Fasilitas Wisata Waduk Cacaban Resmi Dibuka Dengan Tampilan Baru – Sekretariat Daerah - WisataHits
Jawa Tengah

Fasilitas Wisata Waduk Cacaban Resmi Dibuka Dengan Tampilan Baru – Sekretariat Daerah

Kedungbanteng – Setelah ditutup pada pertengahan Oktober 2020, objek wisata Waduk Cacaban yang berpenampilan baru kini resmi dibuka untuk umum. Soft start atau pembukaan perdana destinasi wisata ini dilakukan Bupati Tegal Umi Azizah di Pendopo Cacaban, Rabu (26/10/2022).

Menurut Umi, kesempatan menikmati wisata air Waduk Cacaban sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat dan wisatawan karena Cacaban merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Tegal setelah Pantai Guci dan Purwahamba Indah.

Cacaban yang menawarkan pemandangan bentang alam indah berupa hamparan air dengan latar perbukitan dan pulau-pulau kecil di tengahnya telah ditutup selama dua tahun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Atas nama Pemkot dan Pemerintah Tegal, saya mengucapkan terima kasih kepada Dinas PUPR, Dirjen Sumber Daya Air, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana yang telah memungkinkan proyek rehabilitasi Waduk Cacaban ini,” kata umi.

Selain itu, kata Umi, proyek rehabilitasi Bendungan Cacaban sangat menguntungkan dan membawa berkah dan manfaat bagi masyarakat petani dan pelaku industri pariwisata, terutama warga sekitar waduk yang mencari nafkah dan dari keberadaan Bendungan Cacaban yang menggantungkan hidupnya. .

Bupati Tegal Umi Azizah saat menaiki perahu di sekitar Waduk Cacaban usai meresmikan peresmian objek wisata ini untuk umum, Rabu (26/10/2022).

Umi juga meminta Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tegal yang dikontrak oleh BBWS Pemali Juana untuk mengelola tempat wisata dermaga ini agar bisa mengelolanya dengan baik bersama pelaku usaha lainnya.

“Jaga kebersihannya, segera lakukan perbaikan jika ada bangunan fisik atau jaringan yang rusak. Jangan menunggu banyak kerusakan sebelum diperbaiki. Karena dari pengalaman masa lalu, membangun jauh lebih mudah daripada memelihara,” ujarnya.

Di sini, Umi juga mengajak asosiasi, pelaku usaha kuliner, jasa angkutan kapal dan komponen pelaku usaha lainnya untuk ikut serta dalam pemeliharaan dan pemeliharaan aset yang telah mahal dibangun pemerintah.

Tak kurang dari Rp 40 miliar anggaran pemerintah digelontorkan untuk mendanai pekerjaan rehabilitasi bendungan Cacaban. Dana tersebut, kata Umi, berasal dari pinjaman Bank Dunia. Oleh karena itu, ia berharap produktivitas dan profitabilitas masyarakat akan meningkat seiring dengan revitalisasi kawasan waduk Cacaban.

Selain itu, Umi juga mengingatkan agar unsur pelaku wisata di Waduk Cacaban dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan.

“Buatlah sapaan, sapaan dan senyuman ramah. Juga, tidak ada yang boleh menjual makanan dan minuman dengan harga yang tidak wajar. Pasang price list agar calon konsumen bisa dengan mudah berkonsultasi,” pesannya.

Kepala Disporapar Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni yang ditemui di tempat yang sama menjelaskan, pihaknya sebelumnya telah diberi amanah untuk mengelola sementara Kawasan Dermaga Waduk Cacaban dari BBWS Pemali Juana di Semarang, Rabu (19/10/2022).

Selain pemotongan tumpeng sebagai tanda terima kasih atas dibukanya objek wisata ini, juga dilakukan penaburan 2.400 benih ikan nila di Waduk Cacaban. Fasilitas objek wisata Waduk Cacaban yang dapat diakses wisatawan adalah upper view, aula, food court dengan 47 kios, mushola, taman bermain, dermaga apung, jogging track, pendopo, wisata hutan dan wisata perahu.

Untuk menikmati keindahan alam Waduk Cacaban, pengunjung hanya perlu membayar Rp 4.000 untuk masuk pada hari biasa dan Rp 5.000 pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional lainnya. Sedangkan pengunjung dikenakan biaya Rp 15.000 per orang untuk wisata perahu. (PE/jam)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button