Fakta menarik Kampung Pitu, kampung misterius yang hanya dihuni 7 keluarga di Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Fakta menarik Kampung Pitu, kampung misterius yang hanya dihuni 7 keluarga di Yogyakarta

JAKARTA, iNewsCirebon.id – Fdokumen menarik dari Kampung Pitu, kampung misterius di Yogyakarta yang hanya dihuni oleh 7 keluarga. Kampung Pitu yang hanya dihuni oleh 7 keluarga di Yogyakarta ini memiliki banyak kampung unik dan misterius yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Kampung Pitu, kampung misterius yang hanya bisa dihuni oleh 7 keluarga ini tak henti-hentinya menggugah rasa penasaran. Desa di Yogyakarta ini selain terkenal dengan wisata alamnya yang menarik juga memiliki budaya leluhur yang unik.

Salah satunya adalah desa atau kampung yang memiliki sejarah mistis namun menyimpan sejuta pesona di baliknya. Kampung bernama Kampung Pitu ini terletak di puncak gunung api purba sisi timur salah satu gunung terkenal di Yogyakarta yang terletak di Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, DIY.

Lantas apa saja keunikan dan misteri yang ada di Kampung Pitu? Dikutip dari Okezone.com, Sabtu (26/11/2022) berikut fakta menarik Kampung Pitu, kampung misterius yang hanya dihuni 7 keluarga di Yogyakarta.

Perlu diketahui tentang Kampung Pitu:

1. Hanya ditempati oleh 7 kepala keluarga

Nama Kampung Pitu menggambarkan isi kampung ini sendiri yang hanya dihuni oleh 7 Kepala Keluarga (KK). Aturan ini sudah ada sejak zaman dahulu dan dipertahankan dari generasi ke generasi.

Percaya atau tidak, menurut mitos populer, jika aturan ini dilanggar atau jika sebuah rumah ditempati lebih dari 7 orang, salah satunya bisa mati.

Bahkan, suatu hari disebutkan ada orang dari luar Kampung Pitu yang tiba-tiba meninggal karena ingin menetap di Kampung Pitu.

Seiring berjalannya waktu keturunan Mbah Iro Dikromo bertambah namun peraturan harus membiarkan 7 keluarga tinggal di Kampung Pitu. Jika ada anak cucu yang kemudian berkeluarga, mereka harus tinggal di daerah lain.

Jika aturan ini dilanggar, warga Kampung Pitu yakin nyawa bisa jadi taruhannya. Misalnya, ada keluarga yang mungkin sedang sakit dan sering bertengkar dengan tetangga sehingga membuat penghuni tidak nyaman dan ingin pindah. Dan yang mengerikan, salah satu anggota keluarga di Kampung Pitu bisa tiba-tiba meninggal.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button