Formulasi pariwisata berkelanjutan dirumuskan - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Formulasi pariwisata berkelanjutan dirumuskan – ANTARA News Yogyakarta

Makassar (ANTARA) – Dinas Pariwisata Kota Makassar, Sulawesi Selatan merumuskan formulasi pariwisata berkelanjutan untuk merevitalisasi sektor pariwisata di masa pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi COVID-19.

“Posting F8 Makassar menunjukkan bahwa pariwisata Makassar sangat penting,” kata Mohammad Roem, Kepala Dinas Pariwisata Makassar, saat diskusi bertema Makassar Tourism Talks “Menjadi lebih kuat melalui pariwisata berkelanjutan‘ yang diselenggarakan Bisnis Indonesia di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

Menurutnya, suksesnya penyelenggaraan Makassar International Eight Festival and Forum (Makassar F8) merupakan bagian dari strategi dan upaya pemerintah untuk menggalakkan revitalisasi pariwisata.

Berbagai formulasi saat ini sedang dirumuskan untuk menciptakan pariwisata berkelanjutan tidak hanya di momen F8, tetapi juga dalam kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya.

Selain itu, sektor pariwisata ini merupakan penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang kuat di Kota Makassar sebesar 22 persen. Pada 2021, kata Roem, PAD Makassar mencapai Rp 932 miliar. Restoran merupakan subsektor pariwisata yang memberikan kontribusi PAD terbesar dari pariwisata, disusul hotel dan sarana hiburan.

“Jadi kita perlu bekerja sama merumuskan hal-hal yang berbeda untuk mendongkrak pariwisata dan membangun ekonomi masyarakat yang lebih kuat acara akan dilaksanakan setelah F8,” tegas Roem.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dalam sambutannya mengatakan salah satu warisan wisata leluhur di Makassar adalah makanan yang enak.

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button