Event Mlaku Gasik Dinpar DIY Berusaha mengembangkan wisata olahraga di Gunungkidul - WisataHits
Yogyakarta

Event Mlaku Gasik Dinpar DIY Berusaha mengembangkan wisata olahraga di Gunungkidul

GUNUNG KIDUL—Acara perjalanan bertema Mlaku Gasik yang dikembangkan menjadi bentuk usaha oleh Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY di Gunungkidul wisata olahraga atau wisata olahraga. Acara yang dilaksanakan dari Taman Budaya Gunungkidul hingga Pantai Kukup pada Sabtu (12/3/2022) itu diikuti ratusan peserta.

Para peserta kegiatan wisata olahraga sepanjang 25 kilometer ini diakhiri dengan bakti sosial dengan membersihkan pantai Kukup. Dinpar DIY menyelenggarakan kegiatan tersebut untuk lebih mempromosikan potensi wisata di Gunungkidul yang dapat dikembangkan menjadi wisata olahraga.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Kurniawan mengatakan, Gunungkidul memiliki potensi wisata olahraga yang besar. “wisata olahraga Hal ini dapat dikembangkan tidak hanya di kota Jogja tetapi juga di Gunungkidul karena potensi wisata alamnya wisata olahraga”, ujarnya, Minggu (12/4/2022).

Wisata olahraga di DIY, kata Wawan, berkembang di Jogja dan dikembangkan di kabupaten lain.

Mlaku Gasik Kemarin yang kedua diadakan di Gunungkidul, sebelum diadakan di Bantul, tujuannya adalah untuk mempromosikan hal yang sama wisata olahraga”, dia berkata.

Potensi wisata olahraga, kata Wawan, dalam benah rumah cukup besar karena fasilitas yang melimpah dan kawasan sekitar. “Potensi bola voli di Gunungkidul besar, Bantul juga potensial wisata olahraga di dirgantara karena ada paralayang, kemarin ada candi lari di Sleman,” jelasnya.

Potensi sport tourism yang kaya, kata Wawan, perlu dikembangkan lebih lanjut seiring dengan berkembangnya tren pariwisata. “Sejak pandemi, kesehatan dan olah raga menjadi bidang yang penting dan menyita perhatian, ini merupakan kesempatan yang baik untuk berkembang lebih jauh wisata olahraga”, dia berkata.

Rencana Mlaku Gasik akan dilanjutkan tahun depan. “Karena respon masyarakat, khususnya wisatawan, terhadap dua kegiatan sebelumnya sangat antusias, kami akan coba mendesain ulang dan mengevaluasi kembali untuk tahun depan,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Mohamad Arif Aldian yang hadir dalam acara tersebut mengapresiasi Dinas Pariwisata DIY atas kontribusinya dalam meningkatkan wisata olahraga di daerahnya. “Kami tentu bersyukur, itu menjadi motivasi kami untuk berkembang lebih jauh wisata olahraga”, ujarnya, Sabtu (12/3/2022).

Arif mengatakan Gunungkidul dengan kekayaan wisata alamnya memiliki potensi wisata olahraga. “wisata olahraga Di daerah kami bisa dikolaborasikan dengan jenis wisata lain, terutama wisata alam dan desa liburan,” jelasnya.

Wisata olahraga di tempat-tempat yang kekayaan wisata alamnya tinggi, jelas Arif, tentu memiliki nilai tambah tersendiri. “Lari di pantai memiliki nilai wisata yang cukup besar, apalagi bagi yang suka lari, selain itu kita juga memiliki desa wisata yang memiliki kekayaan budaya yang besar, yang tentunya harus dikembangkan,” ujarnya.

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button