dan seni hingga flora dan fauna.

“Harapannya ke depan para pelaku UMKM ini bisa sekaligus menunjukkan kiprahnya, ada bank, kami berharap bank lebih proaktif. Jika perlu, akan ada pembicaraan atau diskusi tentang UMKM agar isu UMKM yang ada bisa menular,” kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Kamis (20/10/2022).

Ganjar mengatakan, kehadiran perbankan dan perusahaan lain sebagai pemangku kepentingan UMKM bisa sangat membantu. Ia juga mencontohkan, permasalahan yang banyak ditemui di UMKM adalah akses permodalan atau kesulitan pemasaran.

“Kita perlu pelatihan untuk berjualan secara digital. Jadi kalau memungkinkan, kekuatan ekonomi yang ada di masyarakat, di masyarakat, terutama yang kecil dan terkecil, bisa diledakkan,” kata Ganjar.

Ganjar berkomitmen mendukung gerakan UMKM ini melalui Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Ganjar berharap akan ada pembeli yang datang ke berbagai acara UMKM.

“Tugas pemerintah di Kabupaten Semarang saya rasa asik diringankan dan bekerja sama dengan banyak sponsor agar bisa bertemu nanti. Mudah-mudahan ada jual beli di sini, semakin banyak pembeli yang datang,” ujarnya.

Dalam kunjungannya ke KAMEX 2022, Ganjar juga meluncurkan aplikasi Apiks (aplikasi Pariwisata Terpadu Kabupaten Semarang) yang merupakan bagian dari Strategi Jaringan Pengembangan Pariwisata (Si Japar) di Jawa Tengah. Ia berharap aplikasi Apiks juga dapat membantu pemberdayaan UMKM di sektor pariwisata dan mempromosikan pariwisata lokal.

“Kami berharap aplikasi Apiks ini juga akan memberikan ruang ganti bagi para pemangku kepentingan pariwisata untuk menjual, memamerkan, menjelaskan dan mengajak wisatawan,” pungkasnya.

Tonton Ganjar Mengaku Siap Nyapres, Ulama Kaltim Gelar Video Dukung.
[Gambas:Video 20detik]
(ga/ga)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button