G20 Indonesia berpotensi mendukung UMKM lokal - WisataHits
Jawa Timur

G20 Indonesia berpotensi mendukung UMKM lokal

…yang kami minta untuk dibuatkan oleh-oleh adalah UKM

Nusa Dua, Bail (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika menilai ajang Presidensi G20 Indonesia berpotensi mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal.

“Kami mengeluarkan cinderamata untuk delegasi, yang kami minta untuk dibuatkan cinderamata adalah UMKM,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong dalam wawancara khusus dengan ANTARA di Nusa Dua, Bali, Sabtu.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) mengumumkan pada pertengahan tahun bahwa 20 UKM menjadi pemasok suvenir resmi untuk delegasi G20. Memilih UKM sebagai pemasok cinderamata merupakan komitmen pemerintah untuk memajukan potensi dan kearifan lokal Indonesia di negara sahabat.

Baca Juga: Penjual Suvenir UMKM Bali Manfaatkan G20 Sebagai Peluang Ekspor

Dua jenis produk UMKM Indonesia, yakni makanan dan kerajinan, mampu merebut pangsa pasar yang kuat di luar negeri. Oleh karena itu, produk teh herbal dari Nusa Tenggara Barat berbahan dasar daun kelor dan sari buah sayur dari Bali dipilih sebagai cinderamata resmi bagi delegasi KTT G20.

Sebagai oleh-oleh kerajinan KTT G20 ditawarkan folder kayu dari Jawa Timur, tas etnik Bali, plakat Wayang dari Jawa Tengah, jam kayu dari Jawa Barat dan radio kayu dari Jawa Barat.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah memperkirakan rangkaian acara G20 dapat menciptakan 33.000 lapangan kerja baru dan nilai konsumsi sebesar Rp 1,7 triliun.

Usman memperkirakan potensi ekonomi UMKM tidak berhenti di KTT G20. Dengan menunjukkan potensi Indonesia, delegasi mungkin tertarik untuk datang kembali dengan tujuan wisata.

Kementerian Komunikasi dan Informatika juga menjadikan dinamika G20 sebagai ajang pengenalan teknologi digital bagi UMKM, khususnya pengenalan pembayaran digital menggunakan kode QRIS.

Pemerintah juga menggelar pameran “Desa UKM Masa Depan” di kawasan Nusa Dua pada 10-19 November yang memamerkan produk unggulan 300 UKM di Indonesia.

Baca Juga: Kemenkominfo Ajak Masyarakat Kunjungi Digital Transformation Expo

Baca Juga: Kemenkominfo Tingkatkan Kualitas Jaringan Telekomunikasi untuk KTT G20

Baca juga: Kemenkominfo: HUB.ID Summit, wadah untuk menghubungkan startup dan venture capital

Reporter: Natisha Andarningtyas
Penerbit: Suryanto
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button