Fakta Unik Kota Magetan: Pincuk Pecel Hingga Replika Dinosaurus di Ujung Barat Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Fakta Unik Kota Magetan: Pincuk Pecel Hingga Replika Dinosaurus di Ujung Barat Jawa Timur

TEMPO.CO, jakarta -Kabupaten Magetan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang berpusat di Kota Magetan. Kabupaten ini memiliki beragam tempat wisata yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Fakta Menarik

Tentu bukan hanya itu yang menarik dari Kota Magetan. Berikut beberapa fakta menarik tentang kota Magetan yang belum banyak diketahui orang.

Dilaporkan oleh p2k.unkris.ac.id, adalah salah satu julukan Kota Magetan Indahnya Jawa yang muncul karena Magetan terkenal dengan wisata alamnya yang indah, suhu yang sejuk dan panorama alam yang memanjakan mata. Tempat wisata alam di Magetan antara lain Telaga Sarangan, Telaga Wahyu dan Gunung Lawu.

p2k.unkris.ac.id, Dijelaskan pula bahwa julukan lain yang dimiliki Kota Magetan adalah Kota Kaki Pegunungan. Hal ini dikarenakan letak geografisnya yang berada di kaki gunung dan lereng Gunung Lawu, salah satu gunung favorit para pendaki di Indonesia.

Kota Magetan seakan tak henti-hentinya menarik wisatawan. Tidak hanya Gunung Lawu yang menjadi daya tarik bagi pecinta alam di Indonesia, salah satu pemilik warung di Gunung Lawu juga menjadi intrik. Dikutip dari travelin.business.comMbok Yem adalah seorang pemilik toko yang sudah lebih dari 25 tahun berada di puncak Gunung Lawu.

Di puncak Gunung Lawu, Mbok Yem hanya turun gunung setahun sekali, saat lebaran, untuk mengunjungi keluarganya di kaki Magetan. Mbok Yem akhirnya menjadi legenda hidup bagi para pendaki karena ia seperti penyelamat bagi para pendaki dengan menawarkan makanan dan minuman lainnya dengan harga murah.

Seperti daerah lainnya, Kota Magetan juga memiliki makanan khas yaitu roti bolu, tepo, pecel pincuk, sate kelinci, dan ayam panggang gandu. Dilaporkan oleh javatimuran.disperpusip.jatimprov.go.id, Ayam bakar Gandu yang paling terkenal adalah ayam bakar Bu Setu.

Warung ayam rotisserie ini terletak sekitar 2 kilometer sebelah utara Pabrik Gula Kota Magetan. Menu yang ditawarkan juga beragam, yaitu Ayam Bakar Urap, Ayam Bakar Botok Pelas, Ayam Bakar Sambal, Ayam Bakar Rujak Bumbu, Ayam Bakar Lodho dan lain-lain.

kutipan mojosemi-forest-park.business.site, Taman Hutan Raya Mojosemi adalah tempat wisata dengan banyak koleksi replika dinosaurus. Lokasi tempat ini di Sarangan, Cemorosewu Km 5, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan dinilai cukup strategis karena tidak terlalu jauh dari pusat kota Magetan dan bersebelahan dengan jalan raya Magetan-Karanganyar.

Wisata ini unik untuk Magetan karena ini adalah pertama kalinya ada wisata buatan yang mengambil tema dinosaurus dengan berbagai pertunjukan yang disajikan.

MUHAMMAD SAIFULLOH
Baca Juga: Batu Hancurkan Turis, Air Terjun Tirtosari Magetan Ditutup Sementara.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button