Fotografer Berbayar di Asia-Afrika Wilayah Bandung: Dapatkan ratusan ribu sehari dengan sewa kamera - WisataHits
Jawa Barat

Fotografer Berbayar di Asia-Afrika Wilayah Bandung: Dapatkan ratusan ribu sehari dengan sewa kamera

BAIK BANDUNG, AYOBANDUNG.COM — Hiruk pikuk Jalan Asia Afrika, Kota Bandung semakin hari semakin ramai. Pemandangan ramai turis, hantu jalanan dan pedagang kaki lima semakin menegaskan bahwa kawasan tersebut memang menjadi salah satu magnet wisata di Kota Bandung.

Namun, belakangan muncul profesi “spontan” di sekitar Jalan Asia Afrika, tepat di antara Jalan Braga pendek dan Jalan Soekarno, yaitu fotografer bayaran. Mereka tampak berjejer setiap beberapa kaki menawarkan jasa foto dengan kamera yang bisa dibilang cukup profesional.

Fotografer berbayar ini bekerja dengan kepadatan turis yang mengunjungi area mana pun Instagramable bandung Tak jarang wisatawan menggunakan jasanya untuk mengabadikan momen saat berfoto di depan gedung Merdeka atau misalnya dengan hantu jalanan.

Baca Juga: 5 Hal yang Dapat Dilakukan di Museum Konferensi Asia-Afrika

Salah satunya adalah Mustaqim. Pria asal Indramayu ini mengaku sudah beberapa lama bekerja sebagai fotografer berbayar di daerah tersebut. Dengan menggunakan kamera Canon Eos 60D sewaan, ia mencoba mencari nafkah di kota kembang, meninggalkan istri dan anak-anaknya di kampung halamannya.

Sejumlah fotografer berbayar di kawasan Asia-Afrika Bandung berasal dari luar kota dan menggunakan kamera sewaan. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

Berdasarkan kisahnya, ia bisa meraup rata-rata 200.000 rupee sehari dari hasil memotret turis. Hasilnya adalah pendapatan bersih setelah membagi pendapatannya dengan pemilik kamera menggunakan skema 40 persen untuknya dan 60 persen untuk pemilik kamera.

“Harga untuk turis Rp 5.000 per foto. Tapi kadang ada yang menawarkan, misalnya Rp 10.000 untuk tiga foto atau lainnya,” kata Mustaqim kepada Ayobandung.com, Kamis 28 Juli 2022.

Secara teknis, Mustaqim memotret sesuai dengan keinginan wisatawan atau orang yang membayar jasanya. Kemudian, foto-foto yang diambil ditunjukkan kepada pelanggan. Jika cocok, dia mengirim foto dengan formulir file dokumen melalui whatsapp.

Source: www.ayobandung.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button