Fort de Kock, benteng peninggalan Belanda di Bukittinggi - WisataHits
wisatahits

Fort de Kock, benteng peninggalan Belanda di Bukittinggi

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 09.30-17.30 Alamat: Jl.Yos Sudarso, Benteng PS. Atas, Lingkungan. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat; Kasus: Cek lokasi

Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata bangunan bersejarah yang unik dan menarik untuk dikunjungi dan dipelajari sejarahnya. Salah satunya adalah Fort de Kock di kota Bukittinggi. Benteng ini merupakan salah satu bangunan peninggalan Belanda di Sumatera Barat. Benteng ini kini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang paling banyak dikunjungi.

Awalnya benteng ini bernama Sterreschans yang berarti benteng pelindung, kemudian diubah menjadi Fort de Kock sesuai dengan nama Baron Hendrick Merkus de Kock yang pada saat itu menjabat sebagai Panglima De Roepoen dan wakil gubernur jenderal pemerintahan. dari Hindia Belanda. Benteng, dibangun pada tahun 1825, berfungsi sebagai benteng melawan musuh.

Benteng bersejarah ini dirancang oleh Kapten Beaur dengan ketinggian 20 meter, memiliki warna putih dan hijau, ditambah meriam kecil di setiap sudutnya. Sejak dibangun, benteng ini mengalami renovasi pada tahun 2002 dan berubah nama menjadi Taman Burung Tropis dan Taman Kota Bukittinggi.

Atraksi Fort de Kock

Restoran di dekat Fort de KockKredit gambar: Google Maps Hendra Soenarko

Apa daya tarik objek wisata ini? Tentunya setiap objek wisata memiliki daya tarik tersendiri. Dan berikut beberapa ulasan yang bisa menjadi alasan untuk mengunjungi tempat wisata ini.

1. Pelajari tentang ceritanya

Di sini, pengunjung dapat berwisata dan belajar tentang sejarah berdirinya benteng, bukti keserakahan dan kesombongan penjajah. Jika Anda pecinta sejarah Indonesia, tempat ini adalah rekomendasi selanjutnya yang harus Anda kunjungi.

Lihat sendiri keadaan Fort de Kock dan rasakan perjuangan pahlawan kita Imam Bonjol melawan penjajah. Jadi selain wisata, disini juga akan menambah wawasan pengunjung.

2. Lakukan banyak perjalanan

Di sana, pengunjung akan disuguhkan berbagai wahana menarik. Seperti Playgrond yang diperuntukan untuk anak kecil dan sepeda suspensi yang menguji adrenalin pengunjung.

Sambil mengendarai sepeda gantung, pengunjung dapat melihat luasnya alam yang ditampilkan untuk dilihat semua orang. Jadi, tentunya sangat menarik untuk datang ke sini dan menikmati berbagai wahana yang tersedia.

3. Suasana alami, sejuk dan asri

Atraksi Fort de KockKredit Gambar: Google Maps di Sepeda BMW

Selama berkunjung, pengunjung akan disuguhkan dengan suasana yang asri dan segar. Ditemani pemandangan indah Ngarai Sianok, Gunung Singgalang, Gunung Pasaman dan kota Bukittinggi dari Jembatan Limpapeh.

4. Dekat dengan tempat wisata lainnya

Keberadaan Benteng Fort de Kock yang terletak strategis di kawasan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan atau sering disebut dengan Kebun Binatang Bukittinggi memberikan banyak pilihan hiburan bagi pengunjung. Benteng ini dekat dengan Museum Adat Baanjuang dan Kebun Binatang Bukittinggi.

Tidak hanya itu, banyak juga item foto instagrammable di sini untuk kaum milenial, posisi yang strategis ini memudahkan pengunjung untuk mengunjungi objek wisata ini. Anda bahkan bisa berkeliling dengan berjalan kaki, sambil menikmati pemandangan dan suasana alamnya.

Alamat dan rute menuju lokasi Fort de Kock

Alamat Fort de Kock FortKredit gambar: Google Maps Tiza Nasution

Jika Anda ingin mengunjungi Benteng Kock, Anda bisa datang ke Bukittinggi, Sumatera Barat. Lokasi tepatnya di Jl.Yos Sudarso. Untuk menuju tempat wisata ini juga cukup mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dan bus atau angkutan umum.

Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi bisa menyewa dari lokasi rental yang tersebar di sekitar kawasan Bukittinggi, dengan harga yang terjangkau dan dengan sopir yang ramah. Untuk transportasi bus, perjalanan Anda bisa dimulai dari SMAN 3 Bukittinggi, naik bus menuju Pasar Bawah – Simpang Aur. Kemudian Anda akan melewati hingga 7 halte sebelum turun di RSUD Dr. Ahmad Mochtar.

Kemudian Anda bisa berjalan hingga 200 meter dan kemudian Anda akan menemukan titik dari objek wisata ini. Perkiraan biaya bus antara 4-6000 rupee dan memakan waktu sekitar 32 menit untuk sampai ke titik lokasi. Cukup terjangkau dan tidak sulit untuk diakses.

Harga tiket masuk Fort de Kock

Harga Tiket Kock FortKredit gambar: Google Maps Umi Muniroh

Untuk dapat menikmati wisata di benteng ini, wisatawan harus membayar tiket masuk. Untuk anak-anak tiket masuknya Rp 10.000, untuk dewasa Rp 15.000 dan untuk turis asing Rp 20.000. Harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan bagi Anda yang membawa kendaraan.

Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu, terutama selama musim liburan. Selain untuk traveling ternyata area taman bisa disewa untuk acara-acara penting dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar 2 jutaan. Jam buka objek wisata ini mulai dari pukul 09:30 hingga 17:30 dan lebih tepatnya pada hari Jumat.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Fort de Kock Fort

Aktivitas Fort de KockKredit Gambar: Facebook Jelajahi Indonesia

1. Menunggang kuda dan gajah

Hal lain yang bisa dinikmati adalah menunggang kuda dan menunggang gajah. Kuda dan gajah yang tampak terawat bisa menemani pengunjung di taman sekitar benteng.

Jalan-jalan ini hanya tersedia untuk anak-anak yang akan didampingi langsung oleh pemandu khusus. Jadi, tidak perlu takut karena sudah ada pemandu yang siap menemani Anda. Untuk menikmati jalan-jalan tersebut tentunya Anda harus menyiapkan budget sendiri.

2. Piknik keluarga

Fort de Kock terkenal dengan udaranya yang segar dan memiliki banyak ojek wisata yang bisa menghilangkan penat. Suasana yang teduh cocok untuk pengunjung yang ingin piknik keluarga. Tak jarang pengunjung datang ke wisata bersejarah ini berbekal permadani sebagai tempat duduk.

Selain bisa menikmati suasana alam yang sejuk dan bercengkrama bersama keluarga, pengunjung bisa mendengar kicauan burung. Terdapat arena bermain yang bisa menjadi hiburan tersendiri bagi anak-anak. Di dalam taman bermain terdapat istana yang berisi perosotan, jungkat-jungkit dan jungkat-jungkit yang siap dinikmati oleh anak-anak.

3. Museum Rumah Adat Baanjuang

Setelah puas melihat berbagai jenis satwa, pengunjung bisa mengunjungi Museum Rumah Adat Baanjuang. Sebuah bangunan rumah adat yang memiliki anjuan kiri dan kanan, bergaya Rumah Gadang Bagonjong Gajag Maharam.

Pembuatan museum ini bertujuan untuk melestarikan peninggalan sejarah dan budaya Minangkabau. Di dalam museum, pengunjung bisa menyewa gaun pengantin Minang di pelaminan. Ada beberapa koleksi seperti hewan yang diawetkan, numismatik, kelompok etnografi, dll.

4. Ambil foto Ria

Hal yang satu ini, seolah tak bisa dilupakan oleh semua orang, untuk mengabadikan momen lucu agar tetap berkesan. Pengunjung dapat mengambil foto pemandangan yang indah dan luas.

Karena banyak sekali spot foto yang unik dan instagramable. Dengan demikian, pengunjung yang mencari spot foto menarik tidak perlu khawatir.

5. Kunjungi Taman Burung Tropis

Aktivitas Lain Fort de KockKredit gambar: Google Maps Cahyo Wiwoho

Saat memasuki area benteng, pengunjung akan disambut oleh berbagai jenis burung yang dikandangkan dalam sangkar besar. Beberapa jenis burung yang terdapat di sana, yaitu burung beo, burung beo dan burung jalak, bisa dinikmati.

Kicauan burung akan menambah suasana alam saat Anda memasuki area benteng. Berbagai burung juga terlihat rapi, baik dalam makanannya maupun dalam kebersihan kandangnya. Jadi tidak menarik untuk dijadikan sebagai kunjungan keluarga ya?

6. Kunjungi kebun binatang

Letak Benteng Fort de Kock juga selalu sejajar dengan beberapa tempat wisata lainnya. Dari Benteng, pengunjung dapat menggunakan akses jembatan gantung Limapeh sebagai akses ke kebun binatang dan rumah adat.

Kebun Binatang Bukittinggi adalah kebun binatang tertua di Indonesia. Beberapa koleksi hewan yang ada di pulau sumatera terlengkap. Mengunjunginya menawarkan pengetahuan, nilai sejarah dan pemandangan Bukittinggi yang indah.

7. Wahana Sepeda Gantung

Untuk memanjakan wisatawan yang datang serta untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas wisata, Pemerintah Kota Bukittinggi di Sumatera Barat menambah wahana baru yaitu sepeda gantung yang sedikit memacu adrenalin.

Sepeda gantung yang melintasi taman menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya. Tidak perlu khawatir mencoba wahana ini karena faktor keamanan tetap menjadi prioritas utama dan peralatan lengkap khusus telah disediakan untuk menjaga keamanan pengunjung.

Fasilitas yang tersedia di Fort de Kock Fort

Restoran di dekat Fort de KockKredit gambar: Google Maps Hendra Soenarko

Selain beberapa atraksi unggulan, beberapa fasilitas sudah tersedia bagi pengunjung. Diantaranya adalah kursi taman yang nyaman untuk merasakan udara segar. Dan jangan lupa untuk menikmati masakan khas dan berbagai jenis gastronomi yang berada tidak jauh dari lokasi benteng.

Sebuah mushola juga disediakan untuk ibadah umat Islam. Dan ada toko oleh-oleh yang menawarkan berbagai jajanan dan oleh-oleh sebagai oleh-oleh yang bisa dijadikan oleh-oleh. Jadi, sebelum Anda pulang, Anda bisa membawa oleh-oleh untuk keluarga Anda di rumah.

Nah, itulah sedikit foto Fort de Kock di Bukittinggi, benteng menarik yang wajib dieksplor pesonanya. Dan abadikan momen spesial saat mengunjungi tempat ini. Yuk, langsung saja masuk ke daftar destinasi wisata di kota Bukittinggi. Selamat menikmati liburan yang ditunggu-tunggu.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button