Festival Dawuhan Senopati Desa Sumber Mudal Pacalan, Kecamatan Poncol - WisataHits
Jawa Timur

Festival Dawuhan Senopati Desa Sumber Mudal Pacalan, Kecamatan Poncol

MAGETAN, BIDIKNASIONAL.com – Pemerintah Desa Pacalan, Kecamatan Plaosanl, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur menjadi tuan rumah Festival Dawuhan Senopati di Sumber Mudal, dihadiri oleh Joko Triono, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadin), Kecamatan Yudo Plaosan, tokoh agama dan tokoh masyarakat pada Minggu (28/8).

Yudo Camat Plaosan mengatakan bupati tidak bisa hadir dalam festival Dawuan ini, namun beliau menyampaikan terima kasih atas kegiatan pemerintah desa (Pemdes) yang penuh inovasi dan kreativitas, yang mengusulkan desa Pacalan sebagai desa wisata, dan Alhamdulillah pemandu wisata dari kantor pariwisata. Selain itu, pada hari ini, seluruh pemerintah desa dan masyarakat bahu-membahu menggelar Festival Budaya Dawuhan Senopati di Sumber Mudal.

“Wisata Pacalan bisa menjadi penyangga wisata di masa depan, juga tidak semua desa memiliki sumber air berlimpah yang berasal dari orang tua sebelumnya sekitar 100 tahun yang lalu.

Sumber mudal merupakan sumber air yang keluar dari dalam tanah berlubang, sehingga akhirnya dinamakan sebagai sumber irigasi dan seterusnya sebagai sumber mudal, selain masyarakat Desa Pacalan dan 8 desa di Magetan,” kata Yuda.

Menurut Wali Kota Plaosan, peresmian ditandai dengan pemukulan gong dan siraman air dari Kepala Desa Pacalan, Agus.

Pernyataan singkat Agus selaku Kepala Desa Pacalan Sumber Madul merupakan anugerah bagi masyarakat Pacalan, apalagi air yang keluar dari mata air tersebut merupakan yang terbesar di Magetan. Dimana, selain untuk pertanian lokal, sumber air ini juga dapat mengairi lahan pertanian di desa Sambirobyong, Kalang, Campursari, dll, termasuk yang dikelola oleh PDAM Magetan, yang mencakup kebutuhan air minum di 17 desa.

“Tapi untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan langsung ke PDAM,” kata Agus.

Laporan: Ashar

Penerbit : Budi Santoso

Lanjut membaca

Source: bidiknasional.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button