FMIPA UM Pasang Panel Surya di Lembah Dillem Wilis | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media - WisataHits
Jawa Timur

FMIPA UM Pasang Panel Surya di Lembah Dillem Wilis | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Tim dosen dan mahasiswa Fakultas Fisika, Fakultas Matematika dan Sains (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) mempromosikan pariwisata di Science Techno Park (STP) di Dillem Wilis, Desa Dompyong, Bendingan Kecamatan, Kabupaten Trenggalek.

Anda adalah bagian dari tim Program Pengabdian Masyarakat. Program ini bertujuan untuk mempromosikan industri manufaktur dan pariwisata STP. Pelayanan ini dipimpin oleh Dr. Nasikhudin, S.Pd., M.Si dengan anggota Prof.DR.Markus Diantoro, M.Si. dan prof. Arif Nur Afandi, MT, Ph.D.

Mereka didukung oleh dua mahasiswa, yakni Nabila Hari Arimbi dan Adisria Marise Afianti. Kegiatan pengabdian ini dilakukan Sabtu (24/9) lalu. Dr. Nasikhudin, S.Pd., M.Si mengatakan, pengabdian ini dilatarbelakangi oleh adanya camping ground yang tidak memiliki penerangan sama sekali.

Oleh karena itu, salah satu tujuannya adalah untuk menerangi tempat itu dengan cukup. “Selama waktu itu, cukup gelap di halaman kamp. Untuk itulah kami memasang lighting agar pengunjung yang berkemah di malam hari merasa aman dan nyaman. Ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan salah satu tujuan program Science Techno Park,” ujarnya.

Informasi yang diberikan bukan tentang kelistrikan di PLN. Inovasi dilakukan oleh tim ini melalui pemanfaatan energi terbarukan. Penerangan yang digunakan adalah pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Tim memasang panel surya di sana.

Pencahayaan di perkemahan Dillem Wilis tidak hanya hemat energi, tetapi juga hemat. Anggaran bulanan untuk sistem penerangan tidak diperlukan. Nasikhudin berharap program pengabdian ini dapat berjalan lancar dan berkelanjutan serta dapat menjadi langkah awal pencapaian tujuan Sains Techno Park (STP).

Manajer Dillem Wilis Imam mengapresiasi program pengabdian FMIPA UM yang telah membantu menyadarkan situasi gelap gulita di kubu Dillem Wilis. “Kami senang dan tentunya juga untuk wisatawan, karena sekarang sudah ada penerangan yang cukup,” ujarnya. Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan.

Kemudian sambutan dari pimpinan pelaksana pelayanan dan dilanjutkan dengan sambutan dari pengelola Dillem Wilis. Berikutnya adalah pengiriman dan pemasangan PLTS. Beberapa anggota masyarakat dan pengurus Science Techno Park Dillem Wilis turut hadir dalam pemasangan panel surya tersebut. Mereka membantu tim fakultas memasang panel, termasuk dukungan untuk dua set panel surya dengan daya puncak 120 watt. (imm/mar/adv)

Source: malangposcomedia.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button