Festival Sungai Tasik Baseuh, puluhan perahu menghiasi Sungai Ciwulan - WisataHits
Jawa Barat

Festival Sungai Tasik Baseuh, puluhan perahu menghiasi Sungai Ciwulan

Harapanrakyat.com,- Puluhan perahu menghiasi Sungai Ciwulan, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya sebagai bagian dari Festival Sungai Tasik Baseuh yang digagas oleh Republik Aer Tasikmalaya dan FAJI (Persatuan Arung Jeram Indonesia) Tasikmalaya, Minggu (16/10/2022).

Ratusan peserta sangat menikmati rute arung jeram sepanjang 14 km di Sungai Ciwulan. Pesertanya berasal dari Jakarta, Bandung, Garut dan Ciamis.

“Seru banget, air sungainya luar biasa segar. Semoga sungai ini terus membawa semuanya ke satu arah,” kata Melinda, peserta arung jeram, Minggu (16/10/2022).

“Trek dari awal hingga akhir adalah 14 kilo, sangat menuntut. Pokoknya seru banget dan masih banyak trek menantang lainnya di Alur Sungai Ciwulan,” ujarnya.

Baca juga: Korban penipuan Bodong Arisan di rumah pelaku Tasikmalya Geruduk

Harniawan Obeh, Presiden Republik Aer, menyatakan Festival Sungai Tasik Baseuh ke-7 merupakan program wisata di Kota Tasikmalaya, dengan peserta dari Jakarta, Bandung, Garut dan Ciamis.

“Ada 356 peserta. Dari start sampai finish jarak tempuhnya sekitar 14 km. Start tepatnya di desa Leuwibudah dan berakhir di desa Ciseureuh,” ujarnya.

Sementara itu, Hadian, Kepala Disporabudpar Kota Tasikmalaya, mengatakan Sungai Ciwulan memiliki potensi sebagai destinasi wisata.

“Mengenai kelayakan: Menurut FAJI (Federasi Arung Jeram Indonesia) itu layak. Karena digunakan untuk Kejuaraan Arung Jeram Nasional,” ujarnya.

Pemerintah Kota Tasikmalaya juga mendukung Sungai CIwulan sebagai destinasi wisata air dengan penataan aliran sungai.

“Bentuk dukungan kami adalah desain Sungai Ciwulan, terutama untuk membuat kualitas air lebih jernih. Tapi tergantung masyarakatnya agar tidak membuang sampah ke sungai Ciwulan,” pungkasnya (Apip/R7/HR Editor Online Ndu)

Source: www.harapanrakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button