Empat Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bantul, Perhatikan Tempatnya! - WisataHits
Yogyakarta

Empat Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bantul, Perhatikan Tempatnya!

Harianjogja.com, JOGJA—Destinasi wisata di Bantul memiliki daya tarik tersendiri. Kabupaten di sisi selatan DIY ini terkenal dengan wisata alamnya yang menarik.

Dari perbukitan hingga pantai, semuanya ada di Bantul. Berbagai destinasi wisata di Bantul menjadi favorit pengunjung untuk akhir pekan.

Berikut daftar tempat wisata di Bantul yang direkomendasikan Harianjogja.com. Suatu keharusan bagi pecinta alam!

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk adalah istilah untuk gumuk pasir di tepi laut. Terletak di tepi Pantai Parangkusumo di Bantul adalah tujuan wisata populer, Gumuk Pasir Parangkusumo.

Letaknya yang tidak jauh dari Pantai Parangtritis membuat destinasi yang satu ini menjadi spot foto yang populer bagi para wisatawan. Selain itu bukit ini juga sering dikunjungi oleh para penggemarnya seluncur pasir.

Perpaduan gurun pasir, birunya langit, dan luasnya lautan menjadi pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa ajak pasangan atau teman Anda saat berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo.

nilai puncak

Salah satu tempat terbaik di Bantul untuk melihat sunset adalah Puncak Angka. Berada di dataran tinggi Desa Bawuran, Pleret, Bantul, kawasan ini awalnya hanya merupakan kawasan yang ditumbuhi rumput liar, yang kemudian berubah menjadi tempat wisata populer.

Saat sore tiba, Puncak Sosok selalu dipadati pengunjung. Selain udaranya yang sejuk, tempat ini menjadi favorit warga karena mereka juga bisa bersantai di halaman dengan pertunjukan musik akustik. Pengunjung juga bisa melihat hamparan sawah yang menghijau dan gemerlap kota Jogja saat malam tiba.

Waduk Potorono

Di sisi timur Bantul, tepatnya di Kapanewon Banguntapan, terdapat sebuah danau buatan bernama Embung Potorono. Waduk ini dibangun di atas tanah Wanadesa seluas 30.000 meter persegi.

Selain untuk wisata keluarga, Embung Potorono juga banyak digunakan untuk olahraga. Jalan beraspal yang mengelilingi waduk populer untuk joging dan bersepeda.

Jika ingin mencoba olahraga yang sedikit lebih menantang, pengunjung bisa bermain kano di danau ini. Dengan tarif Rp 15.000, pengunjung dapat mendayung kano mengelilingi waduk selama 15 menit

Air Terjun Pulosari

Berwisata ke Bantul, tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Curug Pulosari. Berada di Desa Wisata Krebet, Bantul, air terjun ini memiliki pesona yang memikat karena aliran airnya yang halus seperti tirai.

Air terjun ini memiliki lokasi yang cukup terpencil di tengah hutan pohon jati. Karena tempatnya yang apik, pemandangan yang ditawarkan tetap asri dan enak dipandang.

Dibandingkan dengan spot air terjun DIY lainnya, air terjun ini tidak terlalu tinggi. Tingginya berkisar antara lima hingga tujuh meter. Namun daya tarik air terjun ini bukan pada ketinggian airnya, melainkan pada jatuhnya air yang tidak begitu deras dari atas tebing, yang membuat aliran airnya terlihat seperti tirai putih yang indah.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button