Empat rumah di lereng Gunung Bromo rusak akibat longsor - WisataHits
Jawa Timur

Empat rumah di lereng Gunung Bromo rusak akibat longsor

Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) – Empat rumah penduduk Tengger di lereng Gunung Bromo di Desa Sariwani, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, rusak akibat longsor di kawasan itu, Senin.

“Intensitas hujan yang tinggi selama beberapa jam menyebabkan longsor yang menimpa empat rumah rusak di Desa Sariwani, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo,” kata Kepala Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Probolinggo. ). ) Ram Setyawan, di Probolinggo.

Menurutnya, tidak ada korban jiwa dalam bencana longsor di Desa Sariwani tersebut, namun dua dari empat rumah yang terdampak longsor tidak bisa ditempati oleh pemiliknya.

“Dua rumah tidak bisa ditempati, sehingga warga yang terkena longsor mengungsi ke rumah kerabatnya yang tidak jauh dari rumah yang terkena longsor,” katanya.

Ia mengatakan, masyarakat bersama aparat secara manual membersihkan rumah warga yang terdampak longsor, dan pihak pusat penanggulangan bencana sudah berkoordinasi dengan pihak terkait.

“TRC Penanggulangan Bencana melakukan asesmen, identifikasi, pembersihan dan penyaluran bantuan logistik berupa terpal, karung pasir, tikar dan perlengkapan keluarga,” ujarnya lagi.

Selain bantuan tersebut, kata dia, Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo menyalurkan bantuan berupa empat paket sembako dan selimut kepada masyarakat terdampak untuk meringankan beban korban longsor.

Beberapa unsur dilibatkan dalam penanggulangan bencana longsor tersebut yaitu BPBD, Dinas Sosial, Dinas Provinsi Jatim, Tagana, Koramil, Polisi, Satpol PP, Pramuka, Perangkat Desa dan masyarakat setempat.

Aries mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi longsor di sejumlah lokasi rawan di lereng Gunung Bromo jika daerah tersebut diguyur hujan deras selama beberapa jam.

Berdasarkan data BPBD Probolinggo, longsor juga terjadi di Desa Wonokerto yang sempat menutup akses jalan menuju kawasan wisata Gunung Bromo, dan di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang yang menyebabkan longsornya dinding penahan tanah (TPT) sekitar. rumah warga.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button