Floating Market Resmi Dibuka dan Jadi Destinasi Wisata Baru di Kota Semarang - Lentera Today - WisataHits
Jawa Tengah

Floating Market Resmi Dibuka dan Jadi Destinasi Wisata Baru di Kota Semarang – Lentera Today

SEMARANG (Lenteratoday) – Pasar terapung yang biasa terdapat di pulau Kalimantan kini hadir di kota Semarang. Pemerintah Kota Semarang berinisiatif melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata untuk menggelar pasar terapung di Kota Semarang. Lokasi pasar terapung berada di Kawasan Banjir Kanal Barat.

Pada Minggu (14/8/2022) Pasar Terapung Banjir Kanal Barat resmi dibuka. Turut hadir dalam peresmian tersebut Walikota Semarang, Hendrar Prihardi atau biasa disapa Hendi, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Wing Wiyarso.

Sumber dari pasar terapung tidak terlepas dari sejarah kota Semarang yang dikenal sebagai kota laut. Selain itu, acara Pasar Terapung dinilai bermanfaat bagi nelayan, UMKM dan lingkungan. “Semarang adalah kota pesisir, kota pelabuhan. Dulu dikenal sebagai Seestadt. Dengan potensi nelayan yang ada, Pemkot berupaya memanfaatkannya dengan memberikan ruang untuk meningkatkan kembali kesejahteraan mereka,” kata Wing.

“Dari sisi UMKM, kami libatkan mereka untuk bisa menjalankan dan memajukan perdagangan. Ujung-ujungnya kita coba buka destinasi baru di Kota Semarang,” kata Wing.

Pasar Terapung Banjir Kanal Barat dijadwalkan berlangsung setiap hari Minggu. “Seharusnya ini setiap hari Minggu, insya Allah akan ada prosesnya, kita akan amati dan evaluasi apa kekurangannya,” kata Wing.

Hendrar Prihardi alias Hendi selaku Walikota Semarang menilai keberadaan pasar terapung sebagai upaya memajukan pariwisata dengan melibatkan banyak elemen masyarakat.

“Nelayan dilibatkan, ada yang berpenghasilan dari sewa jasa perahu, ada juga yang dimanfaatkan untuk berjualan UMKM, jadi alhamdulillah kita ciptakan ekologi yang baik dengan usaha kita. Kemudian ekonomi UMKM tumbuh dan berkembang,” kata Hendi.

Reaksi warga sekitar atas penerapan pasar terapung ini pun tak kalah antusias.

“Saya sangat senang dengan acara ini, apalagi bisa membeli sayuran dengan perahu,” kata Sri Hartani, salah satu peserta.

Reporter: Azifa Azzahra | Penerbit: Endang Periwati

Source: lenteratoday.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button