Expo Produk Dalam Negeri Bangkitkan UMKM dan Pariwisata - WisataHits
Jawa Timur

Expo Produk Dalam Negeri Bangkitkan UMKM dan Pariwisata

Expo Produk Dalam Negeri Bangkitkan UMKM dan Pariwisata

tanpa judul

Krjogja.com – Yoga – Pameran produk lokal yang dikemas dalam “Domestic Products Expo” digelar pada Jumat (14/10/2022) di Plaza Malioboro. Sekitar 80 UMKM mempresentasikan produk terbaiknya langsung kepada pengunjung. Dalam pameran yang berlangsung selama empat hari sejak Kamis (13/10/2022) hingga Minggu (16/10/2022) itu, diharapkan transaksi penjualan mencapai Rp 100 juta.

Pelaku UMKM yang terlibat dalam pameran ini berasal dari DIY, Jawa Timur, Kendal, Purwkarta, Cilegon, Kutaikartanegara hingga Makassar, Kalimantan dan Aceh. Makanan mendominasi dalam pameran ini, begitu juga dengan kerajinan dekoratif, aksesoris dan jamu.

Disampaikan oleh Event Director PT AIRA Mitra Media, Dwiki Arief Rahman, perekonomian kini perlahan mulai pulih, seiring dengan perlambatan kasus Covid-19 di Tanah Air. Kondisi ini langsung dipenuhi oleh pasar, terbukti dengan banyaknya transaksi yang dilakukan, khususnya bagi para pelaku UMKM.

“Ketika pandemi melanda semua orang jatuh karena semua orang terkena dampaknya. Aksi ini menunjukkan kepada masyarakat bahwa semangat para pelaku UMKM selalu ada,” kata Dwiki di sela-sela pameran.

Ia mengungkapkan, produk lokal sengaja digunakan dengan tujuan untuk mengenalkan kembali karya-karya terbaik anak negeri, khususnya UKM. Ternyata produk dalam negeri tidak kalah dengan barang buatan luar negeri, bahkan lebih bagus.

“Penyelenggaraan pameran ini memiliki misi yang sama, yaitu mempromosikan brand lokal. Ini akan membuat masyarakat sadar akan kualitas produk lokal dan keunggulannya dibandingkan produk luar,” tambahnya.

Dwiki berharap pameran ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan produk lokal di tanah air. Jika hal ini terjadi, UMKM juga akan merasakan akibatnya sekaligus membantu memperkuat perekonomian negara.

Expo Produk Dalam Negeri dibuka langsung oleh Kanjeng Gusti Bendara Raden Ayu (KGBRAy) Paku Alam X. Selain UMKM dengan produk lokalnya, pameran ini juga dijadikan sebagai sarana promosi pariwisata, seperti yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal Jawa Tengah.

Melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Kendal ingin menghadirkan destinasi wisata yang dimiliki dan tidak kalah dengan daerah lain. Acara dirangkai dengan talk show eksplorasi pariwisata di kabupaten dan program-program ke depan.

“Kendal berusaha meningkatkan eksistensi pariwisata yang ada. Dengan melakukan inovasi dan promosi branding pariwisata,” kata Arif Cahyono SE MM, Kepala Bidang Promosi Pariwisata Disporapar Kendal.

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button