Festival Budaya Sejuta Rawa merupakan ajang promosi Kesenian Kabupaten Mappi - WisataHits
Jawa Timur

Festival Budaya Sejuta Rawa merupakan ajang promosi Kesenian Kabupaten Mappi

Plt Bupati Mappi Provinsi Papua Selatan Michael Rooney Gomar mengatakan Festival Budaya Sejuta Rawa yang mempertemukan enam suku besar di daerah itu, merupakan ajang untuk menampilkan keragaman seni dan budaya Kabupaten Mappi di pentas dunia.

“Indonesia memiliki kekayaan tradisi budaya dan kesenian yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, namun Kabupaten Mappi memiliki keunikan budaya yang tidak dimiliki oleh daerah atau negara lain, sehingga seni dan budaya Mappi harus terus digalakkan secara maksimal,” ujarnya dalam sebuah kesempatan. siaran pers yang diterima Antara Selasa di Jayapura.

Menurut Gomar, Papua adalah miniatur Indonesia karena semua suku baik di Papua maupun di Kabupaten Mappi, selain enam suku asli yang ada di wilayah itu, ada suku-suku Indonesia yang hidup rukun dan bersatu bahu membahu mewujudkan Mappi untuk membangun. di masa depan.

Ia menjelaskan Festival Budaya Sejuta Rawa akan menjadi program rutin yang digelar setiap tahun untuk menarik minat wisatawan domestik dan mancanegara sehingga Mappi bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang harus dikunjungi di Papua.

Baca Juga: Boy William Blak-blakan Ungkap Tipe Wanita Idaman, Benarkah Ayu Ting Ting?

“Sehingga ini akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi di Mappi dengan berkembangnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta usaha yang dijalankan oleh ibu-ibu asli Papua,” ujarnya.

Ditambahkannya, festival tersebut bertujuan untuk menjadi ajang seleksi dan kreasi media bagi generasi muda dan seniman di Kabupaten Mappi untuk berkompetisi di luar negeri.

“Festival ini merupakan cara kami mengajak generasi muda untuk memupuk dan melestarikan serta mengembangkan adat budaya sebagai potensi kekayaan Mappi,” ujarnya lagi.

Festival Budaya Sejuta Rawa merupakan gagasan dari Bupati Mappi incumbent Michael Rooney Gomar, di mana festival akan berlangsung dari tanggal 5 hingga 7 Desember 2022.

Enam suku utama dari Kabupaten Mappi yang mengikuti festival tersebut adalah suku Yaqhai, Awyu, Koroway, Wiyagar, Asmat dan Tamario yang menampilkan kekayaan budayanya berupa tarian perahu, ukiran, noken, atraksi dan tarian suku seakan mendemonstrasikan.

Baca juga: Jokowi Kunjungi Cianjur Cek Rekontruksi dan Penyaluran Dana Bantuan

Pembukaan Festival Budaya Sejuta Rawa dibuka oleh Plt Bupati Mappi Michael R. Gomar pada 5 Desember 2022 yang digelar di Muara Wimawan dan pemandian Soba.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button