Forkompimda Kabupaten Bogor melakukan operasi bersih-bersih di Situ Pemda - WisataHits
Jawa Barat

Forkompimda Kabupaten Bogor melakukan operasi bersih-bersih di Situ Pemda

Cibinong, Kabupaten Bogor (ANTARA) — Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melakukan operasi bersih bertajuk “Forkopimda Peduli Alam” di Situ Pemda, Cibinong, Bogor, Sabtu.

“Ini bagian dari kepedulian kami terhadap lingkungan. Ini berguna bagi kami untuk menjaga ketersediaan air saat musim kemarau dan mencegah banjir saat musim hujan,” kata Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto usai bersih-bersih.

Ia yang juga melibatkan berbagai aparat dalam aksi tersebut mengajak masyarakat untuk ikut menjaga danau yang menjadi salah satu ikon daerah berjuluk “negeri orang beriman”.

“Kami telah membersihkan bersama selama beberapa hari terakhir. Terima kasih kepada para pekerja dari berbagai elemen yang telah ambil bagian, dari unsur pemerintah, dari kepolisian, pramuka, jajaran DPRD dan semua pihak,” ujarnya.

Baca Juga: Ketua DPRD Bogor Prihatin Pencemaran Sungai Cikaniki Dan Situ Citontut

Ia ingin pemerintah Kabupaten Bogor segera memanfaatkan belasan danau yang ada di Kabupaten Bogor sebagai tujuan wisata yang murah dan ramah.

Menurutnya, Situ Pemda yang terletak persis di belakang kantor DPRD Kabupaten Bogor ini dibuka untuk umum dari kantornya setiap akhir pekan untuk rekreasi.

“Kantor DPRD Kabupaten Bogor persis di sebelah Taman Situ Plaza Cibinong dan Situ Pemda di belakang. Saya ingin terlihat bersih. Kalau bisa kita diskusikan bersama dengan budget rutin untuk maintenance. Saya juga berharap kantor DPRD ini terbuka untuk umum, terutama di akhir pekan, sehingga masyarakat bisa ke taman dan ke DPRD yang juga ada tamannya,” ujarnya.

Ke depan, kata Rudy Susmanto, fasilitas di DPRD Kabupaten Bogor akan terus diperlengkapi menjadi kantor dan ruang terbuka bagi masyarakat untuk bertemu dengan keluarganya.

Baca Juga: Bupati Bogor Tugaskan Kepala DLH Baru Perangi Pencemaran di Situ Citongtut

Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanudin yang juga hadir dalam aksi bersih-bersih itu menggunakan jet ski untuk memperluas fasilitas Situ Pemda.

Ia berharap Pemda Situ dapat dimanfaatkan oleh masyarakat olahraga air seperti jet ski, meat boat, kano dan lain-lain.

Situ Pemda yang berada di pinggir Jalan Tegar Beriman sudah cukup lama kondisinya jorok. Sampah dan gulma meningkat dari hari ke hari. Dengan itu, pemandangan dari Taman Situ Plaza Cibinong tidak cantik.

Terakhir, Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor berinisiatif melakukan pembersihan danau bersama DPRD, BPBD, TNI/Polri dan relawan yang dilakukan pekan lalu.

Baca Juga: Menteri KKP Bagikan 100.000 Benih Ikan di Situ Lebak Wangi, Desa Wisata Pamegarsari (Video)

Burhanudin, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, mengatakan, Pemkab Bogor masih mencari cara agar danau itu bisa dimanfaatkan dengan baik ke depannya. Forkopimda Peduli Alam juga merupakan langkah awal pemanfaatan danau di masa mendatang.

“Pemda Situ berada di pusat Pemerintahan Kabupaten Bogor. Situ Plaza Cibinong Park sudah ada tetapi masih terlihat rusak sebelum dibersihkan. Mudah-mudahan kalau sudah bersih orang bisa melihatnya dan kemudian mereka bisa membantu menjaga kebersihannya. ” dia berkata.

Menurutnya, Pemda Situ dan danau lainnya di Kabupaten Bogor perlu dimanfaatkan dengan baik sebagai ekowisata yang dapat dinikmati masyarakat dan perlu direvitalisasi perekonomiannya pascapandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir.

“Pasti akan digunakan. Tapi kita lihat dulu apa yang akan kita lakukan, kita masih mempelajarinya, baik dari resikonya maupun keuntungannya, termasuk infrastruktur pendukungnya seperti parkir dan lain-lain, karena akan banyak pengunjung. Apalagi ini di pusat kota jadi perlu direncanakan dengan matang,” ujar Burhanuddin.

Tidak hanya Ketua DPRD Kabupaten Bogor dan Sekda Kabupaten Bogor yang hadir dalam acara Forkopimda Alam Peduli tersebut, namun juga Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Dandim 0621/Kabupaten Bogor, Lt. Kol (Kav) Gan Gan Rusgandara, Ketua DPKPP Ayat Rochmat Jatnika dan beberapa anggota DPRD Kabupaten Bogor seperti Usep Supratman dan Andi Lesmana.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button