Forest walk, wisata alam dalam suasana hutan yang sejuk di Bandung - WisataHits
wisatahits

Forest walk, wisata alam dalam suasana hutan yang sejuk di Bandung

Forest walk, wisata alam dalam suasana hutan yang sejuk di Bandung

Forest Walk merupakan destinasi wisata yang menyuguhkan pesona alam berupa pemandangan hutan dan taman kota, sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 09.00-16.00 WIB, Alamat: Jl.Tamansari No.90, Buku. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Banyak orang memilih Bandung sebagai tujuan liburan mereka. Tak heran, banyak tempat wisata menarik tersedia di kota ini. Iklim dan kelembutannya, karena terletak di antara pegunungan dan perbukitan, menjadi favorit masyarakat. Salah satu tempat wisata di Bandung yang menarik adalah forest walk.

Sebuah tempat wisata dengan pemandangan hutan yang dilengkapi dengan jalan setapak yang nyaman. Hutan yang terletak di tengah kota Bandung ini merupakan destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan. Tempat ini juga sangat cocok sebagai tempat bersantai bersama teman atau keluarga.

Berada di kawasan yang strategis membuat wisatawan yang ingin mengunjunginya dapat menemukannya dengan mudah. Berlibur di hutan kota bisa menjadi tempat untuk menyejukkan diri dan rehat dari segala rutinitas yang melelahkan. Udara yang segar dan sejuk dapat membuat pikiran jernih kembali.

Atraksi jalan-jalan di hutan

Perjalanan hutanFoto oleh Mohamad Agung Setiawan di Google Maps

Banyak hal menarik yang membuat tempat wisata alam ini banyak diminati masyarakat. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan hutan di tengah kota, namun masih banyak faktor lain yang menjadi daya tarik tersendiri.

✦ Memiliki jalur pejalan kaki hutan terpanjang di Asia Tenggara

Tempat wisata yang identik dengan jalur pendakian di tengah hutan yang dibuat mengelilingi seluruh kawasan hutan ini memang bukan satu-satunya. Beberapa negara Asia Tenggara juga memiliki tempat wisata dengan konsep serupa, misalnya di Malaysia, Thailand, Vietnam dan lain-lain.

Namun ada hal yang membuat tempat wisata Bandung ini menjadi lebih istimewa lagi, tempat wisata berbentuk hutan dengan jalan setapak ini merupakan yang terpanjang dan terbesar di Asia Tenggara. Di luar kawasan hutan mencapai ± 3,8 hektar dan total panjang jalan setapak ± 2,3 km.

Konsep jalan setapak ini juga dibuat unik yaitu berupa jembatan kayu setinggi 2 m di atas tanah. Pembangunan tempat wisata ini diprakarsai oleh Ridwan Kamil yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Tempat wisata di Kota Bandung yang wajib dikunjungi ini karena itu masih tergolong baru.

✦ Suasana hutan yang segar

Daya tarik Forest Walk di Kota Bandung selanjutnya adalah pemandangan alam yang mengelilinginya. Di sekeliling jalur pejalan kaki ditumbuhi berbagai jenis vegetasi yang membuat udara segar. Jadi walaupun hanya jalan-jalan di hutan saja sudah nyaman dan menyenangkan.

Tempat wisata yang indah ini juga aman untuk anak-anak dan orang tua, karena jalan setapak yang tersedia tidak terlalu curam dan memiliki pagar pembatas yang kuat. Bangku juga disediakan di setiap sudut taman, sehingga wisatawan bisa berhenti sejenak sambil menikmati pemandangan hijau yang mengelilinginya.

✦ Lokasi strategis

Tempat wisata unik ini terletak di kawasan strategis. Hal ini tentunya menjadi ciri dan daya tarik tersendiri dari Forest Walk. Dengan letaknya yang berada di kawasan strategis membuat wisatawan tidak akan kesulitan menemukan wisata hutan ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat jalan-jalan di hutanFoto oleh Aam Amiati di Google Maps

Meski merupakan tempat wisata hutan, namun lokasinya berada di tengah Kota Bandung Jawa Barat yaitu di Jalan Tamansari No.74, Lb. Siliwangi. Lokasinya sangat strategis, bahkan wisatawan bisa kesana dengan transportasi umum atau menggunakan BRT Bandung.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum, Anda bisa turun di Tamansari Colon. Setelah itu, untuk menuju tempat tujuan, Anda bisa berjalan ke arah barat menuju Jalan Siliwangi. Waktu yang dibutuhkan untuk berjalan kaki adalah ± 15 menit.

Harga tiket masuk dan jam buka

Tidak ada biaya untuk masuk ke tempat wisata alam ini. Wisatawan cukup membayar biaya parkir, bagi yang membawa kendaraan pribadi yaitu Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan jalan-jalan di hutanFoto Teguh Budi di Google Maps

Selain menikmati suasana hutan dan pemandangan hijau pepohonan, wisatawan juga bisa menikmati berbagai aktivitas lain di sini. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di hutan kota ini antara lain:

1. Latihan

Olahraga adalah kegiatan utama yang bisa dilakukan di sini. Sesuai dengan fungsinya, Forest Walk ini untuk panduan jalan kaki dan jogging. Jalur pejalan kaki ditata di sana demi kenyamanan para wisatawan yang datang. Walaupun hanya berjalan kaki, itu sudah cukup membuat tubuh berkeringat.

Namun karena lingkungan sekitar memiliki pemandangan yang menakjubkan dan udara yang segar tentunya tidak akan membuat badan anda lelah, malah sebaliknya menyenangkan. Sehingga kegiatan olahraga bukanlah hal yang membosankan.

2. Bersantai sambil menikmati pemandangan dan kesegaran alam

Hutan kota ini dirancang untuk meningkatkan kualitas udara kota, karena kualitas udara mulai menurun. Udara di kawasan ini sangat baik, sehingga wisatawan bisa sejenak melepaskan diri dari polusi kendaraan bermotor yang menyesakkan nafas, dengan mengunjungi Forest Walk.

Kesegaran udara dan suasana hutan benar-benar bisa kamu rasakan di sini. Wisatawan bisa menjelajahi setiap sudut kawasan ini untuk menikmati panorama hutan kota. Dengan mengelilingi seluruh kawasan hutan dapat membuat pikiran jernih dan segar kembali. Oleh karena itu sangat cocok sebagai tempat relaksasi dari segala aktivitas yang ada.

3. Berburu foto alam dan hutan

Aktivitas selanjutnya yang banyak dilakukan di sini adalah hunting foto dengan nuansa alam. Pepohonan yang tumbuh di kawasan ini menciptakan suasana alam yang kental sehingga banyak menjadi spot foto yang menarik. Selain itu, hal unik lainnya yang dimiliki adalah adanya jembatan sebagai jalur pejalan kaki yang didesain dengan desain yang unik.

4. Piknik keluarga

Bagi yang sedang mencari tempat piknik keluarga yang murah, tempat wisata alam yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Suasananya yang segar, sejuk dan segar membuat tempat wisata alam ini banyak diminati para wisatawan.

Kawasan ini juga cukup aman untuk semua kalangan, baik manula maupun anak kecil. Bahkan di beberapa tempat sangat cocok sebagai tempat bermain anak-anak.

5. Wisata Kuliner

Kegiatan terakhir yang bisa dilakukan setelah puas berkeliling di sudut-sudut hutan adalah wisatawan bisa mencoba berbagai kuliner. Meski tidak ada menu khusus yang dijual, wisatawan bisa menjumpai beragam jajanan khas Bandung, seperti tahu sumedang, tahu baso, dan batagor.

Menikmati jajanan khas Bandung di tempat yang sejuk dan pemandangan alam yang hijau bisa memberikan kenikmatan tersendiri.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas berjalan di hutanFoto oleh Utami 0309 di Google Maps

Meski terbilang masih baru, fasilitas Forest Walk sudah cukup lengkap. Jadi, wisatawan tidak perlu khawatir saat mengunjungi tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi ini. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

  • Area parkir
  • ruang sholat
  • Kamar mandi
  • warung makan
  • Spot foto yang menarik
  • kursi taman

Tempat wisata alam di Bandung memang banyak, namun Forest Walk memiliki keunikan tersendiri. Bagi yang ingin merasakan sensasi berjalan-jalan di hutan, dengan jalur jalan kaki yang nyaman, tempat wisata yang indah ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Udara segar dan suasana yang sejuk bisa menjadi tempat refreshing.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button