FTP UGM memberdayakan warga Sambak Magelang untuk mengembangkan wisata agro-edu - WisataHits
Yogyakarta

FTP UGM memberdayakan warga Sambak Magelang untuk mengembangkan wisata agro-edu

UGMFTP UGM memberdayakan warga Sambak Magelang untuk mengembangkan wisata agro-edu. Sumber foto: Spesial

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Jurusan Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) FTP UGM memberdayakan masyarakat di Desa Sambak, Kajoran, Magelang untuk mengembangkan wisata edukasi pertanian untuk mewujudkan ekonomi hijau. Kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan Yanmar Environmental Sustainability Support Association (YESSA) dan Pemerintah Daerah Magelang.

Dr. Ngadisih, STP., M.Si menjelaskan bahwa konsep agro-edu-tourism yang dikembangkan di Sambak merupakan kunci menuju ekonomi hijau dengan sumber pendapatan utama dari pertanian dan kehutanan. Kegiatan tersebut mengangkat tema “Agro-edu-tourism berbasis zero-waste untuk ekonomi hijau biocircular desa Sambak”, yang dirancang selama 4 tahun. Pada tahun pertama, program difokuskan pada sistem pemantauan emisi gas rumah kaca atau agro-edu tourism berbasis net-zero emission untuk Bio-Circular Green Economy Desa Sambak.

“Kami memasang pemantauan gas rumah kaca secara real-time di beberapa penggunaan lahan di Sambak, seperti B. Pabrik tahu menggunakan biogas, Pabrik tahu tanpa biogas, hutan, agroforestri kopi dan agroforestri kopi dengan pupuk limbah biogas. Untuk edisi tahun pertama, informasi emisi gas rumah kaca di berbagai penggunaan lahan menjadi tujuannya,” jelasnya.

Selanjutnya, pada tahun kedua hingga keempat, Ngadisih menjelaskan bahwa program akan fokus pada teknologi pengurangan emisi gas rumah kaca dan pemantauannya. Salah satu teknologi yang dihadirkan ke publik adalah ketel uap untuk mengurangi energi saat memasak tahu, teknologi mengolah ampas kopi menjadi biopolimer, teknologi proses pengeringan kopi dan lain-lain. Sedangkan hasil akhir dari program tersebut adalah model pembangunan desa biosirkular ekonomi hijau yang dapat meningkatkan perekonomian desa dan kesejahteraan warganya.

Sebagai tanda dimulainya pembangunan kebun buah-buahan di desa Sambak, dosen DTPB FTP UGM ini menanam berbagai tanaman buah-buahan di atas lahan desa seluas 9 hektar. Penanaman pohon dilakukan pada tanggal 19 Agustus 2022, dimana perwakilan UGM yaitu Dr. Ngadisih, STP., M.Si, Andri Prima Nugroho, STP., M.Agr., PhD, Dr. Radi, STP., M.Eng., Dr. Devi Yuni Susanti, STP., M.Si., Dr. Hanim Zuhrotul Amanah, STP., MP., Dr. Priskarinda Lestari, ST., Aryanis Mutia, STP., M.Si. Turut hadir perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah, BAPPEDA Kabupaten Magelang, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, Balai Penyuluhan Pertanian, Pondok Tani, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Magelang, Kepala Kajoran Kecamatan, Kepala Desa Sambak.

Acara dimeriahkan dengan pajangan produk desa dari Kelompok Tani Wanita Sambak dan warga. Mereka memperkenalkan produk desa seperti kopi Potorono, minyak kelapa, aneka olahan labu, dan singkong.(bpn)

Source: baliportalnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button