Erick Thohir bekerja sama dengan Ganjar dan Gibran untuk mengembangkan pariwisata di Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

Erick Thohir bekerja sama dengan Ganjar dan Gibran untuk mengembangkan pariwisata di Jawa Tengah

Erick Thohir bekerja sama dengan Ganjar dan Gibran untuk mengembangkan pariwisata di Jawa Tengah

TRIBUNMURIA.COM – Menteri BUMN Erick Thohir, yang mencalonkan diri dalam pemilihan presiden (pilpres) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, bekerja keras untuk mendorong perekonomian daerah melalui sektor pariwisata. Di Jawa Tengah, orang nomor satu di Kementerian BUMN Ganjar membantu mengembangkan sektor pariwisata.

Seperti di Kota Solo, Erick Thohir bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meresmikan Taman Pracima Tuin Pura Mangkunegaran yang telah direvitalisasi dengan dana BUMN. Tentunya dengan diresmikannya Taman Pracima Tuin, potensi ekonomi sektor pariwisata Kota Solo meningkat lebih dari sebelumnya. Erick Thohir juga mengatakan bahwa melestarikan taman budaya ini akan menjadi kesempatan belajar yang baik bagi generasi muda di kota Solo.

“Kita bisa membangun cerita yang berlangsung begitu lama yang sebelumnya tidak bisa dinikmati. Hari ini kita bisa menikmati Taman Pracima Tuin bersama-sama, tentunya sebagai bangsa yang besar kita bisa memupuk budaya kita,” ujar Erick Thohir.

Tak hanya itu, menteri utama dan andalan Presiden Jokowi itu juga melakukan pembangunan De Tjolomadoe dan menghidupkan kembali Lokananta di Solo. De Tjolomadoe merupakan pabrik gula yang berdiri sejak tahun 1861 dan kini digunakan sebagai kawasan wisata dan komersial.

“Tidak sekedar membangun, tapi melakukan revitalisasi sesuai aturan cagar budaya. Yang terpenting, De Tjolomadoe dikelola dengan baik dan selalu beradaptasi dengan perkembangan zaman,” kata Erick Thohir.

Sementara itu, Lokananta, Solo, mantan Presiden Inter Milan, menugaskan BUMN Holding Danareksa, melalui anak usahanya PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), untuk mengubah studio rekaman pertama di Indonesia menjadi lebih modern namun tidak menghilangkan unsur sejarah. Lokananta dinilai sangat layak menjadi pusat kreatif dan komersial berbasis musik, museum, studio rekaman modern, tempat pertunjukan musik dan penjualan barang-barang musik.

Di Lokananta, Erick Thohir akan mendukung sentra UMKM sebagai bagian dari upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Solo punya banyak target yang punya nilai sejarah seperti yang kita lihat, Lokananta salah satunya. Tujuannya, wajah baru Lokananta bisa dinikmati publik pada Juni mendatang. Dan itu menjadi salah satu tempat wisata unggulan Solo,” kata tokoh yang dikenal dengan karya sejatinya itu.

Erick Thohir dipindahkan ke Semarang dan mengatakan akan mengubah Gedung Jiwasraya di kota tua Semarang menjadi hotel bintang empat melalui perusahaan induk pariwisata InJourney. Ia optimistis penambahan fasilitas tersebut akan semakin mendongkrak pariwisata Semarang ke depan.

“BUMN selalu memiliki dua visi besar dalam mengembangkan pariwisata. Salah satu program pengembangan aset BUMN di Kota Tua Semarang adalah dengan mengubah bangunan arsitektur lama menjadi hotel bintang 4 di tengah Kota Tua,” jelas Erick Thohir.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button