Gandeng PTPN III, IPB University Bangun Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit Mini - WisataHits
Jawa Barat

Gandeng PTPN III, IPB University Bangun Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit Mini

TRIBUNNEWSBOGOR.COM – IPB University menggandeng Plantation Holding PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III (Persero) untuk membangun Unit Pengolahan Kelapa Sawit Mini (PKS Mini).

Kerjasama tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan Mini PKS oleh Rektor IPB University dan Direktur Produksi dan Pengembangan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) di Kebun Penelitian dan Pendidikan Kelapa Sawit (KPPS) IPB University . Jonggol, Kabupaten Bogor.

Dalam sambutannya, Rektor IPB University Prof. Arif Satria mengapresiasi PTPN yang telah mendukung IPB University dalam proyek pengembangan Mini-PKS.

Prof Arif mengungkapkan IPB University juga berencana mengembangkan dan memproduksi minyak sawit merah setelah mengoperasikan mini-PKS.

“Lahan ini nantinya akan dikembangkan sebagai kawasan penelitian, wisata dan pembelajaran bagi petani dan pelaku usaha. IPB University telah membuat masterplan dengan menjadikan kawasan lahan di Jonggol sebagai Kawasan Lembah Inovasi IPB-Jawa Barat. Kawasan ini mengintegrasikan perkebunan, peternakan, hortikultura, dan perikanan darat,” ujarnya.

Prof Arif menyampaikan bahwa IPB-Jawa Barat Innovation Valley akan menjadi tempat dimana inovasi-inovasi IPB University hadir.

Dengan konsep zero waste dan hemat energi, kawasan ini menjadi wahana eco-edu tourism.

“Dibandingkan dengan properti lain di IPB University, kami masih harus mengembangkan properti di Jonggol. Oleh karena itu, dukungan berbagai pihak, termasuk pemerintah provinsi (Pemprov), sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Ketua KPPS IPB University Prof. Sudrajat menyatakan, perkebunan kelapa sawit ini didirikan pada akhir tahun 2012 atas upaya mandiri IPB University.

Situs seluas 250 hektar telah menyelenggarakan berbagai kegiatan komunitas akademik, termasuk magang dan magang.

Source: bogor.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button