Forum Mahasiswa Pascasarjana IPB Luncurkan Program Desa Sinergi di Desa Tapos 1, Tenjolaya - WisataHits
Jawa Barat

Forum Mahasiswa Pascasarjana IPB Luncurkan Program Desa Sinergi di Desa Tapos 1, Tenjolaya

Ketua LSO Comdev FW IPB Hasbulloh menyerahkan sertifikat kepada perwakilan Desa Tapos 1 kemarin. ADALAH

BOGOR – Forum Mahasiswa Pascasarjana IPB, dalam rangka mewujudkan salah satu misi Tridarma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, maka dibuatlah Program Desa Sinergi.

Pembukaan pertama program Desa Sinergi dilaksanakan pada Rabu (26/10/2022) di kawasan pertanian di kawasan wisata air terjun Muara.

Acara tersebut dihadiri oleh Presiden BB Biogen, Ir. Mastur, M.Si., Ph.D, Staf Penyuluh Pertanian Wilayah IV Kabupaten Bogor Syaiful Haris dan Perwakilan Mahasiswa FW IPB.

Ketua LSO Comdev FW IPB Hasbulloh mengatakan, program Desa Sinergi dikembangkan oleh Forum Pengembangan Masyarakat Semi Otonom untuk Forum Mahasiswa Pascasarjana IPB.

Dalam pembinaan Desa Sinergi ini, lanjut dia, pihaknya fokus pada salah satu desa yang ada di Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor yaitu Desa Tapos 1.

Program Desa Sinergi dilaksanakan bekerjasama dengan LSP Comdev FW IPB dengan BB Biogen dan Penyuluh Pertanian di Kabupaten Bogor.

“Pada acara Desa Sinergi ini, FW IPB bersama BB Biogen fokus pada dua bidang utama yaitu pengembangan pertanian dan peternakan. Dalam pengembangan pertanian, FW IPB bersama BB Biogen telah mengembangkan hasil inovasi Biogen BB yaitu pemberian dukungan ribuan benih padi dan cabai hasil Penelitian Biogen BB untuk dibudidayakan di Desa Tapos 1 Kecamatan Tenjolaya. Di bidang peternakan, pengembangan rumput gajah, varietas biograss sedang diintroduksi sebagai hasil inovasi Biogen BB,” kata Hasbulloh.

Sementara itu, Ketua BB Biogen, Ir. Mastur, M.Si., Ph.D mengucapkan terima kasih kepada rekanan Forum Wacana IPB yang hadir, pembina dan petani atas kesempatan untuk mempresentasikan benih padi varietas Inpari 40, varietas Biopatenggang, benih cabai varietas Carvi Agrihorti dan Rumput Gajah dari Varietas Biograss yang merupakan hasil penelitian bioteknologi di BB Biogen.

Harapannya, lanjut Mastur, dapat dikembangkan oleh petani dan menghasilkan hasil panen yang lebih tinggi dan tentunya meningkatkan profitabilitas bagi petani itu sendiri. Kami sangat senang jika hasil produk penelitian kami dapat bermanfaat bagi petani sehingga dampak yang dirasakan dapat dibagikan.

Di tempat yang sama, Syaiful Haris, Penyuluh Pertanian Regional IV Kabupaten Bogor mengatakan, kegiatan Forum Diskusi IPB banyak membantu untuk memenuhi kebutuhan dan mengatasi permasalahan pertanian di masyarakat.

“Semoga kegiatan ini terus berlanjut agar permasalahan petani bisa diselesaikan bersama, sehingga kesejahteraan petani bisa tercapai,” ujarnya.

Dan Hasan Nawangga selaku ketua Kelompok Tani Wiguna Tanimuti sekaligus pemilik Wiguna Farm dan Duta Petani Milenial Bogor menambahkan kegiatan tersebut untuk meningkatkan motivasi petani dan mendapatkan pengetahuan baru serta memberikan benih unggul yang sangat bermanfaat bagi petani.

“Saya mengajak milenial untuk terlibat dalam bertani karena kalau bukan kita sebagai pengikut bertani, siapa lagi? Potensi di bidang pertanian sangat menjanjikan dan menguntungkan sehingga ketahanan pangan dapat terwujud,” pungkasnya.=ROY

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button