Elephant Sole Park: fasilitas, wahana, aktivitas seru, atraksi! - WisataHits
wisatahits

Elephant Sole Park: fasilitas, wahana, aktivitas seru, atraksi!

Taman Gajah Unik – Masyarakat Tangerang kini memiliki destinasi wisata baru di dekat kawasan pendidikan di Jl Perintis Kemerdekaan, kawasan Cikokol, kota Tangerang.

Tempat wisata ini baru saja diresmikan oleh pemerintah kota Tangerang dengan nama Taman Gajah Tunggal. Nama yang cukup unik bukan?

Sebagai salah satu kota industri, Tangerang tentunya membutuhkan taman yang nyaman dan dapat berfungsi sebagai penunjang paru-paru kota.

Apalagi kehadiran taman di lingkungan industri yang padat tentu membawa angin segar tersendiri. Taman dapat digunakan untuk relaksasi atau sebagai tujuan wisata utama selama liburan.

Tak jarang Taman Kota memang menjadi incaran wisatawan karena letaknya yang tidak jauh dari rumah dan bisa dimasuki secara gratis tanpa dipungut biaya. Selain hemat, tentu efektif bukan?

Taman yang terletak di pinggiran Sungai Cisadane ini merupakan salah satu taman berkonsep unik di Tangerang. Memang, fasilitas dan beberapa bahan pengisi di taman tersebut dibuat dari sampah daur ulang berupa ban bekas produksi PT Gajah Tunggal.

Taman Gajah Tunggal melalui ISTTaman Gajah Tunggal melalui IST

Perusahaan ini merupakan produsen ban asli Indonesia yang berkantor pusat di Tangerang dan telah berkembang menjadi salah satu produsen terbesar di Asia Tenggara.

Taman ini juga menjadi bukti Walikota Tangerang bahwa seluruh elemen kotanya berkontribusi dalam pembangunan ruang terbuka hijau untuk memajukan kota.

Taman Gajah Tunggal kini menjelma menjadi salah satu Tengara Tangerang harus meningkatkan pariwisata di sana.

Kisah berdirinya Taman Gajah Tunggal

Taman dengan luas lebih dari 6.000 m2 ini merupakan hasil kerjasama yang membanggakan antara Parti Privé dan Pemerintah Kota. Taman ini juga dibangun dengan tujuan agar Tangerang lebih semarak dan ramah lingkungan.

Sedangkan bagi PT Gajah Tunggal, pembangunan taman ini merupakan wujud nyata kepedulian mereka terhadap konsep “warga korporat yang baik” dan juga sebagai bentuk dukungan terhadap visi walikota.

Lokasi dan cara menuju Elephant Single Park

Taman yang terletak di Jl Pahlawan Seribu, wilayah Tangerang ini dibangun oleh Yayasan Bersatu dalam Keberagaman dengan aplikasi”Taman Kota Kreatif“Lokasinya yang strategis di pusat kota menjadikan Elephant Park sebagai tujuan wisata utama.

Bagi wisatawan yang menggunakan angkutan umum dari stasiun Tangerang dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkot RB11 yang memiliki arah Pasar Anyar – Cikokol.

Jika Anda dari Sangiang, maka Anda bisa naik angkot G08 jurusan Sangiang – Cikokol. Jika Anda datang dari Ciledug atau Cipondoh, Anda bisa naik angkot B02 dengan arah Ciledug – Cipondoh – Cikokol.

Bagi yang berkendara dari Cengkareng dan Jakarta, Anda bisa menggunakan angkot B.01 yang melayani jalan Cikokol – Cengkareng.

Jika Anda bingung, gunakan saja layanan transportasi online atau gunakan kendaraan pribadi mengikuti rute Google Maps.

Fungsi taman

Beberapa fungsi yang diharapkan oleh pemerintah dan perusahaan dari pembangunan taman Gajah Tunggal ini, yaitu:

  1. Taman ini seharusnya menjadi tempat pendidikan dan wisata bagi keluarga
  2. Taman ini dibangun dengan harapan dapat menjadi pusat studi tentang transformasi ban bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai seni tinggi.
  3. Taman Gajah juga harus menjadi ruang terbuka hijau yang bermanfaat dalam segala hal
  4. Diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas dan harapan hidup masyarakat dengan mengedepankan pola hidup sehat dan membina interaksi sosial antar masyarakat.
  5. Taman ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas lingkungan di DAS Cisadane sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.
  6. Taman dapat menjadi lokasi pemanfaatan limbah ban perusahaan yang telah dilatih dan dibakukan untuk menjadi sarana penunjang taman

Spot foto di Taman Gajah Tunggal via MayudiyafuSpot foto di Single Elephant Park via Mayudiyafu

Atraksi Taman Gajah Tunggal

Taman Gajah Tunggal selain menjadi ruang terbuka hijau juga menjadi tempat pemanfaatan ban bekas perusahaan. Oleh karena itu, di taman tersebut terdapat dekorasi cantik berupa ikon gajah yang terbuat dari ban raksasa.

Gajah hitam legam itu sangat besar dan ketika didekati susunan ban dan ijuk yang terpotong-potong masih terlihat jelas dan sangat eksentrik.

Uniknya, untuk melibatkan masyarakat dalam berpartisipasi dalam pembangunan taman ini, PT Gajah Tunggal mengadakan lomba mendesain patung gajah pada Februari 2017. Hasilnya, antusias masyarakat sangat tinggi.

Desain pemenang kompetisi ini dikembangkan menjadi patung gajah yang saat ini menghuni gerbang utama taman ini. Sedangkan untuk baris ke-2 dan ke-3, pengelola taman membangun patung ikonik mereka di area terdalam taman.

Ikon Gajah Raksasa Buatan via TangerangtribunIkon Gajah Raksasa Buatan via Tangerangtribun

Tidak hanya ikon gajah, tetapi juga taman bermain anak-anak yang terbuat dari ban bekas. Wahana yang bermain dari jungkat-jungkit ke jungkat-jungkit ini tidak jauh dari ikon gajah.

Bahkan, ayunan dan penyeimbang dari kayu jungkat-jungkit dibuat dari ban truk. Ada juga lampu hias, panggung, tempat sampah dan kursi yang semuanya terbuat dari ban bekas. Wah, kreatif banget ya?

Taman Gajah Tunggal memiliki 2 ruang rekreasi yaitu ruang aktif dan ruang pasif. Ruang aktif berisi panggung terbuka, taman bermain anak-anak, snack bar, masjid dan tempat parkir.

Taman bermain di Taman Gajah Tunggal via TangerangtribunTaman bermain di Taman Gajah Tunggal via Tangerangtribun

Sedangkan ruang pasif adalah ruang terbuka yang merupakan pelestarian habitat alam yang dapat menampung kegiatan seperti olahraga pagi, piknik, mengamati burunguntuk fotografi.

Rekreasi pasif meliputi ruang terbuka di taman yang merupakan pelestarian habitat alam yang ada yang dapat menjadi tempat di mana orang dapat melakukan aktivitasnya seperti piknik keluarga, olahraga pagi, mengamati burung, fotografi, dll.

Selain orang dewasa dan anak-anak, rata-rata remaja juga sering mengunjungi tempat ini. Rutinitas sekolah yang padat tentu membuat mereka ingin istirahat sejenak sambil duduk dan mengobrol ditemani semilir angin sore.

Ayunan ke Taman Gajah Tunggal via TangerangkotaAyunan ke Taman Gajah Tunggal via Tangerangkota

Juga jangan lewatkan: Tempat Wisata Pantai Tanjung Pasir, Tangerang

Fasilitas Taman Gajah yang Unik

Di dalam taman, banyak fasilitas pendukung yang disediakan secara gratis oleh pengelola. Tidak hanya lengkap, fasilitas ini juga nyaman digunakan. Selain kantin, ada juga bangku-bangku yang sering digunakan untuk melewatkan sore hari.

Taman Gajah juga menawarkan toilet umum, mushola dengan luas lebih dari 300 m2 sebagai tempat ibadah, area parkir khusus untuk pengunjung dan akses jalan beton dengan luas hingga 1.678 m2.

Meski pengunjung sering piknik di sini, di sekitar taman juga terdapat beberapa warung yang menjajakan makanan. Memang, menjelang sore hari, pedagang kaki lima semakin memenuhi bagian luar taman dengan berbagai variasi menu yang mereka tawarkan.

Selain kios dan pedagang kaki lima, di luar taman terdapat banyak angkot yang menunggu penumpang. Jadi jangan khawatir tidak memiliki kendaraan untuk pulang.

Demikian ulasan tentang Taman Gajah Tunggal di Tangerang. Ajak orang tersayang, keluarga, pasangan atau teman untuk menghabiskan liburan Anda di taman ini dan nikmati desainnya yang unik. Selamat bersenang-senang!

Kunjungi juga: Aktivitas danau biru di Tangerang

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button