Emil: Cycling de Jabar adalah upaya mendongkrak pariwisata dan menghidupkan kembali perekonomian - WisataHits
Jawa Barat

Emil: Cycling de Jabar adalah upaya mendongkrak pariwisata dan menghidupkan kembali perekonomian

Cycling de Jabar merupakan upaya Pemprov Jabar untuk memulihkan perekonomian dimana pesepeda yang mengikuti kegiatan ini tidak hanya sebatas olahraga tetapi juga dapat menikmati alam terbuka (sport tourism).

Sukabumi, Jawa Barat (ANTARA) – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan acara Cycling de Jabar 2022 yang diikuti sekitar 100 pesepeda yang baru dilepas Sabtu (27/8) ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata milik Jawa Barat. dan perekonomian warga pasca bencana pandemi COVID-19.

“Cycling de Jabar merupakan upaya Pemprov Jabar untuk memulihkan perekonomian dimana pesepeda yang mengikuti kegiatan ini tidak hanya sebatas olahraga tetapi bisa menikmati pemandangan alam terbuka (sport tourism),” kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil di Sukabumi, Sabtu.

Menurut nomor satu di Jawa Barat, Jawa Barat merupakan salah satu gudangnya tempat wisata, khususnya kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu di Kabupaten Sukabumi merupakan tempat wisata alam yang lengkap dan edukatif.

Oleh karena itu, acara Cycling de Jabar 2022 bertujuan untuk membantu mempromosikan pariwisata di Jawa Barat agar wisatawan dari berbagai daerah dan negara dapat datang.

Ia melanjutkan, kegiatan ini dilakukan selama dua hari sejak Sabtu (27/8) hingga Minggu (28/8). Para pengendara sepeda melewati berbagai rute mulai dari tanjakan biasa hingga tikungan tajam yang sangat menurun hingga jalanan licin yang datar. Namun selama perjalanan, pengendara sepeda bisa menikmati keindahan panorama alam.

Ajang balap ini akan menempuh jarak 367,5 kilometer dan melewati lima wilayah selatan Jawa Barat, dimulai dari Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya dan berakhir di Kabupaten Pangandaran.

Lomba dimulai di Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi dan berakhir etape 1 di Pantai Rancabuaya, Kabupaten Garut. Kemudian peserta melanjutkan perjalanan pada hari Minggu atau Leg 2 yang berakhir di Lapangan Paamprokan Pangandaran.

Cycling de Jabar 2022 merupakan bagian dari program Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk memulihkan kondisi ekonomi pasca pandemi COVID-19. Selain investasi, warga Jawa Barat memiliki hobi berobat setiap akhir pekan dengan berwisata bersama keluarga.

“Ini bagian dari pemulihan ekonomi Jabar, dimana pertumbuhan ekonomi sejauh ini tetap stabil di 5,6 persen karena investasi bertambah setiap akhir pekan, sebagian besar warga Jabar berwisata, jadi ini luar biasa. Banyak provinsi lain yang masih lemah. kami kuat,” tambahnya.

Kan Emil juga sempat mencontohkan event bersepeda nasional akan dibagi menjadi dua kelompok yaitu profesional dan komunitas, sehingga pesepeda dari komunitas bisa mewarnai event “Cycling de Jabar 2022”, agar gaungnya bisa mengguncang Indonesia.

Baca Juga : Jabar Habiskan 14 Miliar Rupee Untuk Gelar Wisata Sayang Heulang
Baca Juga: Coba Empat Wisata Gua Terkeren di Jawa Barat
Baca Juga: Ridwan Kamil: Jabar Raih 345 Penghargaan Nasional dan Internasional

Reporter: Aditia Aulia Rohman
Penerbit: Biqwanto Situmorang
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button