Forum Mahasiswa Pascasarjana IPB Luncurkan Program Desa Sinergi – Pojoksatu.id - WisataHits
Jawa Barat

Forum Mahasiswa Pascasarjana IPB Luncurkan Program Desa Sinergi – Pojoksatu.id

POJOKSSATU.id, BOGOR – Forum Mahasiswa Pascasarjana IPB meluncurkan Program Desa Sinergi di Desa Tenjolaya Kabupaten Bogor untuk mewujudkan salah satu misi Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.

Pembukaan perdana program Desa Sinergi dilaksanakan pada Rabu, 26 Oktober 2022 oleh Forum Mahasiswa Pascasarjana IPB di kawasan pertanian di lingkungan wisata Air Terjun Muara.

Pada Program Desa Sinergi yang diselenggarakan oleh Forum Mahasiswa Pascasarjana IPB, Direktur Biogen BB Ir. Mastur, Penyuluh Pertanian Daerah IV Kabupaten Bogor, Syaiful Haris dan Perwakilan Mahasiswa FW IPB, Hasbulloh.

BACA JUGA: HAQFest, HA IPB Bantu UMKM Sertifikasi Halal

Ketua LSO Comdev FW IPB Hasbulloh mengatakan, program Desa Sinergi ini dikembangkan oleh Forum Pengembangan Masyarakat Semi Otonom untuk mahasiswa pascasarjana IPB.

Dalam menjalankan desa sinergi ini fokus pada salah satu desa yang ada di Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor yaitu Desa Tapos.

Pada acara program Desa Sinergi yang menjadi tuan rumah Forum Mahasiswa Pascasarjana IPB, FW IPB bersama BB Biogen fokus pada dua bidang utama, yaitu pengembangan pertanian dan peternakan.

BACA JUGA: Ditengah pandemi, IPB kembali menggelar festival buah dan bunga bersama Pemkot Bogor

Dalam pengembangan pertanian, FW IPB bersama BB Biogen telah mengembangkan hasil inovasi Biogen BB yaitu pemberian dukungan ribuan benih padi dan cabai hasil Penelitian Biogen BB untuk dibudidayakan di Desa Tapos 1 Kecamatan Tenjolaya.

Di bidang peternakan, pengembangan pakan rumput gajah Biogras diperkenalkan sebagai hasil inovasi Biogen BB.

Ketua BB Biogen, Bapak Ir. Masrtur, M.Si., Ph.D. mengucapkan terima kasih kepada mitra forum wacana IPB, konsultan dan petani yang hadir pada kesempatan serah terima benih padi varietas Inpari 40, varietas Biopatenggang, benih cabai varietas Carvi Agrihorti dan rumput gajah varietas Biogras, yang merupakan hasil penelitian bioteknologi di BB Biogen.

BACA JUGA: IPB Bersepeda 59K, Alumni Gowes Monas-Bogor

Harapannya dapat dikembangkan oleh petani dan menghasilkan hasil panen yang lebih tinggi dan tentunya meningkatkan perekonomian bagi petani itu sendiri.

“Kami sangat senang jika hasil produk penelitian kami dapat bermanfaat bagi petani sehingga dampak yang dirasakan dapat dirasakan bersama,” ujar Masrtur.

Penasehat Pertanian Wilayah IV Kabupaten Bogor Syaiful Haris mengatakan, kegiatan Sahabat Forum Diskusi IPB sangat membantu memenuhi kebutuhan dan mengatasi permasalahan pertanian di masyarakat. Diharapkan kegiatan ini terus berlanjut agar permasalahan petani dapat diselesaikan bersama, sehingga tercapai kesejahteraan petani.

Hasan Nawangga, ketua kelompok tani Wiguna Tanimuti sekaligus pemilik Wiguna Farm dan Duta Tani Melineal Bogor, mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswanya di forum wacana IPB.

Menurutnya, program Desa Sinergi bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan pengetahuan baru petani, serta menyediakan benih unggul yang sangat bermanfaat bagi petani.

Membuka program Desa Sinergi di Forum Mahasiswa Pascasarjana IPB, Hasan juga mengajak para milenial untuk terlibat dalam bertani: “Potensi dalam bertani sangat menjanjikan dan menguntungkan sehingga ketahanan pangan dapat terwujud,” pungkasnya.

(Risyad Noviansyah/Pojokbogor)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button