Festival Layang-Layang Naga menghiasi langit Lamongan - WisataHits
Jawa Timur

Festival Layang-Layang Naga menghiasi langit Lamongan

Festival Layang-Layang Naga menghiasi langit Lamongan

Lamongan (beritajatim.com) – Berbagai kegiatan unik dan menarik digelar di Kabupaten Lamongan dalam rangka memperingati HUT RI ke-77. Festival layang-layang juga digelar kali ini dan tak kalah meriahnya dengan festival tradisional dayung perahu.

Festival layang-layang ini digelar pada Sabtu (27/8/2032) di Lapangan Centong, Desa Laren, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan. Tentunya festival ini juga diikuti oleh peserta yang berasal dari daerah seantero kediaman Bojonegoro.

Selain peserta, juri juga merupakan juri independen dari berbagai daerah.

Berdasarkan pantauan beritajatim.com, layang-layang naga dengan berbagai corak dan warna tampak menghiasi langit di sekitarnya. Sehingga warga yang menyaksikan begitu terhibur dan mengabadikan momen tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi yang ditunjuk untuk membuka festival tersebut mengatakan, pihaknya sangat senang dan terhibur. Karena itu, ia berharap festival ini bisa menjadi program tahunan yang diadakan di Lamongan.

“Alhamdulillah hari ini benar-benar luar biasa, lomba atau kejuaraan layang-layang seperti bekas kediaman Bojonegoro. Pesertanya berasal dari berbagai daerah, dan jurinya juga independen secara regional. Untuk itu saya ucapkan selamat datang di Kabupaten Lamongan,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Yuhronur menilai melalui festival layang-layang ini dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Lamongan ke depan.

“Semoga ini menjadi acara yang sangat sukses dan menjadi program tahunan sekaligus wahana bagi para penggemar layang-layang dari bekas kediaman Bojonegoro bahkan Jawa Timur,” harap Pak Yes.

Selanjutnya berdasarkan data yang dihimpun panitia, layang-layang yang dilombakan dalam festival ini hanya untuk yang berbentuk layang-layang. Meski begitu, para peserta yang mengikuti festival ini memiliki naga layang-layang yang unik dan memiliki karakter tersendiri.

Layang-layang naga merupakan layang-layang yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat umum. Pasalnya, layang-layang jenis ini memiliki keindahan dan distorsi yang menarik perhatian saat diterbangkan dan ditiup angin.

Layang-layang ini tidak bisa dikendalikan oleh satu orang saja untuk proses terbangnya. Namun, untuk memastikan layang-layang tidak tersangkut dan dapat terbang lebih tinggi, diperlukan tenaga kerja yang lebih banyak.

Padahal, karena ukurannya yang relatif besar serta komposisi kepala dan ekornya, layang-layang jenis ini umumnya lebih sulit dan sulit diterbangkan dibandingkan dengan jenis layang-layang lainnya.

Bagi para pecinta, bermain layang-layang memiliki filosofi dan makna yang dalam. Teknik tarik tambang naga ini mengajarkan pentingnya seseorang yang pada dasarnya memegang kendali untuk menentukan arah hidup mereka.

Maka layang-layang yang membumbung tinggi ini merupakan cerminan dari pencapaian cita-cita yang tinggi. Semakin tinggi layang-layang terbang, semakin kuat angin yang bertiup, yang memperjelas bahwa seseorang yang ingin sukses juga harus tahan uji dan tantangan.

Belajar dari filosofi menerbangkan layang-layang ini mengajak seseorang untuk menguasai diri dengan baik, menjunjung tinggi prinsip-prinsip hidup seperti: B. Mentaati perintah agama dan selalu mengingat kebesaran Tuhan. [riq/beq]

Source: beritajatim.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button